PENGENALAN KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM MELALUI KEGIATAN PEMBUATAN POSTER EDUKATIF PADA SISWA KELAS X MAN KOTA PALANGKA RAYA
Abstract
Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) laboratorium memegang peranan penting terhadap pembelajaran sains yang belum dipahami secara optimal oleh siswa pendidikan menengah. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pengenalan K3 laboratorium kepada siswa kelas X MAN Kota Palangka Raya melalui penyuluhan dan pembuatan poster edukatif. Kegiatan dilaksanakan sebagai bagian dari program MBKM Asistensi Mengajar dengan metode Service Learning yang melibatkan 34 siswa kelas X-B dalam enam kelompok kerja. Tahapan kegiatan meliputi observasi awal, penyuluhan dan diskusi interaktif, pembuatan poster edukatif dengan topik prosedur keselamatan, penerapan alat pelindung diri, tata cara penanganan zat kimia berbahaya, dan simbol-simbol keselamatan, presentasi dan evaluasi, serta praktikum laboratorium. Kegiatan yang dilakukan menghasilkan peningkatan signifikan pada aspek pengetahuan dan kesadaran siswa terkait keselamatan kerja di laboratorium. Siswa berhasil menghasilkan enam poster edukatif berkualitas baik yang mencakup aspek pemahaman konsep, kreativitas, relevansi, kualitas tampilan, serta kemampuan komunikasi. Observasi praktikum menunjukkan kesadaran keselamatan kerja telah terinternalisasi dalam diri siswa, terlihat dari kepatuhan menggunakan APD dan kehati-hatian dalam bekerja. Kegiatan ini berhasil memberikan pemahaman komprehensif tentang K3 laboratorium dan menghasilkan media pembelajaran berkelanjutan berupa poster edukatif untuk sivitas akademika madrasah.
Downloads
References
Agustina, M. (2018). Peran Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam Pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah (MI) / Sekolah Dasar (SD). At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–10.
Ahmad, M., & Susilawati. (2023). Penerapan Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Laboratorium Pendidikan Kimia Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pematang Siantar. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 3(2), 2734–2741.
Cahyaningrum, D. (2020). Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di Laboratorium Pendidikan. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 2(1), 35–40. https://doi.org/10.14710/jplp.2.1.35-40
Cahyaningrum, D., Muktiana Sari, H. T., & Iswandari, D. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kecelakaan Kerja di Laboratorium Pendidikan. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 1(2), 41–47.
Celio, C. I., Durlak, J. A., & Dymnicki, A. (2011). A Meta-Analysis of the Impact of Service-Learning on Students. Journal of Experiential Education, 34(2), 164–181. https://doi.org/10.1177/105382591103400205
Darung, A., Setyasih, I., & Ningrum, M. V. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infografis (Materi Dinamika Atmosfer). Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 27–41. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/geoedusains.v1i1.183
Dewanto, S. A., Munir, M., & Wulandari, B. (2020). Implementasi Prosedur K3 pada Kegiatan Belajar Mengajar Praktik di Prodi PT Elka UNY. ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 5(2), 160–167. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/elinvo.v5i2.36109
Dyreborg, J., Lipscomb, H. J., Nielsen, K., Törner, M., Rasmussen, K., Frydendall, K. B., Bay, H., Gensby, U., Bengtsen, E., Guldenmund, F., & Kines, P. (2022). Safety Interventions for the Prevention of Accidents at Work : A Systematic Review. Campbell Systematic Reviews, 18(2). https://doi.org/10.1002/cl2.1234
Helvitri, & Firda. (2023). Analisis Cek List Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Laboratorium Biologi Laut. Indonesian Journal of Laboratory, 6(3), 140–149. https://doi.org///doi.org/10.22146/ijl.v1i3.88524
Junaidi, E., Hadisaputra, S., & Al Idrus, S. W. (2018). Kajian Pelaksanaan Praktikum Kimia di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Lombok Barat Indonesia. Jurnal Pijar MIPA, 13(1), 24–31. https://doi.org///doi.org/10.29303/jpm.v13i1.536
Kasi, K., Sumarmi, & Astina, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Service Learning terhadap Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 437–440. https://doi.org///dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10733
Mardhiah, A., & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1). https://doi.org///doi.org/10.22373/lj.v6i1.3173
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187.
Pradanna, S. A., & Irawan, H. (2024). Integrasi Pembelajaran Service Learning dalam Pendidikan Kewarganegaraan : Membangun Keterlibatan Aktif dan Pemahaman Sosial Siswa pada Kurikulum Merdeka. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 11(1), 17–33.
Pratiwi, I. B., Hamidah, & Azani, Z. (2022). Analisis Tata Kelola Peralatan dan Bahan Laboratorium pada SMA Negeri 3 Langsa. KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia Dan Pendidikan Kimia, 5(2), 42–45. https://doi.org/doi.org/10.33059/katalis.v5i2.7021
Rahmah, N., Asiah, Hasanuddin, & Syafrianti, D. (2021). Analisis Kendala Praktikum Biologi di Sekolah Menengah Atas. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 169–178. https://doi.org/doi.org/10.22437/bio.v7i2.12777
Rahman, R., Jabri, U., & Suparman, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Melalui Penggunaan Media Poster DI UPT SDN 90 Pinrang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 644–655. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4580
Sabrani, M. ade. (2024). Penggunaan Media Grafis untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SD N. 123/1 Hajran Kabupaten Batanghari. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(2), 63–71. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i2.10548
Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Service Learning : Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 143–152.
Shahira, F., Mahardika, I. K., Subiki, Andianti, P. W., & Pyrenia, A. (2022). Efektivitas Media Pembelejaran Visual Berbasis Lingkungan di SMA Unggulan BPPT Darussholah. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 7(3), 190–197. https://doi.org/10.36709/jipfi.v7i3.32
Subamia, I. D. P., Sri Wahyuni, I. G. A. N., & Widiasih, N. N. (2021). Efektivitas Video Panduan Menggunakan Bahan Kimia untuk Meningkatkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 1–8.
Sulfany, L., Hermuttaqien, B. P. F., & Makkasau, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran “Poster” terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V di Sekolah Dasar. Melior: Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 58–68.
Trisna, M., Susanti, R., & Iswari, R. S. (2021). Knowledge Analysis of High School Students on Work Safety in Laboratory. BIOEDUSCIENCE, 5(2), 137–141.
Wahyuni, U. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Poster dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Biografi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 10(2), 163–172. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v10i2.172
Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2020). Implementing E-Learning-Based Virtual Laboratory Media to Students’ Metacognitive Skills. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(5), 63–74. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i05.12029
Copyright (c) 2025 Shofia Amirah, Aris Sutikno, Jhelang Annovasho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








