ANALISIS PEMASARAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI DESA TITIAN MODANG KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Junia Sisva
Keywords: Ikan Nila, Pemasaran dan Efisiensi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Fungsi-fungsi pemasaran, 2) tingkat marjin pemasaran, 3) share petani dan 4) efisiensi pemasaran ikan nila di Desa Titian Modang Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran I besarnya total biaya pemasaran sebesar Rp.3.970,51/kg, marjin pemasarannya sebesar Rp.9.000,00/kg, share petani sebesar 70,00% dan efisiensi pemasarannya adala 13,24%. Pada saluran pemasaran II besarnya total biaya pemasaran sebesar Rp.3.249,58/kg, marjin pemasarannya sebesar Rp.5.000,00/kg, share petani sebesar 82,14% dan efisiensi pemasarannya adala 11,61%. Sedangkan disaluran pemasaran III besarnya total biaya pemasaran sebesar Rp.107,14 /kg, marjin pemasarannya sebesar Rp.0/kg, share petani sebesar 100% dan efisiensi pemasarannya adalah 0,43%. Maka, saluran pemasaran III ikan nila lebih efisiensi dibandingkan dengan saluran pemasaran I dan II dalam artian untuk memperoleh penerimaan 100% dibutuhkan biaya sebesar 0,43%. Nilai marjin pemasaran  pada berbagai saluran tersebut berbeda disebabkan adanya perbedaan panjang pendek rantai pemasaran dan aktivitas-aktivitas yang telah dilaksanakan serta keuntungan yang diterima oleh lembaga pemasaran yang terlibat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2014. Manfaat Kesehatan Ikan Kakap Merah. http://pemalangonline.com/manfaat-kesehatan-ikan-kakap-merah/. ( Diakses pada tanggal 29 Januari 2014).
Badan Pusat Statistik Kuantan Singingi . 2019. Jumlah Perusahaan Budidaya Perikanan menurut Jenis Budidaya.
Limbong dan Sitorus, 1987. Pengantar Tataniaga Pertanian. Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Sutarno. 2014. Analisis Efisiensi Pemasaran Kedelai di Kabupaten Wonogiri. E- Journal Agrineca.
Published
2022-11-07
Abstract viewed = 216 times
Pdf downloaded = 160 times