PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI E-LEARNING BERBASIS PHP PADA SMP NEGERI 1 MAYONG
Abstract
Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membangun Sistem Informasi E-Learning berbasis PHP di SMP Negeri 1 Mayong untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih efisien dan menggunakan teknologi informasi dengan lebih baik. Latar belakang kegiatan ini adalah penggunaan sistem manual yang terus-menerus dalam pengelolaan materi, tugas, dan evaluasi pembelajaran, yang sering menyebabkan keterlambatan dan kesalahan pencatatan. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Life Cycle of Systems (SDLC) tipe Waterfall, yang mencakup tahap analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa sistem e-learning dapat membantu mengelola pembelajaran dengan lebih baik, membuat guru lebih mudah memberikan materi dan tugas, dan membuat siswa memiliki akses belajar yang lebih fleksibel.
Uji coba sistem melibatkan guru dan siswa menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap kemudahan penggunaan dan kecepatan akses sistem. Selain itu, kegiatan ini juga berdampak positif terhadap peningkatan kompetensi digital para pengguna dan memperkuat sinergi antara Universitas Muria Kudus dan pihak sekolah dalam transformasi pembelajaran berbasis teknologi. Kesimpulannya, penerapan sistem e-learning berbasis PHP terbukti mampu meningkatkan kualitas dan efektivitas proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Mayong.
Downloads
References
A. A. Shafa, “Implementasi Learning Management Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran System dalam,” no. 4, pp. 1–8, 2024.
Y. I. Muhamad Sholikhudin, Andy Prasetyo Utomo, “SISTEM AKUNTANSI PADA USAHA DAGANG NORKAYATI BERBASIS WEB,” 2021.
P. A. Nongko, H. Said, Y. La Ndibo, and R. J. Deluma, “Implementation and Challenges of Online Learning in Early Childhood Education Post Covid-19 Pandemic,” vol. 5, no. 4, pp. 4661–4671, 2024.
B. Yulianto and R. Layona, “LMS Implementation in High Schools in Eastern Indonesia After the Covid-19 Pandemic,” vol. 7, no. 4, pp. 670–676, 2023.
J. U. L. Fadilah, “EFFECTIVENESS AND LIMITATIONS ON LEARNING MANAGEMENT SYSTEMS ( LMS ) IN LEARNING AND TEACHING : A SYSTEMATIC REVIEW,” pp. 141–152, 2024.
S. M. Faisal Afif , Muhammad Arifin , Arif Setiawan, “Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Surat Berbasis Web Pada Kantor Kecamatan Juwana,” 2024.
I. S. Marfuah and N. Susanti, “Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Teknik Mesin ( Studi Kasus Universitas Muria Kudus Dengan Notifikasi Whatsapp ),” vol. 2, no. 3, pp. 167–179, 2021.
I. T. Education, “The Impact of a Learning Analytics Based Feedback System on Students ’ Academic Achievement and Self- Regulated Learning in a Flipped Classroom,” vol. 26, no. 1, 2025.
P. K. H. Syarif Hidayat, Supriyono, Nanik Susanti, “SISTEM INFORMASI INVENTORY USE TOOL PT DJARUM UNIT WORKSHOP,” pp. 2–7, 2022.
F. Keguruan, S. F. H. Tondowala, H. A. Ruagadi, and Y. R. Taaha, “Jurnal Pandelo ’ e Implementasi Perkuliahan Online dengan Learning Management System ( LMS ): Analisis Langkah-Langkah Dosen dalam Perspektif Studi Pustaka Jurnal Pandelo ’ e,” vol. 4, no. 1, pp. 11–20, 2024.
S. Utaminingsih, G. Setiadi, and E. A. Ismaya, “Pengaruh Manajemen Hybrid Learning dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa,” vol. 5, pp. 327–336, 2024.
A. M. Dalimunthe, K. Apriyani, M. Saifullah, and A. Musyarofah, “Analisis Perbandingan Efisiensi Penggunaan E-Learning Berbasis Website dan Aplikasi Mobile dalam Proses Pembelajaran,” vol. 14, no. 2, pp. 60–64, 2025.
R. D. Gunawan, A. Sutisna, and E. F. Ana, “Literature review : The role of learning management system ( LMS ) in improving the digital literacy of educators,” vol. 2024, no. 2, pp. 116–123, 2024.
A. A. Shafa, “Implementasi Learning Management Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran System dalam,” no. 4, pp. 1–8, 2024.
Y. I. Muhamad Sholikhudin, Andy Prasetyo Utomo, “SISTEM AKUNTANSI PADA USAHA DAGANG NORKAYATI BERBASIS WEB,” 2021.
P. A. Nongko, H. Said, Y. La Ndibo, and R. J. Deluma, “Implementation and Challenges of Online Learning in Early Childhood Education Post Covid-19 Pandemic,” vol. 5, no. 4, pp. 4661–4671, 2024.
B. Yulianto and R. Layona, “LMS Implementation in High Schools in Eastern Indonesia After the Covid-19 Pandemic,” vol. 7, no. 4, pp. 670–676, 2023.
J. U. L. Fadilah, “EFFECTIVENESS AND LIMITATIONS ON LEARNING MANAGEMENT SYSTEMS ( LMS ) IN LEARNING AND TEACHING : A SYSTEMATIC REVIEW,” pp. 141–152, 2024.
S. M. Faisal Afif , Muhammad Arifin , Arif Setiawan, “Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Surat Berbasis Web Pada Kantor Kecamatan Juwana,” 2024.
I. S. Marfuah and N. Susanti, “Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Teknik Mesin ( Studi Kasus Universitas Muria Kudus Dengan Notifikasi Whatsapp ),” vol. 2, no. 3, pp. 167–179, 2021.
I. T. Education, “The Impact of a Learning Analytics Based Feedback System on Students ’ Academic Achievement and Self- Regulated Learning in a Flipped Classroom,” vol. 26, no. 1, 2025.
P. K. H. Syarif Hidayat, Supriyono, Nanik Susanti, “SISTEM INFORMASI INVENTORY USE TOOL PT DJARUM UNIT WORKSHOP,” pp. 2–7, 2022.
F. Keguruan, S. F. H. Tondowala, H. A. Ruagadi, and Y. R. Taaha, “Jurnal Pandelo ’ e Implementasi Perkuliahan Online dengan Learning Management System ( LMS ): Analisis Langkah-Langkah Dosen dalam Perspektif Studi Pustaka Jurnal Pandelo ’ e,” vol. 4, no. 1, pp. 11–20, 2024.
S. Utaminingsih, G. Setiadi, and E. A. Ismaya, “Pengaruh Manajemen Hybrid Learning dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa,” vol. 5, pp. 327–336, 2024.
A. M. Dalimunthe, K. Apriyani, M. Saifullah, and A. Musyarofah, “Analisis Perbandingan Efisiensi Penggunaan E-Learning Berbasis Website dan Aplikasi Mobile dalam Proses Pembelajaran,” vol. 14, no. 2, pp. 60–64, 2025.
R. D. Gunawan, A. Sutisna, and E. F. Ana, “Literature review : The role of learning management system ( LMS ) in improving the digital literacy of educators,” vol. 2024, no. 2, pp. 116–123, 2024.
Copyright (c) 2025 Meta Ardi Setiawan, Eko Darmanto, Basuki Basuki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








