SOSIALISASI DAN EDUKASI PERBANKAN SYARIAH DI SMKN 02 TELUK KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

PKM

  • Dian Meliza
  • Alek Saputra
  • Fitrianto Fitrianto
  • Meri Yuliani
  • Redian Mulyadita
Keywords: Sosialisasi, Edukasi, Perbankan Syariah

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Kuantan Singingi merupakan kegiatan implementasi nyata hasil IPTEK rintisan sivitas akademika Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Kuantan Singingi yang diselenggarakan oleh sivitas akademika Universitas Islam Kuantan Singingi untuk masyarakat, dengan judul “SOSIALISASI DAN EDUKASI PERBANKAN SYARIAH DI SMKN 02 TELUK KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI ” dan telah dilaksanakan pada Desember, Tangggal 21 Desember 2018 berbentuk Komunikasi Dialougis yang sasarannya Siswa SMKN 02 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi, sedangkan sifat kegiatan ini bersifat Perinstis dengan hasil Sangat Baik karena terjalin komunikasi dua arah antara Tim Pengabdian Kepada Masyrakat dan SMKN 02 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini di danai oleh DIPA UNIKS Pelaksanaan program dilakukan secara kelompok unit-unit resmi yang ada di Universitas Islam Kuantan Singingi atas koordinasi LPPM UNIKS. Pendanaan proposal diawali dengan proses seleksi proposal yang diajukan pada LPPM UNIKS. Kriteria seleksi proposal terutama didasarkan atas luasnya kemanfaatan program bagi masyarakat. Keluaran daripada pengabdian kepada masayarakat harus berdampak nyata dapat memecahkan permasalahan yang terdapat pada khalayak sasaran hidup. Keluaran yang diharapkan dari program pengabdian kepada masyarakat diantaranya : Pengetahuan Siswa, Terbukanya Lapangan Kerja dan penanaman jiwa Insani dengan baik dan berdaya saing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuana pengabdian.v1i1.581.
Arifin, A., & Khotimah, H. (2014). Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Memilih Bank Syariah di Surakarta.
Bawono, Anton. 2006. Multivariate Analysis dengan SPSS. Salatiga: STAIN Salatiga Press.
Darmadiansyah, D., Rahmawati, E., & Hidayati, N. (2019). Pengaruh Karakteristik Nasabah, Pengetahuan Nasabah, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Pada Bank Kalsel Syariah Banjarmasin). Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 8(1), 30-40.
Gunawan, A., Koto, M., Fadly, B., & Hafiz, M. S. (2022). Edukasi Literasi Keuangan Syariah Bagi Warga Muhammadiyah Kota Medan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 55-62
Hamonangan, F. I., Pradhanawati, A., & Prabawani, B. (2017). Pengaruh Lokasi, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Jasa Laundry (Study Kasus Pada Konsumen Simply Fresh Laundry di Tembalang, Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 483-493.
Hayat, A. W. M. (2012). Pengaruh lokasi dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada distro ouval research di Buah Batu Bandung. Jurnal UNIKOM, 1(1).
Izzah, N. (2021). Edukasi untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah di Desa Huta Raja, Kabupaten Mandailing Natal. Community Empowerment, 6(3), 456-463. https://doi.org/10.31603/ ce.4453.
Jalaludin, A. (2015). Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Wadiah. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 2(1), 95-100.
Kurniawan, H. D. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(4), 73-82.
Mandey, J.M. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).
Rizky, M.F. & Yasin, Hanafi (2014). Pengaruh promosi dan harga terhadap minat beli perumahan obama PT. Nailah Adi Kurnia SEI Mencirim Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 14(2).
Romdhoni, A. H. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136-147.
Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metode Penelitian: Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Tyas, R. R., & Setiawan, A. (2012). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung di BMT Sumber Mulia Tuntang. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(2), 277-297.
Winanti, W., Bahri, S., Nurbaeti, A., & Novita, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Amanah Di BMT Purwakarta Amanah Sejahtera. EKSISBANK (Ekonomi Syariah Dan Bisnis Perbankan), 5(2), 273-298.
Wigati, S. (2011). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Maliyah: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 1(1).
Published
2023-06-30
How to Cite
Meliza, D., Saputra, A., Fitrianto, F., Yuliani, M., & Mulyadita, R. (2023). SOSIALISASI DAN EDUKASI PERBANKAN SYARIAH DI SMKN 02 TELUK KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI: PKM. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 117 - 127. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v3i1.3150
Abstract viewed = 191 times
PDF downloaded = 107 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>