PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISAS SISWA SMAN 1 KUANTAN HILIR SEBERANG KECEMATAN KUANTAN HILIR SEBERANG KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Abstract
Organisasi adalah kumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Oraganisasi dapat berupa kelompok, bisnis, atau tindakan tertentu. Organisasi Siswa intra Sekolah (OSIS) adalah wadah bagi siswa untuk berkontribusi disekolah. Organisasi sekolah meliputi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), organisasi ekstrakurikuler seperti Pramuka, Paskibra, Palang Merah Remaja (PMR), Patroli Keamanan Sekolah (PKS), dan Kelompok Pecinta Alam (PA), serta organisasi lain seperti UKS, Koperasi Siswa, dan Kelompok Karya Ilmiah. Organisasi-organisasi ini bertujuan untuk mengembangkan potensi, keterampilan, dan rasa kekeluargaan antar siswaPersoalan yang terjadi dapat diindetifikasi, lemahnya dan tebatasnya kapasitas Sumber Daya siswa yang mampu mengelola dan manajemen Organisasi Siswa untuk peningkatan SDM siswa/siswi dan menjadi wacana dan pemikiran sekolah agar lebih maju. Hal terpenting dalam mengelola organisasi adalah peningkatan kualitas organisasi, karena perlunya Pembinaan dan pengembangan untuk merealisasikan ide-ide dan meningkatkan kualitas organisasi siswa yang lebih efektif dan efisien. Peningkatan kapasitas SDM (kemampuan dan keahlian) dapat diadakan pelaksanaan Pembinaan dan Pengembangan untuk Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah yang bekerjasama dengan pihak Sekolah.SDM terintegrasi (Integrated Human Resources Management/IHRM) berbasis kompetensi menjadi pilihan yang paling tepat untuk mengelola sumber daya Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah supaya dapat mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.Pengabdian ini yang dilakukan bertujuan untuk Pembinaan dan pengembangan dalam Organisasi Siswa SMA Negeri 1 Kuantan Hilir Seberang,. Subjek Pengabdian yaitu Pembina dan Pengurus Organisasi siswa. Fokus Pengabdian adalah Pembinaan dan pengembangan program kerja Organisasi Siswa berdasarkan 10 pokok kegiatan pembinaan kesiswaan. Sehingga melalui studi dokumen, wawancara, dan kuesioner diperoleh data pelaksanaan kegiatan OSIS dalam pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 1 Kuantan Hilir Seberang. Hasil Pengadian diharapakan menunjukkan peran Organisasi Siswa dalam pengembangan Organisasi yang lebih baik kedepannya dan bermanfaat bagi SMAN 1 Kuantan Hilir Seberang.
Downloads
References
. Adri, Budairi. 2002. Eksistensi Organisasi Masyarakat dan Sejarah Perkembangannya di Indonesia.Gramedia : Jakarta
. Bohari.1992. Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen. PT Gramedia : Jakarta
. Fahmi, Irham. 2011. Manajemen Pengambilan Keputusan. Alfabeta : Bandung
. Fathoni Abdurrahmat, 2006. Organisasi dan Manajemen, Rineka Cipta : Jakarta
. Hartiningsih.2001. Peran Ormas dalam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Citra Utama : Jakarta
. Kartasasmita, Ginandjar, 2001. Pembangunan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan Dan Pemerataan. Pustaka CIDESINDO : Jakarta
. Pasal 3 Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 1986 yang merupakan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 8 Tahun l985 Tentang Organisasi Kemasyarakatan 8 Penjelasan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun l986
. A.Jurnal
. Dyah Rahmi Astuti, Muhammad Yusuf Wibisono, Tinjauan Sejarah atas Peran Organisasi Kemasyarakatan Islam pada Pembangunan Indonesia, Jurnal iman dan spiritualitas UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Volume 2, Nomor 1.2022
. Anggriati Ledu Ngaba.,” Peranan Organisasi Siswa Intra SekolaH(OSIS) dalam pembentukan karakter siswa SMA Negeri “ejournal.uksw.edu Volume XXXVI No. 2, Desember 2020
. Desriadi, D., Ramadhanti, R., Emharis, E., Andri, A., Muharam, S., M, S., Risvandi, R., Melliofatria, M., & Anggraini, T. (2025). TATA KELOLA LINGKUNGAN SUNGAI PANGKALAN INDARUNG KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 372 - 378. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i1.4373
Copyright (c) 2025 Tria Anggraini; Rika Ramadhanti, Emilia Emharis, Sarjan M, Alsar Andri, Risvandi, Desriadi Desriadi, Sahri Muharam, Melliofatria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








