SISTEM INFORMASI PELAYANAN TERPADU KELURAHAN SIMPANG TIGA TELUK KUANTAN

  • Junia Karmila Sari
  • jasri jasri
Keywords: Kelurahan, Sistem Informasi, Layanan Masyarakat, Website

Abstract

Kelurahan merupakan instansi pemerintah terkecil dibawah wewenang camat yang secara langsung dekat dengan masyarakat dalam memberikan pelayanan mengenai pengurusan administrasi yang dilakukan di Kelurahan. Peneliti tertarik ingin membuat sebuah sistem informasi untuk membantu melayani masyarakat simpang tiga dalam hal pengajuan layanan administrasi terhadap Kantor Lurah Simpang Tiga. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menghasilkan suatu aplikasi yang dapat membantu masyarakat dalam pengajuan pelayanan administrasi. Maka peneliti ingin membangun sebuah sistem informasi layanan masyarakat Simpang Tiga. Hasil yang dicapai dalam pembuatan sistem informasi layanan masyarakat ini untuk mempermudah masyarakat dalam dalam hal pengajukan administrasi yang mana masyarakat tidak perlu datang kekantor lurah untuk pengajuan, Masyarakat dapat lebih mudah mengetahui prosedur pengajuan pelayanan di aplikasi dengan mudah, Masyarakat tentu hanya dengan mengisi data persyaratan pelayanan, hal ini juga mempermudah staf pegawai kantor lurah untuk memproses setiap pengajuan yang masuk dengan cepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] D.F. Ariefni, M.B. Legowo, Penerapan Konsep Monitoring dan Evaluasi Dalam Sistem Informasi Kegiatan Mahasiswa i Perbanas Institute Jakarta, J. Tek. Inform. Dan Sist. Inf. vol.4 (2018) pp.422-432. http://dx.doi.org/1028932/jutisi.v4i3.876.
[2] Y. Trimarsiah, M. Arafat, ANALISIS DAN PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI SARANA INFORMASI PADA LEMBAGA BAHASA KEWIRAUSAHAAN DAN KOMPUTER AKMI BATURAJA, J. Ilm. MATRIK. vol.19 (2017) pp.1-10.
[3] M.V. Al Hasri, E. Sudarmilah, Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Website Kelurahan Banaran, MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. Dan Rekayasa Komput. 20 (2021) 249–260. https://doi.org/10.30812/matrik.v20i2.1056.
[4] Soegiarto, E.C. Kirana, Bahar, SISTEM INFORMASI PELAYANAN MASYARAKAT PADA KANTOR KELURAHAN GUNTUNG PAIKAT BANJARBARU, (2018).
[5] D.D. Anggiawan, E.S.Y. Pandie, M. Boru, Sistem Informasi Pelayanan Publik Kelurahan Bakunase Kota Kupang Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Berbasis Web, J-Icon. vol.6 (2018) pp.8-13.
[6] R.E.G. Rahayu, P. Marup, Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Publik Terpadu Berbasis Web, J. Algoritm. vol.18 (2021) pp.25-34. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.18-1.826.
[7] Y. Farlina, D. Pribadi, Sistem Informasi Pelayanan Publik Di Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi Berbasis Website, IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol. vol.5 (2020) pp.180-186. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit.
[8] E.H. Arvianty, Endira; Fanida, Inovasi Sistem Pelayanan Masyarakat ( SemPelMas ) dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi di Kelurahan Jagalan Kecamatanan Kranggan Kota Mojokerto, J. Publika Adm. Negara. vol.2 (2020) pp.1-8.
[9] N. Sagita, A.N. Supena, D. Djamaludin, Perancangan Sistem Informasi Produksi Rajut Menggunakan Metode System Development Life Cycle (Sdlc) (Study Kasus: Cv Suho Garmindo Bandung), Pros. Tek. Ind. 0 (2015) 47–53. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/industri/article/view/716.
[10] S. Ratumurun, PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN KAS KECIL PADA PT 5431 AMBON, J. Fak. Ekon. vol.13 (2019) pp.19-29.
Published
2023-07-26
Abstract viewed = 151 times
PDF downloaded = 72 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>