PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PRODUK LOKAL RUMAH TANGGA BAGI SISWA SMP

  • Maria Yuliana Kua STKIP Citra Bakti
  • Fransiskus Xaverius Dolo STKIP Citra Bakti
  • Afrianus Gelu STKIP Citra Bakti
  • Josep Marsianus Rewo STKIP Citra Bakti
  • Gervarsia Virjinlia Anita Dhena STKIP Citra Bakti
  • Theresia Mogi STKIP Citra Bakti
Keywords: Media Pembelajaran, Produk Rumah Tangga, Produk Lokal

Abstract

Telah dilakukan identifikasi masalah pada beberapa SMP di kabupaten Ngada terkait dengan pelaksanaan pembelajaran IPA. Permasalahan yang teridentifikasi yaitu masih minimn ya penggunaan media dalam pembelajaran IPA di sekolah serta kesulitan guru dalam memperoleh media tersebut. Berdasarkan uraian identifikasi di atas, dilakukan upaya pemecahan masalah melalui pendampingan penggunaan media pembelajaran IPA berbasis produk lokal rumah tangga. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih berarti dan   kontekstual bagi siswa. Selain itu, untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menggunakan media pembelajaran yang tersedia di sekitar mereka yang dapat ditemukan dengan mudah. Mitra kegiatan ini yaitu guru dan siswa SMP di kabupaten Ngada yaitu SMPN 1 Bajawa, SMPN 2 Bajawa, SMP Soegijapranata Mataloko, SMPN 1 Golewa, SMPN 4 Golewa, dan SMP Citra Bakti. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berupa pendampingan dengan tahapan 1) Persiapan, 2) Pengembangan materi pembelajaran, 3) Pengenalan dan demonstrasi langsung, 4) Proyek kolaboratif, dan 5) Evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan rata-rata skor pretest sebesar 65% menjadi 82% pada posttest, dengan peningkatan sebesar 17%. Angket kepuasan yang diberikan kepada siswa dan guru menunjukkan bahwa 91% siswa merasa lebih tertarik mempelajari IPA, dan 95% guru merasa terbantu dengan metode pembelajaran ini. Program ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran kontekstual yang dapat diterapkan di sekolah lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrah, A. R., & Dewi, N. I. (2022). Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 55-63

Akhmad, N. A., Samsi, A. N., Ahmad, F., Nur, S., Syarif, St. H., & Rusmidin. (2022). Pelatihan Praktikum IPA Berbahan Lingkungan sekitar pada Guru IPA SMP Kabupaten Maros. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(11). http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI diakses 28 Oktober 2024

Azmi, I., Asy’ari, M., Prayogi, S., Hunaepi, H., Firdaus, L., Rahmawati, H., & Sukarma, I. K. (2024). Pengembangan Keterampilan Praktis Mahasiswa melalui Program Pelatihan Alat Peraga Laboratorium IPA. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 374–386. https://doi.org/10.36312/linov.v9i2.2024

Dolo, F. X., & Prodjosantoso, A. K. (2022). Efektivitas Multimedia IPA berbasis Kearifan Lokal Keris (M-Keris) terhadap Pemahaman Konsep Siswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 11(2), 302–307. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i2.22654

Fitriana, D., & Subali, B. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 140-151

Kua, M. Y., Dolo, F. X., Dinatha, N. M., Suparmi, N. W., Gelu, A., Pare, P. Y. D., Mo’i, M. G. R., Bhala, M. R., Wele, M. A., & Meo, K. (2024). Pendampingan Guru IPA SMP dalam Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(1), 73–84. https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i1.2934

Kua, M. Y., Suparmi, N. W., & Laksana, D. N. L. (2021). Virtual Physics Laboratory with Real World Problem Based on Ngada Local Wisdom in Basic Physics Practicum. Journal of Education Technology, 5(4), 520–530. https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.4

Masturoh, R. D., Sudarmi, M., & Noviandini, D. (2019). Barang Bekas di Sekitarku (BARBEKU) Sebagai Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Pemahaman Hukum III Newton. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.24246/juses.v2i1p16-25

Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3). https://doi.org/doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.69

Ngazizah, N., Hidayati, D. N., & Falah, T. N. (2023). Pendampingan Implementasi Media Pempelajaran IPA Inovatif Untuk Pembelajaran Bermakna. Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(5), 2986–7002. https://doi.org/10.5281/zenodo.8232158

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3). https://doi.org/doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Nonggi, F., Kua, M. Y., & Laksana, D. N. L. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Dengan Real World Problem Berbasis Kearifan Lokal Ngada Untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Citra Pendidikan, 1. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/index diakses 28 Oktober 2024

Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA. Journal of Educational Studies, 4(2).

Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. JPPIPAI: Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia, 1(2). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JPPIPAI/article/view/24502/15620 diakses 28 Oktober 2024

Sukamti, & Utari, E. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dari Barang Bekas. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Suryani, L., & Widodo, A. (2021). Pemanfaatan Produk Lokal dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA (JIPI), 5(1), 45-56

Yulianti, E., & Andriyanto, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang IPA Terpadu Untuk Siswa Kelas VII SMPN 56 Merangin. BIODIK, 7(2), 153–162. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.10971

Wahyudi, I. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPA Berbasis Produk Lokal dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA,

(2), 78-89

Published
2024-12-01
How to Cite
Kua, M. Y., Dolo, F. X., Gelu, A., Rewo, J. M., Dhena, G. V. A., & Mogi, T. (2024). PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PRODUK LOKAL RUMAH TANGGA BAGI SISWA SMP. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 45 - 56. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3877
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times