PEMBINAAN TERHADAP SISWA YANG MELAKUKAN CYBER BULLYING
Abstract
Dalam penyuluhan ini kami memilih topik yaitu “Pembinaan Terhadap Siswa Yang Melakukan Cyber Bullying“ alasan kami memlih topik tersebut karna dalam hasil penelitian yang kami lakukan banyak faktok yang menunjukan remaja melakukan cyberbulling di kota pekanbaru yaitu berkembangnya inovasi teknologi dengan sangat pesat, kontrol sosial yang semakin melemah, Hukum yang tidak diketahui oleh para remaja, dan cara berperilaku remaja yang suka meniru. SMAN 14 Pekanbaru merupakan tempat dimana kami akan melakukan penyuluhan. Penyuluhan pembinaan terhadap siswa yang melakukan cyberbullying merupakan cara yang digunakan untuk menambah pengetahuan tentang pembinaan terhadap siswa yang melakukan cyberbullying untuk pencegahan agar bertujuan mengubah atau mempengaruhi pelaku yang melakukan cyberbullying dan membina agar korban cyberbully tidak merasa takut dan merasa aman. Penyuluhan ini bertujuan untuk memberitahukan bagaimana penghukuman untuk pelaku cyberbullying. Riset ini dijalankan guna memperoleh informasi berupa faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan cyber bullying. Pada masa ini terdapat beberapa fasilitas yang dapat mendukung terjadinya cyberbullying yang dilakukan oleh remaja diantaranya adalah permainan yang menggunakan internet, sosial media, dan beberapa media komunikasi digital lain. Setiap tahunnya terus terjadi peningkatan kasus-kasus cyberbullying yang dilakukan oleh para remaja. Oleh karena itu faktor-faktor yang menyebabkan para remaja melakukan tindakan cyberbullying ini sangat penting untuk diketahui. Sehingga dengan mengetahui faktor-faktor tersebut, diharapkan kasus cyberbullying dapat diberantas secara efektif dengan mengetahui kebijakan kriminal.
Downloads
References
Dewi, A. P. (2012). Hubungan karakteristik remaja, peran teman sebaya dan paparan pornografi dengan perilaku seksual remaja di kelurahan pasir gunung selatan depok. Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.
Gunarsa, S. D. (2007). Seri psikologi: Psikologi perkembangan.
Hurlock, E. B. (2001). Developmental psychology. (No Title).
Juvonen, J., & Gross, E. F. (2008). Extending the school grounds?—Bullying experiences in cyberspace. Journal of School health, 78(9), 496-505.
Kasmanto Rinaldi, S. H., Dinilah, A., Prakoso, B. Y., Siddik, F., Mianita, H., Nurjanah, M., ... & Wanda, S. E. (2022). DINAMIKA KEJAHATAN DAN PENCEGAHANNYA: POTRET BEBERAPA KASUS KEJAHATAN DI PROVINSI RIAU. Ahlimedia Book.
Kompas. (07 Juni 2018). Cyber Bullying Bisa Memicu Keinginan Untuk Bunuh Diri. Diakses dari https://lifestyle.kompas.com/read /2018/06/07/164042420/cyberbullying-bisa-memicu-keinginanuntuk-bunuh-diri
Kowalski, R. M., & Limber, S. P. (2013). Psychological, physical, and academic correlates of cyberbullying and traditional bullying. Journal of adolescent health, 53(1), S13-S20.
Laksono, P., & Magfiraini, R. (2014). Cyber prostitution: Bergesernya masalah sosial ke dalam ruang virtual. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 52-69.
Mordecki, G. (2014). Determinants of argentinean tourism Demand in Uruguay. Serie Documentos de Trabajo/FCEA-IE; DT17/14.
Patchin, J. W., & Hinduja, S. (2015). Measuring cyberbullying: Implications for research. Aggression and Violent Behavior, 23, 69-74.
Rinaldi, K., Afrizal, A., & Maulana, M. (2022). PENDEKATAN ATTACHMENT SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENCEGAHAN JUVENILE DELINQUENCY. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 163 - 172. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v2i2.2612
Rinaldi, K., Azhari, F., Alwafi, I., Sari, N., Nugraha, R., Putri, S. A., ... & Mianita, H. (2022). Strategi Pencegahan Eigenrechting di Lingkungan Masyarakat. Sosiologi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya, 24(1), 75-93.
Sarwono, S. W. (2012). Psikologi ulayat. Jurnal Psikologi Ulayat, 1(1), 1-16.
Sukmawati, E., ST, S., Keb, M., Fitriadi, H., Pradana, Y., Dumiyati, M. P., & Kasmanto Rinaldi, S. H. (2022). Digitalisasi sebagai pengembangan model pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.
Watts, L. K., Wagner, J., Velasquez, B., & Behrens, P. I. (2017). Cyberbullying in higher education: A literature review. Computers in Human Behavior, 69, 268-274.
Widodo, S. T. M., & Nita, V. (2019). Pencegahan bullying di sekolah dasar melalui pendidikan kesehatan reproduksi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(1), 65-75.
Copyright (c) 2023 Kasmanto Rinaldi, Bintang Johan Permana, Fauziah Rahmi, Muhammad Akmal, Muhammad Iqbal, Muhammad Maulana, Mutiara Rengganis AR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.