KUALITAS PELAYANAN PASIEN BPJS DIPUSKESMAS SAPTA TARUNA KECAMATAN BUKIT RAYA,KOTA PEKANBARU
Abstract
Abstrak
Pelayanan masyarakat menjadi hal yang paling penting karena berhubungan dengan
komunitas masyarakat yang sangat banyak. Penelitian ini membahas tentang kualitas
pelayanan pada pasien BPJS di puskesmas sapta taruna pekanbaru. Kualitas pelayanan
merupakan salah satu faktor penting dalam pemanfaatan layanan kesehatan. Pelayanan
kesehatan salah satu bidang yang sangat banyak dibutuhkan di kalangan masyarakat dan
menjadi tumpuan masyarakat untuk salah satu kebutuhan mendasar selain pangan dan juga
pendidikan. Yang menjadi tujuan utama dalam melaksanakan penelitian ini adalah untuk
mengetahui kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas sapta taruna pekanbaru. Tipe
penelitian ini menggunakan deskriptif dengan metode kualitatif dimana data diperoleh
melalui hasil observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori
indikator pelayanan yaitu Realibility, Responsiveness, Assurance, Empahty, Tangibles. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pasien BPJS di puskesmas sapta taruna
pekanbaru cukup baik,
dikarenakan bahwa dalam program pelayanan kesehatan masih
memiliki beberapa kekurangan, diantaranya seperti kurangnya sumber daya manusia (SDM),
anggaran yang kurang mencakupi sehingga sarana dan prasarana nya masih kurang, hal inilah
yang menjadi penyebab kurangnya tingkat pelayanan kesehatan. Sehingga melihat kondisi
tersebut diharapkan kepada pihak puskesmas hendaknya lebih meningkatkan lagi kualitas
pelayanan agar dapat menambah daya tarik dari pasien itu sendiri dan dapat memberikan
akreditasi dari kualitas pelayanan puskesmas.
Abstract
Service is the most important thing because it relates to a very large community of
people. This study discusses the quality of service for BPJS patients at the Sapta Taruna
Health Center in Pekanbaru. Service quality is one of the important factors in the utilization
of health services. Health services are one of the fields that are very much needed by the
community and become the foundation of the community for one of the basic needs besides
food and education. The main objective in carrying out this research is to determine the
quality of health services at the Sapta Taruna Puskesmas Pekanbaru. This type of research
uses descriptive qualitative methods where data is obtained through observations and
interviews. In this study the authors use the theory of service indicators, namely Realibility,
Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangibles. The results showed that the service quality
of BPJS patients at the Sapta Taruna Pekanbaru Public Health Center was quite good, due to
the fact that the health service program still had several shortcomings, including a lack of
human resources (HR), an insufficient budget so that the facilities and infrastructure were
still lacking. This is the cause of the lack of levels of health services. So seeing these
conditions, it is hoped that the puskesmas should further improve the quality of service in
order to increase the attractiveness of the patients themselves and be able to provide
accreditation for the quality of puskesmas services