PENGENALAN PLATFORM DIGITAL SEBAGAI MEDIA DAN EVALUASI PEMBELAJARAN SMK BINA PROFESI PEKANBARU
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan berbagai platform digital sebagai media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di SMK Bina Profesi Pekanbaru. Kegiatan ini merupakan bagian penting atas adanya perubahan proses kegiatan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring/online dengan bantuan beberapa platform digital yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), yaitu mengkaji informasi utama yang dibahas dalam referensi, mengaitkan dengan setiap topik yang dibahas, kemudian pemetaan konsep dalam bentuk perbandingan dari setiap data perolehan. Hasil kegiatan ini diharapkan memberi kontribusi dalam memudahkan sekolah, guru, dan siswa memanfaatkan beberapa platform digital yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai media pembelajaran selama covid-19, serta diharapkan agar platform digital terus dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar baik secara online dan ofline kedepannya.
Downloads
References
Banjarnahor, D., Ginting, M. F.,Widyaningrum, I., Hidayati, H., Gozali,A. A. 2016. Museum Berbasis Virtual Reality Untuk Mempromosikan Kebudayaan Sumatera Utara.” E-Proceeding of Applied Science, 2(2), 733–740.
Dwi Haryono, Wirta Agustin, Rini Yanti,T.Sy. Eiva Fatdha, Helda Yenni 2022. Penguatan Penggunaan Teknologi Untuk Layanan Administrasi Kependudukan
Di Lingkungan Rw 09 Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai
Kota Pekanbaru. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 2 No.2 Juli 2022 Hal. 92-101
Sri Ngudi Wahyuni, Rosyidah Jayanti Viyata, Mei Maemunah,Rahma Widyawati, Sri Mulyatun, Istiningsih, Achmad Fauzi.2022. Peningkatan Kualitas Guru SD Aisyiyah Fullday Pandes Klaten Melalui Pelatihan Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 2, No. 1 - Mei 2022,Hal.7-12
Aji, R. H. S. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5).
Babbage, R., Byers, R., & Redding, H. 1999. Approaches To Teaching And Learning. David Fulton Publisher.
Asyafah, A. 2019. Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal Of Islamic Education, 6(1), 19–32. Https://Doi.Org/10.17509/T.V6i1.20569
Akhwani, & Romdloni, M. A. (2021). Pendidikan Karakter Masa PandemiCovid- 19 Di SD. Indonesian Journal Of Primary Education, 5(1), 1–12.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 1, 67–76. Http://Jurnal.Stkippgribl.Ac.Id/Index.Php/Pedagogia %7C
Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Meilani, S., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., & Sahir, S. H. (2019). Elearning: Implementasi, Strategi Dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis
Putri, A. P., Rahhayu, R. S., Suswandari, M., & Ningsih, P. A. R. (2021). Strategi Pembelajaran Melalui Daring Dan Luring Selama Daring Dan Luring Selama Pandemi Covid-19 Di SDN. Sugihan 03 Bendosari. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–8.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Ar-Ruzz Media.
Wibawa, A.E.Y. (2021).Implementasi Platform Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring Di MI Muhammadiyah PK Kartasura Pada Masa Pandemi Covid-19, Berajah Journal, 1(2),pp 76-84
Copyright (c) 2022 Triyani Arita Fiti, T Sy Eiva Fatdha, Helda Yenni, Liya Astarilla
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.