REVITALISASI RUANG PERPUSTAKAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai revitalisasi ruang perpustakaan untuk meningkatkan minat membaca siswa telah dilaksanakan di SDN 58 Pangale sebagai upaya menanggapi rendahnya budaya literasi di sekolah dasar. Program ini dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu observasi awal, pelaksanaan pembinaan literasi melalui penataan ulang ruang perpustakaan serta penyelenggaraan kegiatan membaca seperti “Reading Time” dan “Satu Halaman Sehari”, kemudian dilanjutkan dengan evaluasi hasil pelaksanaan. Berdasarkan hasil kegiatan, terlihat peningkatan minat baca dan frekuensi kunjungan siswa ke perpustakaan serta perubahan perilaku siswa yang semakin aktif memilih dan membaca buku secara mandiri. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan ruang perpustakaan yang nyaman dan program literasi terstruktur dapat menjadi strategi efektif dalam menumbuhkan minat membaca siswa. Program ini diharapkan dapat diterapkan secara berkelanjutan dan menjadi contoh pengembangan budaya literasi di sekolah dasar lainnya.
Downloads
References
F. Tanjung, “Pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di SDN 0204 Pembangunan Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas,” 2023.
F. Y. Astuti, R. Faishol, dan R. Trianingsih, “Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Baca Pada Mata Pelajaran SKI Kelas XI Agama Di MAN 2 Banyuwangi,” Ar-Risal. Media Keislam. Pendidik. Dan Huk. Islam, vol. 18, no. 1, hlm. 054–082, 2020.
B. D. Yulianti dan S. Sukasih, “School literacy movement program and its impact on students reading interest and reading comprehension skills,” J. Pendidik. Dan Pengajaran, vol. 56, no. 3, hlm. 654–666, 2023.
H. Anggidesialamia, “Upaya meningkatkan minat baca melalui review konten cerita rakyat pada aplikasi youtube,” Comm-Edu Community Educ. J., vol. 3, no. 2, hlm. 75–82, 2020.
A. Azhari dan Z. H. Ramadan, “The Intensity of Visiting the School Library as an Indicator of Students’ Reading Interest in Elementary Schools,” Int. J. Elem. Educ., vol. 6, no. 2, hlm. 290–296, 2022.
B. D. Yulianti dan S. Sukasih, “School Literacy Movement Program and Its Impact on Students Reading Interest and Reading Comprehension Skills,” vol. 56, hlm. 654–666, 2023.
H. M. Fauziyah, “Survey of Reading Interest of Elementary School Students Towards Picture Story Books : Recommend the Role of School Libraries in Providing Book Collections,” vol. 4, no. 4, hlm. 2267–2280, 2023.
D. N. Desiana, K. T. Putri, M. Metravia, dan A. Marini, “Studi pustaka dalam efektivitas pemanfaatan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 1, no. 3, hlm. 15–15, 2024.
A. Elfikasari dan S. S. Wati, “PERAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BACA SISWA SDN 4 BARRU,” J. Pendidik. Dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2, hlm. 74–80, 2024.
Y. Mahendra, I. Suprapto, dan B. Apriza, “The role of school libraries in enhancing the interest and initial reading abilities of elementary school students,” West Sci. Interdiscip. Stud., vol. 2, no. 03, hlm. 495–501, 2024.
A. M. Yitu, K. Kedhi, dan R. L. Bile, “Revitalisasi Perpustakaan Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa SDN Radha Kabupaten Ngada,” J. Citra Kuliah Kerja Nyata, vol. 2, no. 2, hlm. 118–125, 2024.
L. Agustina dkk., “Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten,” Bul. KKN Pendidik., hlm. 97–105, 2019.
F. Munawaroh, D. Prastika, D. P. Malinda, dan M. Tansilurrahman, “Peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat membaca siswa,” J. Multidisiplin Ilmu Akad., vol. 1, no. 4, hlm. 8–17, 2024.
Copyright (c) 2025 Muhammad Arif, Sarah Salzabilah Wahab, Suarni, Jovita Sri Ayu, Jirana, Tika Mesa Arruan, St Harpiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








