PENERAPAN GAME ANDROID BERTEMA GIZI SEIMBANG SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG KELAS MINAT MASAK DI SANGGAR ANAK ALAM YOGYAKARTA
Abstract
Sanggar Anak Alam (Salam) Yogyakarta memiliki empat pilar utama, yaitu pangan, kesehatan, lingkungan, dan sosial budaya. Pengabdian masyarakat ini berfokus pada pilar pangan sehat yang selama ini dikampanyekan kepada komunitas Salam, mencakup anak/siswa, orang tua, dan masyarakat sekitar. Program kelas minat masak telah menunjukkan keberhasilan signifikan, ditandai dengan tingginya antusiasme anak mengikuti kegiatan, kerinduan mereka pada pertemuan berikutnya, serta kekecewaan apabila kegiatan diliburkan. Variasi menu yang dimasak turut meningkatkan motivasi anak untuk mengikuti proses dari awal hingga akhir, sedangkan sesi refleksi membantu mereka memaknai pengalaman belajar serta merencanakan menu sehat selanjutnya. Observasi menunjukkan bahwa pembiasaan mengonsumsi pangan sehat berdampak positif pada kesehatan anak, terlihat dari jarangnya anak sakit, minimnya izin tidak masuk sekolah, serta meningkatnya keaktifan dalam kegiatan. Keterlibatan orang tua sebagai mentor juga berperan penting dalam keberhasilan program ini. Dalam pengabdian ini, inovasi ditambahkan melalui penerapan game Android bertema gizi seimbang sebagai media pendukung pembelajaran. Game ini dirancang untuk memperkuat pemahaman anak mengenai variasi menu sehat, bahaya bahan tambahan makanan sintetis, serta pentingnya memilih pangan alami. Melalui gamifikasi, anak-anak diajak melakukan simulasi memilih bahan sehat, menata komposisi makanan, hingga merencanakan menu sehari-hari. Integrasi game Android dengan kegiatan kelas minat masak terbukti meningkatkan minat, partisipasi, dan literasi gizi anak. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan terpadu, diharapkan terbentuk generasi yang lebih sehat, sadar gizi, dan memiliki kebiasaan positif dalam memilih serta mengonsumsi pangan sehat.
Downloads
References
J. T. Hikmawanti, Ni Putu Ermi (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, ABSTRACT), J. T. Wiyati, Tuti (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, ABSTRACT), J. T. Fatmawati, Sofia (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, and ABSTRACT), “Improving the Knowledge of Safe Healthy Food and the Ability to Make Healthy Meals for Children in Parents of Students at TK Khalifah Jakarta 1,” vol. 5, no. 1, pp. 1–7, 2024.
N. Suhartatik, F. Husnun, and I. R. Puyanda, “The Importance of Food Security at The Family Level in Stunting Prevention in Indonesia,” vol. 2, no. 1, pp. 28–33, 2024.
I. Artikel, “Edukasi Pemilihan Pangan Sehat bagi Anak Panti Asuhan Yayasan Harapan Tunas Baru Flamboyan,” vol. 6, no. 3, pp. 3190–3193, 2025.
A. Susilowati and K. N. Waskita, “Pengaruh Pola Makan Terhadap Potensi Resiko Penyakit Diabetes Melitus,” vol. 5, no. 1, 2019.
F. N. Zahra, S. Weyara, D. Saputri, and R. Y. Widiastuti, “Pengembangan Program Parenting Pembuatan Bento Sehat Berbahan Pangan Lokal sebagai Upaya Pencegahan Stunting,” vol. 14, no. 1, pp. 209–216, 2025.
S. Bermutu, D. I. Sma, N. Batam, M. Kuliner, and P. P. Batam, “Edukasi pangan dan jajanan yang aman sehat serta bermutu di sma negeri 20 batam,” vol. 2, no. 1, pp. 76–92, 2024.
R. Megavitry, I. Harsono, I. Widodo, and A. S. Sarungallo, “Pengukuran Efektivitas Sistem Informasi Pangan dan Keterjangkauan Pangan Sehat terhadap Keamanan Pangan di Indonesia,” vol. 03, no. 03, pp. 334–343, 2024.
E. R. H. 7 Rachmat Ramli 1, Meilisa Carlen Mainassy 2, Leli 3, Rahmiyani Saad 4, Ainun Jariyah5, Egy Sunanda Putra 6, “4 Pilar Gizi Seimbang Dengan Status Gizi Dalam Penggunaan Bahan Makanan Sederhana,” vol. 2, no. 2, pp. 212–220, 2024.
K. Rofidah, “Membangun Kesehatan Dari Dalam Dengan Menu Sehat Berprotein Tinggi,” vol. 2, no. 3, pp. 6–19, 2024.
S. P. Amalia, M. Ma’ruf, T. Rustandi, Y. Susanto, and E. Prihandiwati, “PEMBERIAN EDUKASI DALAM PEMILIHAN MAKANAN SEHAT, AMAN, DAN BERGIZI DI SDN BELITUNG SELATAN 2, KOTA BANJARMASIN, KALIMANTAN SELATAN,” vol. 04, no. 02, pp. 325–333, 2024.
M. R. M. Hasan, “ANALISIS DAMPAK KONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN BERPEMANIS TERHADAP TINGKAT DIABETES PADA REMAJA INDONESIA,” vol. 06, no. 4, pp. 32–36, 2024.
T. Bjørkkjær, P. Palojoki, and C. Beinert, “Harnessing the untapped potential of food education in schools : Nurturing the school subject Food and Health,” vol. 20, no. November 2022, pp. 1–9, 2024, doi: 10.1111/mcn.13521.
W. A. W. G. Wulandari and D. S. Y. Kartika, “Mewujudkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dengan Cuci Tangan, Pola Makan Sehat, Dan Pengelolaan Sampah,” vol. 2, no. 1, 2024, doi: https://doi.org/10.61132/pandawa.v2i1.461.
F. N. Anggraini, “PENTINGNYA PENDIDIKAN KESEHATAN UNTUK MENGURANGI PENYEBARAN PENYAKIT PADA ANAK,” vol. 2, no. 4, pp. 1–6, 2024, doi: 10.5455/mnj.v1i2.644.
A. A. Permatasari, F. P. Ardita, and A. P. Prasetya, “Dampak Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan Tubuh Pada Kalangan Remaja,” vol. 2, no. 2, 2024.
N. K. Sumidawati and T. Bakue, “Pentingnya Makan Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang Bagi Anak Sekolah Dasar,” pp. 40–46, 2024, doi: 10.35816/abdimaspolsaka.v3i1.66.
R. Atika, S. Wairooy, P. Studi, T. Pangan, F. Teknik, and U. P. Nasional, “Penyuluhan Pangan Sehat : Kue Lidah Kucing Daun Kelor di Posyandu Balita Dusun Oro-Oroombo Abstrak,” vol. 3, no. 1, pp. 48–54, 2024.
I. F. Herdani et al., “Pengembangan Game Edukasi Interaktif Berbasis Android Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah An Nikmah Al Islamiyah Kamboja Development of an Android-Based Interactive Educational Game to Support the Learning Process of Students of An Nikmah Al Islamiyah Secondary School Cambodia,” vol. 5, no. 4, pp. 1149–1160, 2025.
I. W. W. Atmaja and J. P. Widodo, “Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Game Edukasi Berbasis Android terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19,” vol. 4, no. 5, pp. 6805–6813, 2022.
Copyright (c) 2025 Eva Nuryani, Koryna Aviory, Ahmad Riyadi, Kristina Warniasih, Firdiyan Syah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








