PENERAPAN MULTIMEDIA DALAM PENANAMAN NILAI BERBAKTI KEPADA ORANGTUA MELALUI FILM BERBAHASA INGGRIS

  • Rasmita Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Rosi Kumala Sari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Nadya Alinda Rahmi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
Keywords: Birrul Walidain, Film Berbahasa Inggris, Teknologi, Pendidikan Karakter, TPQ

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menerapkan teknologi multimedia dalam menanamkan nilai berbakti kepada orang tua (birrul walidain) melalui media film berbahasa Inggris di TPQ Nurul Huda Kelurahan Gunung Pangilun Kota Padang. Kegiatan ini muncul sebagai respon terhadap menurunnya kesadaran anak-anak akan pentingnya menghormati dan mencintai orang tua, serta rendahnya minat belajar bahasa Inggris di kalangan santri. Pemanfaatan teknologi multimedia dilakukan melalui tiga tahapan utama: (1) pemutaran film bertema keluarga dan nilai-nilai birrul walidain dalam bahasa Inggris, yang dilengkapi subtitel bahasa Indonesia, menggunakan perangkat audiovisual digital; (2) diskusi interaktif berbasis tampilan multimedia untuk menggali pesan moral, nilai keagamaan, dan ekspresi bahasa asing dari film yang ditonton; serta (3) aktivitas pembelajaran kreatif berbasis komputer seperti bermain peran digital dan tugas multimedia sederhana yang mendukung pemahaman nilai karakter. Kegiatan ini melibatkan 30 santri berusia 07–12 tahun yang dipilih secara acak. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 85% peserta mengalami peningkatan pemahaman terhadap nilai birrul walidain berdasarkan hasil kuesioner pascakegiatan, dan 70% santri menyatakan lebih tertarik mempelajari bahasa Inggris melalui pendekatan multimedia. Kegiatan juga melibatkan orang tua dan pengurus TPQ dalam sesi refleksi berbasis video, menciptakan kolaborasi sinergis antara keluarga, pendidik, dan masyarakat. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi multimedia tidak hanya memperkuat nilai-nilai karakter Islam, tetapi juga meningkatkan minat terhadap penguasaan bahasa asing di lingkungan TPQ. Inovasi ini diharapkan dapat menjadi model pengembangan pembelajaran terpadu berbasis nilai dan teknologi di lembaga pendidikan Islam serupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. A. Ash-shidiqqi, “Peluang dan Tantangan Pendidikan Karakter di Era Pembelajaran Jarak Jauh,” Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, vol. 6, no. 01, pp. 1–8, 2021, https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1006.

S. M. Islami and D. Q. A’yun, “Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berdasarkan Prinsip Ki Hajar Dewantara,” Jurnal Media Akademik (JMA), vol. 2, no. 12, 2024, https://doi.org/10.62281/v2i12.1348.

M. Maryam, I. Susiawati, and M. M. U. Arifin, “Nilai Pendidikan Karakter pada Animasi Pendek Upin dan Ipin serta Penerapannya sebagai Media Pembelajaran,” Innovative: Journal of Social Science Research, vol. 4, no. 3, pp. 3235–3251, 2024, https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10445.

R. Jelita, H. Muditawira, S. Sandra, and R. Rinah, “Pendidikan Keluarga Maitreyani dalam Pembentukan Karakter Anak: Studi Permatabumi DPD Riau,” Indonesian Research Journal on Education, vol. 5, no. 3, pp. 40–47, 2025, https://doi.org/10.31004/irje.v5i3.2534.

Z. F. Sholekhah, N. Taqiyuddin, N. S. Salsabila, M. A. Mufida, and A. Rahmawati, “Gaya Parenting Dalam Perspektif Al-Qur’an: Dampaknya Pada Pendidikan Sosial Anak Usia Dini,” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 2, no. 2, 2025, https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i2.1162.

P. Wulandari and M. S. Hapudin, “Penguatan Nilai Kemandirian Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Pada Saat Pandemi Covid-19,” Jurnal Impresi Indonesia, vol. 2, no. 7, pp. 606–621, 2023, https://doi.org/10.58344/jii.v2i7.3308.

H. Astuti, “Berbakti Kepada Orang Tua dalam Ungkapan Hadis,” J. Ris. Agama, vol. 1, no. 1, pp. 45–58, 2021, https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14255.

K. P. Sagala, L. Naibaho, and D. A. Rantung, “Tantangan Pendidikan karakter di era digital,” J. Kridatama Sains Dan Teknol., vol. 06, no. 1, pp. 1–8, 2024.

E. Rahmayanti, “The Use of Films as an Educational Medium in Learning Civic Education as a Preventive Effort Against Moral Decradation in The Age Of 4.0,” Capture J. Seni Media Rekam, vol. 14, no. 3, pp. 257–278, 2023, https://doi.org/10.33153/capture.v14i3.5310.

D. Zahra, “Kelekatan Orang Tua terhadap Perkembangan Karakter Anak Usia Dini,” J. Neo Konseling, vol. 1, no. 1, pp. 82–95, 2023, https://doi.org/10.24036/00686kons2023.

Y. Ernita and F. Mayar, “The Influence of Audio Visual Media With Animated Films on Children’s Speaking Skills in Kindergarten,” AL-ISHLAH J. Pendidik., vol. 15, no. 4, pp. 5944–5950, 2023, https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3767.

Published
2025-12-16
How to Cite
Rasmita, Rosi Kumala Sari, & Nadya Alinda Rahmi. (2025). PENERAPAN MULTIMEDIA DALAM PENANAMAN NILAI BERBAKTI KEPADA ORANGTUA MELALUI FILM BERBAHASA INGGRIS. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 1058 - 1093. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i2.5076
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times