PENERAPAN MULTIMEDIA DALAM PENANAMAN NILAI BERBAKTI KEPADA ORANGTUA MELALUI FILM BERBAHASA INGGRIS
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menerapkan teknologi multimedia dalam menanamkan nilai berbakti kepada orang tua (birrul walidain) melalui media film berbahasa Inggris di TPQ Nurul Huda Kelurahan Gunung Pangilun Kota Padang. Kegiatan ini muncul sebagai respon terhadap menurunnya kesadaran anak-anak akan pentingnya menghormati dan mencintai orang tua, serta rendahnya minat belajar bahasa Inggris di kalangan santri. Pemanfaatan teknologi multimedia dilakukan melalui tiga tahapan utama: (1) pemutaran film bertema keluarga dan nilai-nilai birrul walidain dalam bahasa Inggris, yang dilengkapi subtitel bahasa Indonesia, menggunakan perangkat audiovisual digital; (2) diskusi interaktif berbasis tampilan multimedia untuk menggali pesan moral, nilai keagamaan, dan ekspresi bahasa asing dari film yang ditonton; serta (3) aktivitas pembelajaran kreatif berbasis komputer seperti bermain peran digital dan tugas multimedia sederhana yang mendukung pemahaman nilai karakter. Kegiatan ini melibatkan 30 santri berusia 07–12 tahun yang dipilih secara acak. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 85% peserta mengalami peningkatan pemahaman terhadap nilai birrul walidain berdasarkan hasil kuesioner pascakegiatan, dan 70% santri menyatakan lebih tertarik mempelajari bahasa Inggris melalui pendekatan multimedia. Kegiatan juga melibatkan orang tua dan pengurus TPQ dalam sesi refleksi berbasis video, menciptakan kolaborasi sinergis antara keluarga, pendidik, dan masyarakat. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi multimedia tidak hanya memperkuat nilai-nilai karakter Islam, tetapi juga meningkatkan minat terhadap penguasaan bahasa asing di lingkungan TPQ. Inovasi ini diharapkan dapat menjadi model pengembangan pembelajaran terpadu berbasis nilai dan teknologi di lembaga pendidikan Islam serupa.
Downloads
References
E. A. Ash-shidiqqi, “Peluang dan Tantangan Pendidikan Karakter di Era Pembelajaran Jarak Jauh,” Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, vol. 6, no. 01, pp. 1–8, 2021, https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1006.
S. M. Islami and D. Q. A’yun, “Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berdasarkan Prinsip Ki Hajar Dewantara,” Jurnal Media Akademik (JMA), vol. 2, no. 12, 2024, https://doi.org/10.62281/v2i12.1348.
M. Maryam, I. Susiawati, and M. M. U. Arifin, “Nilai Pendidikan Karakter pada Animasi Pendek Upin dan Ipin serta Penerapannya sebagai Media Pembelajaran,” Innovative: Journal of Social Science Research, vol. 4, no. 3, pp. 3235–3251, 2024, https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10445.
R. Jelita, H. Muditawira, S. Sandra, and R. Rinah, “Pendidikan Keluarga Maitreyani dalam Pembentukan Karakter Anak: Studi Permatabumi DPD Riau,” Indonesian Research Journal on Education, vol. 5, no. 3, pp. 40–47, 2025, https://doi.org/10.31004/irje.v5i3.2534.
Z. F. Sholekhah, N. Taqiyuddin, N. S. Salsabila, M. A. Mufida, and A. Rahmawati, “Gaya Parenting Dalam Perspektif Al-Qur’an: Dampaknya Pada Pendidikan Sosial Anak Usia Dini,” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 2, no. 2, 2025, https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i2.1162.
P. Wulandari and M. S. Hapudin, “Penguatan Nilai Kemandirian Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Pada Saat Pandemi Covid-19,” Jurnal Impresi Indonesia, vol. 2, no. 7, pp. 606–621, 2023, https://doi.org/10.58344/jii.v2i7.3308.
H. Astuti, “Berbakti Kepada Orang Tua dalam Ungkapan Hadis,” J. Ris. Agama, vol. 1, no. 1, pp. 45–58, 2021, https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14255.
K. P. Sagala, L. Naibaho, and D. A. Rantung, “Tantangan Pendidikan karakter di era digital,” J. Kridatama Sains Dan Teknol., vol. 06, no. 1, pp. 1–8, 2024.
E. Rahmayanti, “The Use of Films as an Educational Medium in Learning Civic Education as a Preventive Effort Against Moral Decradation in The Age Of 4.0,” Capture J. Seni Media Rekam, vol. 14, no. 3, pp. 257–278, 2023, https://doi.org/10.33153/capture.v14i3.5310.
D. Zahra, “Kelekatan Orang Tua terhadap Perkembangan Karakter Anak Usia Dini,” J. Neo Konseling, vol. 1, no. 1, pp. 82–95, 2023, https://doi.org/10.24036/00686kons2023.
Y. Ernita and F. Mayar, “The Influence of Audio Visual Media With Animated Films on Children’s Speaking Skills in Kindergarten,” AL-ISHLAH J. Pendidik., vol. 15, no. 4, pp. 5944–5950, 2023, https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3767.
Copyright (c) 2025 Rasmita, Rosi Kumala Sari, Nadya Alinda Rahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








