PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PRODUK LOKAL RUMAH TANGGA BAGI SISWA SMP
Abstract
Telah dilakukan identifikasi masalah pada beberapa SMP di kabupaten Ngada terkait dengan pelaksanaan pembelajaran IPA. Permasalahan yang teridentifikasi yaitu masih minimn ya penggunaan media dalam pembelajaran IPA di sekolah serta kesulitan guru dalam memperoleh media tersebut. Berdasarkan uraian identifikasi di atas, dilakukan upaya pemecahan masalah melalui pendampingan penggunaan media pembelajaran IPA berbasis produk lokal rumah tangga. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih berarti dan kontekstual bagi siswa. Selain itu, untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menggunakan media pembelajaran yang tersedia di sekitar mereka yang dapat ditemukan dengan mudah. Mitra kegiatan ini yaitu guru dan siswa SMP di kabupaten Ngada yaitu SMPN 1 Bajawa, SMPN 2 Bajawa, SMP Soegijapranata Mataloko, SMPN 1 Golewa, SMPN 4 Golewa, dan SMP Citra Bakti. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berupa pendampingan dengan tahapan 1) Persiapan, 2) Pengembangan materi pembelajaran, 3) Pengenalan dan demonstrasi langsung, 4) Proyek kolaboratif, dan 5) Evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan rata-rata skor pretest sebesar 65% menjadi 82% pada posttest, dengan peningkatan sebesar 17%. Angket kepuasan yang diberikan kepada siswa dan guru menunjukkan bahwa 91% siswa merasa lebih tertarik mempelajari IPA, dan 95% guru merasa terbantu dengan metode pembelajaran ini. Program ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran kontekstual yang dapat diterapkan di sekolah lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.
Downloads
References
Anugrah, A. R., & Dewi, N. I. (2022). Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 55-63
Akhmad, N. A., Samsi, A. N., Ahmad, F., Nur, S., Syarif, St. H., & Rusmidin. (2022). Pelatihan Praktikum IPA Berbahan Lingkungan sekitar pada Guru IPA SMP Kabupaten Maros. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(11). http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI diakses 28 Oktober 2024
Azmi, I., Asy’ari, M., Prayogi, S., Hunaepi, H., Firdaus, L., Rahmawati, H., & Sukarma, I. K. (2024). Pengembangan Keterampilan Praktis Mahasiswa melalui Program Pelatihan Alat Peraga Laboratorium IPA. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 374–386. https://doi.org/10.36312/linov.v9i2.2024
Dolo, F. X., & Prodjosantoso, A. K. (2022). Efektivitas Multimedia IPA berbasis Kearifan Lokal Keris (M-Keris) terhadap Pemahaman Konsep Siswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 11(2), 302–307. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i2.22654
Fitriana, D., & Subali, B. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 140-151
Kua, M. Y., Dolo, F. X., Dinatha, N. M., Suparmi, N. W., Gelu, A., Pare, P. Y. D., Mo’i, M. G. R., Bhala, M. R., Wele, M. A., & Meo, K. (2024). Pendampingan Guru IPA SMP dalam Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(1), 73–84. https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i1.2934
Kua, M. Y., Suparmi, N. W., & Laksana, D. N. L. (2021). Virtual Physics Laboratory with Real World Problem Based on Ngada Local Wisdom in Basic Physics Practicum. Journal of Education Technology, 5(4), 520–530. https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.4
Masturoh, R. D., Sudarmi, M., & Noviandini, D. (2019). Barang Bekas di Sekitarku (BARBEKU) Sebagai Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Pemahaman Hukum III Newton. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.24246/juses.v2i1p16-25
Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3). https://doi.org/doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.69
Ngazizah, N., Hidayati, D. N., & Falah, T. N. (2023). Pendampingan Implementasi Media Pempelajaran IPA Inovatif Untuk Pembelajaran Bermakna. Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(5), 2986–7002. https://doi.org/10.5281/zenodo.8232158
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3). https://doi.org/doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230
Nonggi, F., Kua, M. Y., & Laksana, D. N. L. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Dengan Real World Problem Berbasis Kearifan Lokal Ngada Untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Citra Pendidikan, 1. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/index diakses 28 Oktober 2024
Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA. Journal of Educational Studies, 4(2).
Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. JPPIPAI: Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia, 1(2). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JPPIPAI/article/view/24502/15620 diakses 28 Oktober 2024
Sukamti, & Utari, E. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dari Barang Bekas. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Suryani, L., & Widodo, A. (2021). Pemanfaatan Produk Lokal dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA (JIPI), 5(1), 45-56
Yulianti, E., & Andriyanto, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang IPA Terpadu Untuk Siswa Kelas VII SMPN 56 Merangin. BIODIK, 7(2), 153–162. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.10971
Wahyudi, I. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPA Berbasis Produk Lokal dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA,
(2), 78-89
Copyright (c) 2024 Maria Yuliana Kua, Fransiskus Xaverius Dolo, Afrianus Gelu, Josep Marsianus Rewo, Gervarsia Virjinlia Anita Dhena, Theresia Mogi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.