STUDI KASUS PELAYANAN PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIFKASIM RIAU TAHUN 2022

  • Fatma Hidayani Putri
  • Mei Oktaviana
  • Vella Purnama
Keywords: Pelayanan Pendidikan, Kualitas Pelayanan Pendidikan

Abstract

ABSTRAK
Peranan pendidikan menjadi sangat penting dalam kehidupan. Pendidikan menjadi kebutuhan bagi selururh manusia, sehingga manusia berusaha mendapatkan pendidikan setinggi mungkin, sebagai bekal untuk bersaing di dunia kerja. Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam memberikan mahasiswa ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk bisa bersaing di pasar kerja, oleh karenanya kualitas pelayanan di perguruan tinggi harus ditingkatkan agar terciptanya kepuasan mahasiswa yang akan menjadi calon sumber daya manusia yang berkualitas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pendidikan di perguruan tinggi di UIN Suska Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu yaitu dengan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi langsung ketempat penelitian,wawancara dan buku-buku literature serta sumber bacaan yang sesuai dengan penelitian yang kami lakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan mahasiswa sebagai konsumen utama di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska Riau) sudah cukup puas akan pelayanan yang diberikan hanya ada beberapa kendala yang dirasa harus diperbaiki agar mahasiswa merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan, Kualitas pelayanan yang tinggi yang didukung oleh sarana prasarana yang lengkap, bisa mejadi acuan keberhasilan dari suatu pelayanan pendidikan, hal ini bisa kita lihat pada bukti prestasi, penilaian, lisensi kualitas, serta keberhasilan alumni dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang pembelajarannya, serta hasil penilaian juga dibutuhkan untuk memperoleh pengkuan dari masyarakat.

ABSTRACT
The role of education becomes very important in life. Education becomes a necessity for all humans, so humans try to get the highest possible education, as a provision to compete in the world of work. Universities have an important role in providing students with knowledge and skills to be able to compete in the job market, therefore the quality of services in universities must be improved in order to create student satisfaction who will become qualified human resource candidates. This research aims to find out the quality of educational services in universities at UIN Suska Riau. This research uses a qualitative approach, namely with descriptive qualitative with a case study approach. The data collection techniques used in this study are by direct observation to the place of research, interviews and literature books as well as reading sources that are in accordance with the research we do. The results of this study show that students as the main consumers at Sultan Syarif Kasim State Islamic University (UIN Suska Riau) are quite satisfied with the services provided, there are only a few obstacles that they feel must be improved so that students feel comfortable and satisfied with the services provided, High quality of service supported by complete infrastructure facilities, can be a reference for the success of an educational service, we can see in the evidence of achievement, assessment, quality licensing, and success of alumni in getting jobs that are in accordance with their field of learning, and assessment results are also needed to obtain recognition from the community.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-26
Abstract viewed = 64 times
PDF downloaded = 61 times