PENGUATAN MORALITAS DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN ISLAM BAGI GENERASI MUDA MELALUI KEGIATAN WEBINAR NASIONAL
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertema “Penguatan Moralitas Digital Berbasis Pendidikan Islam bagi Generasi Muda melalui Kegiatan Webinar Nasional” diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Internasional Darullughah Wadda’wah pada 16 Maret 2025. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman generasi muda serta pemangku pendidikan mengenai urgensi moralitas digital yang berlandaskan nilai-nilai Islam di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi. Webinar dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom dengan sasaran utama mahasiswa, dosen, guru Pendidikan Agama Islam, dan masyarakat umum. Materi yang disajikan mencakup analisis tantangan utama era digital seperti hoaks, cyberbullying, pelanggaran privasi, dan kecanduan gawai serta integrasi nilai-nilai Islam, antara lain kejujuran (shiddiq), tanggung jawab (amanah), menjaga privasi (hifzh al-ghaib), berbuat baik (ihsan), dan menjaga akal (hifzh al-‘aql), sebagai landasan etika bermedia. Selain pemaparan konseptual, disusun pula strategi praktis yang dapat diterapkan pendidik dan orang tua, seperti pengembangan kurikulum berbasis etika digital Islami, pembiasaan literasi digital kritis, dan pendampingan penggunaan gadget di lingkungan keluarga. Hasil evaluasi terhadap 76 responden menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai pentingnya moralitas digital dan penerapan nilai-nilai Islam dalam interaksi daring, disertai respons kepuasan yang tinggi dan rasa siap menghadapi tantangan ruang digital secara lebih etis. Temuan ini mengindikasikan bahwa webinar nasional berbasis Pendidikan Islam merupakan sarana yang efektif dan relevan untuk memperkuat moralitas digital generasi muda serta layak dikembangkan melalui pelatihan lanjutan dan kolaborasi multipihak.
Downloads
References
. Adib, M. A. (2022). TRANSFORMASI KEILMUAN DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG IDEAL DI ABAD-21 PERSPEKTIF RAHMAH EL YUNUSIYAH. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.276
. Amin, G. (2020). PSIKOEDUKASI MENGENAI DAMPAK BULLYING DAN CARA MENINGKATKAN SELF-ESTEEM PADA REMAJA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i1.8058
. Astuti, H. (2021). Berbakti Kepada Orang Tua dalam Ungkapan Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14255
. Chintya, S. A., Apriliasiharta, N., & Khomsatin, S. (2025). Pengaruh Bully Terhadap Kesehatan Mental pada Remaja: Analisis Bibliometrik. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30787/asjn.v6i1.1917
. Dwiyanti, D. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Efektivitas Webinar selama Masa Pandemi Covid-19. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(2), 67–80.
. Fadillah, A. A., Meidanty, C. A., Haniifah, F., Utami, N. K., Amalia, N., Endjid, P., Hasanah, R., Rahman, R. M., Kausar, R. A., & Setiawan, T. P. (2022). PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK KARENA DAMPAK BULLYING. JURNAL RISET PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 1(2), 157–164. https://doi.org/10.55047/jrpp.v1i2.225
. Fawaid, A., & Hasanah, R. (2022). Pendekatan Parenting Berbasis Al-Qur’an: Kajian Tematik Atas Ayat-Ayat Komunikasi Orang Tua Dan Anak Usia Madrasah Ibtidaiyah Dalam Qs Luqman Ayat 13-19. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1233
. Fitriani, D., & Abdullah, S. M. (2021). PERAN ORANGTUA DALAM MENDUKUNG KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS REMAJA DI ERA DIGITAL. Mempersiapkan Generasi Digital Yang Berwatak Sociopreneur: Kreatif, Inisiatif, Dan Peduli Di Era Society 5.0. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/ProsidingSemNasPsikologi/article/view/2013
. Husna, A. A., & Hamid, A. R. N. A. (2024). Reactivating Local Wisdom Values and Religious Rituals as A Means to Achieve Social Harmony Among Religius Communities. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 8(1), 43–60. https://doi.org/10.36835/ancoms.v8i1.547
. Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.
. Khairani, R., Hawary, I., Nafila, N., Yannas, I. P., Khairinnisah, Fannisa, S., & Munawir. (2021). Aplikasi Informasi Kegiatan Webinar Berbasis WEB. JURUTERA - Jurnal Umum Teknik Terapan, 8(02), 1–6. https://doi.org/10.55377/jurutera.v8i02.4944
. Kusnohadi, I., Tulastri, M., Adi, S. U., Hidayatullah, S. R. A., & Wiratama, S. A. P. (2024). MEWUJUDKAN KETAHANAN SOSIAL BAGI GENERASI MUDA BANGSA TERHADAP PENGARUH LITERASI MEDIA DIGITAL DI SMA 1 DAN SMA 3 KABUPATEN BOYOLALI. JURNAL NAGARA BHAKTI, 2(2), 96–108. https://doi.org/10.63824/nb.v2i2.164
. Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
. Listiyani, L. R., Wijayanti, A., & Putrianti, F. G. (2020). MENGATASI PERILAKU CYBER BULLYING PADA REMAJA MELALUI OPTIMALISASI KEGIATAN TRIPUSAT PENDIDIKAN. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, SNPPM2020P-SNPPM2020P.
