KUALITAS PELAYANAN PASIEN BPJS DIPUSKESMAS SAPTA TARUNA KECAMATAN BUKIT RAYA,KOTA PEKANBARU

  • Diffa Ardianingsih
  • Nursavinah UIN
  • Tiara Marselini
Keywords: BPJS, Kualitas Pelayanan, Puskesmas, Kesehatan Masyarakat.

Abstract

Abstrak

Pelayanan masyarakat menjadi hal yang paling penting karena berhubungan dengan

komunitas masyarakat yang sangat banyak. Penelitian ini membahas tentang kualitas

pelayanan pada pasien BPJS di puskesmas sapta taruna pekanbaru. Kualitas pelayanan

merupakan salah satu faktor penting dalam pemanfaatan layanan kesehatan. Pelayanan

kesehatan salah satu bidang yang sangat banyak dibutuhkan di kalangan masyarakat dan

menjadi tumpuan masyarakat untuk salah satu kebutuhan mendasar selain pangan dan juga

pendidikan. Yang menjadi tujuan utama dalam melaksanakan penelitian ini adalah untuk

mengetahui kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas sapta taruna pekanbaru. Tipe

penelitian ini menggunakan deskriptif dengan metode kualitatif dimana data diperoleh

melalui hasil observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori

indikator pelayanan yaitu Realibility, Responsiveness, Assurance, Empahty, Tangibles. Hasil

penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pasien BPJS di puskesmas sapta taruna

pekanbaru cukup baik,

dikarenakan bahwa dalam program pelayanan kesehatan masih

memiliki beberapa kekurangan, diantaranya seperti kurangnya sumber daya manusia (SDM),

anggaran yang kurang mencakupi sehingga sarana dan prasarana nya masih kurang, hal inilah

yang menjadi penyebab kurangnya tingkat pelayanan kesehatan. Sehingga melihat kondisi

tersebut diharapkan kepada pihak puskesmas hendaknya lebih meningkatkan lagi kualitas

pelayanan agar dapat menambah daya tarik dari pasien itu sendiri dan dapat memberikan

akreditasi dari kualitas pelayanan puskesmas.

Abstract 

Service is the most important thing because it relates to a very large community of

people. This study discusses the quality of service for BPJS patients at the Sapta Taruna

Health Center in Pekanbaru. Service quality is one of the important factors in the utilization

of health services. Health services are one of the fields that are very much needed by the

community and become the foundation of the community for one of the basic needs besides

food and education. The main objective in carrying out this research is to determine the

quality of health services at the Sapta Taruna Puskesmas Pekanbaru. This type of research

uses descriptive qualitative methods where data is obtained through observations and

interviews. In this study the authors use the theory of service indicators, namely Realibility,

Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangibles. The results showed that the service quality

of BPJS patients at the Sapta Taruna Pekanbaru Public Health Center was quite good, due to

the fact that the health service program still had several shortcomings, including a lack of

human resources (HR), an insufficient budget so that the facilities and infrastructure were

still lacking. This is the cause of the lack of levels of health services. So seeing these

conditions, it is hoped that the puskesmas should further improve the quality of service in

order to increase the attractiveness of the patients themselves and be able to provide

accreditation for the quality of puskesmas services

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-26
Abstract viewed = 75 times
PDF downloaded = 141 times