PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS TINGGI MELALUI PROGRAM BIMBIBINGAN MEMBACA TERSTRUKTUR DI SD NEGERI 28 TAMO
Abstract
Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas tinggi di SD Negeri 28 Tamo melalui penerapan Bimbingan Membaca Terstruktur. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa sebagaimana terlihat dari hasil asesmen awal yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada kategori Tidak Sama Sekali, Mengeja, dan Belum Lancar. Program dilaksanakan selama sepuluh minggu melalui pendampingan intensif yang mencakup tahapan pra-membaca, saat membaca, dan pasca-membaca, serta intervensi kelompok kecil yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. Pengukuran kemampuan membaca dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengidentifikasi perubahan yang terjadi setelah intervensi. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada aspek kelancaran, akurasi, pemahaman bacaan, serta motivasi membaca. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 2,22 pada pre-test menjadi 3,56 pada post-test, dengan hasil uj Paired Samples Test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa program ini efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa Bimbingan Membaca Terstruktur merupakan strategi intervensi yang relevan dan mampu memberikan dampak nyata terhadap perkembangan literasi siswa sekolah dasar.
Downloads
References
. Adawiah, R. A. H. T., Hamzah, R. A., Nurlinda, & Aryanti, R. D. (2023). Kajian literatur terhadap mengembangkan keterampilan membaca di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 14(2).R. Arulmozhiyal and K. Baskaran, "Implementation of a Fuzzy PI Controller for Speed Control of Induction Motors Using FPGA," Journal of Power Electronics, vol. 10, pp. 65-71, 2010.
. Alonzo, C. (2021). Diagnostic reading assessment: A practical framework for identifying reading difficulties in primary students. Journal of Literacy Research, 53(4), 522–540.
. Astuti, A. P., Istianingsih, S., & Widodo, A. (2022). Pentingnya membangun budaya literasi (budaya membaca) pada anak SD di era digital. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(1).
. Connor, C. M., Spencer, M., & Harris, E. (2020). Assessment‐Driven Individualized Reading Intervention. Elementary School Journal, 120(4), 671–698
. Fountas, I. C., & Pinnell, G. S. (2022). Guided Reading: Responsive Teaching Across the Grades. Heinemann Publishing.
. Guthrie, J. T., & Wigfield, A. (2022). Engagement and Motivation in Reading. Reading Research Quarterly, 57(1), 125–144.
. Hogan, T. P., Adlof, S. M., & Alonzo, C. N. (2020). On the Importance of Accurate Reading Interventions. Child Development Perspectives, 14(1), 46–52.
. Hudson, R., Koh, P., & Moore, S. (2020). Repeated reading as an evidence-based fluency intervention for struggling readers. Reading & Writing Quarterly, 36(3), 237–255.
. Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). Membentuk literasi membaca pada peserta didik di sekolah dasar. Cakrawala Pendas, 8(3), 631–647.
. Rasinski, T. (2021). Fluency Matters: Its Importance in Reading and Learning. Reading Quarterly, 56(2), 127–140.
. Saputri, D. A., & Sukartiningsih, W. (2024). Analisis keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III sekolah dasar dalam konteks implementasi program literasi sekolah. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 29–39
. Suarni, N., Taufina, & Zikri, A. (2023). Literasi membaca meningkatkan karakter positif siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(4).
. Sulistiyawati, N. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 2548–2555.
. Solehun, S., Putri, R., & Ananda, R. (2025). Structured Literacy Approach for Early Grade Students: Improving Reading Fluency and Understanding. Journal of Educational Practice, 18(1), 55–66.
. Usuma, M. W., Larasati, W., Risma, F. V., Sari, N., & Agustin, U. V. S. (2022). Pentingnya penerapan budaya literasi membaca dan menulis terhadap prestasi peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 132–138.
Copyright (c) 2025 M. Padli, St.Rahmawati rahma, St. Nur Alisa, Dian Anggraini Noor, Nurfitri, Sarmila, Safira Putri, Asmirinda Resa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