. Mahmudi. (2024). Fenomena Dikotomi Sains dan Islam: Analisis Konsep Integrasi-Interkoneksi Ibnu Rusyd. Sosaintek: Jurnal Ilmu Sosial Sains Dan Teknologi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.33367/sosaintek.v1i1.5253
. Marzuki, G. A., & Setyawan, A. (2022). PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 53–62. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.809
. Masriah, S., Nurlaeli, A., & Akil, A. (2023). PERAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.16824
. Mulyono, H., Hakim, S. A., & Sari, Z. (2025). Keadaban Digital dan Etika Tauhid: Telaah Kritis Filsafat Pendidikan Muhammadiyah dalam Era Literasi Artifisial. Jurnal Kajian Ilmiah, 25(3), 303–316. https://doi.org/10.31599/75pzsx34
. Nafsiah, S. N., Merina, C. I., Terzaghi, M. T., Mukronroni, M., & Septayudha, I. (2024). PENINGKATAN PEMAHAMAN MEDIA: STRATEGI CERDAS SISWA SMA DALAM MENYIKAPI INFORMASI PALSU (HOAX) MELALUI MEDIA SOSIAL. JURNAL PENGABDIAN MANDIRI, 3(1), 47–54. https://doi.org/10.53625/jpm.v3i1.7285
. Niyu, N., & Gerungan, A. (2022). Literasi Digital: Mengenal Cyber Risk dan Aman Dalam Bermedia Digital. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 5, 1–10. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v5i0.1621
. Nuzula, L. J. F., Romziana, L., & Hamid, A. R. N. A. (2024). Forming a Superior Personality in the Qur’an Epistemological Study of Sahl Al-Tustari’s Sufistic Tafsir on Q.S Al-Ikhlas. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v7i3.1081
. Pakai, asra J. A. (2021). PERAN PENDIDIKAN TERHADAP SISWA DALAM PENCEGAHAN PERILAKU CYBER BULLYING DI ERA DIGITAL. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(2), 42–50. https://doi.org/10.24239/moderasi.Vol2.Iss2.46
. Pobela, F. S. (2024). DAMPAK MENGAKSES KONTEN NEGATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XII IPA H DI SMAN 1 KOTAMOBAGU [Diploma, IAIN MANADO]. https://repository.iain-manado.ac.id/1879/
. Putri, D. M., & Dedees, A. R. (2024). Literasi Edukasi Mengenai Bahaya Cyberbullying Terhadap Konsep Diri Siswa di SMA Al-Ma’aruf Cibubur. Indonesian Journal for Social Responsibility, 6(02), 95–105. https://doi.org/10.36782/ijsr.v6i02.313
. Rahmat, A., Amin, K. N., & Nurkhaeriyah, S. L. (2025). Webinar Sebagai Media Edukasi: Meningkatkan Kesadaran Akan Pentingnya Komunikasi Efektif Dalam Manajemen Stres. Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara, 1(5), 53–57. https://doi.org/10.59435/menulis.v1i5.229
. Rohimat, S., & Najarudin, N. (2022). Webinar Strategi Penyelesaian Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka Pada Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 3(2), 94–102. https://doi.org/10.26874/jakw.v3i2.251
. Sabaruddin, S. (2022). Pendidikan Indonesia dalam menghadapi era 4.0. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 10(1), 43–49. https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i1.29347
. Saefullah, A., & Agustina, I. (2023). EFEKTIFITAS PROGRAM WEBINAR KEWIRAUSAHAAN BAGI MAHASISWA STIE GANESHA. ANALISIS, 13(1), 78–91. https://doi.org/10.37478/als.v13i1.2520
. Saputra, A. S., & Sintesa, N. (2025). Analisis Kualitas Webinar Dan Motivasi Peserta Terhadap Kepuasan Peserta Webinar Yang Diselenggarakan Oleh Komuitas Potema. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi Dan Kewirausahaan, 15(10). https://doi.org/10.59188/9j3zfb91
. Setyazi, G., Subandi, S., & Abas, E. (2022). Pendidikan Multikultural dalam Bingkai Pemikiran Nasionalis Religius; Komparasi Konsep Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.53802/fitrah.v3i2.271
. Sitinjak, E. K., Ziliwu, A., Nababan, R. N., Ginting, D. L. B., & Tobing, M. P. L. (2025). Pencegahan Cyberbullying Melalui Penggunaan Media Sosial di SMA Negeri 1 STM Hilir. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 344–354. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2415
. Sugiharto, A., & Respatya, S. (2024). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENGCOUNTER HOAX DAN CYBERBULLYING. Metanoia, 6(2). https://doi.org/10.55962/metanoia.v6i2.140
. Syafitri, F., Rinaldi, N. A., & Gusmaneli, G. (2025). Peran Pendidikan Islam dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Pelajar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 3(1), 1–5.
. Utami, A. D., Hidayah, A., Latifah, A., & Wahyono, W. (2023). The Role of Social Media In Character Forming of Upper-Grade Students in The Digital Era. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 573–579. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71180
. Vitria, Y., & Noer, Z. (2025). Peningkatan Kesadaran Hukum Bagi Remaja Dalam Menghadapi Kasus Kenakalan Remaja Dan Bullying di SMK NU Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka, 4(2), 1338–1345. https://doi.org/10.58266/jpmb.v4i2.630
. Wibowo, B. R., Sudana, D., & Wirza, Y. (2020). Pemanfaatan Webinar Sebagai Media dalam Pembelajaran Kemampuan Berbicara untuk Pembelajar Dewasa di Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 417–431. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.30219
. Yuli, Y. F., & Efendi, A. (2022). Psikoedukasi Upaya Mencegah dan Melawan Perundungan (Bullying & Cyberbullying) di SMP Unggulan Habibulloh. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 15–23. https://doi.org/10.55784/jompaabdi.v1i3.182
. Zahraini, Z., & Hajaroh, S. (2024). Upaya Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Distorsi Moral Siswa Akibat Media Sosial. SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 149–157. https://doi.org/10.70115/semesta.v2i3.174
Copyright (c) 2025 Lilik Aminah, Rika Sartika, Asniah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








