PENDAMPINGAN GURU MENGENAI KURIKULUM ANTI KEKERASAN SEKSUAL ANAK DI KOTA SEMARANG

  • Ellya Rakhmawati Universitas PGRI Semarang
  • Desi Maulia Universitas PGRI Semarang
  • Dini Rakhmawati Universitas PGRI Semarang
  • Yovitha Yuliejantiningsih Universitas PGRI Semarang
Keywords: Guru, Kurikulum, Kekerasan Seksual, Anak

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PKM) untuk meningkatkan pengetahuan guru di HIMPAUDI terkait prevensi kekerasan seksual anak (KSA) melalui pelatihan, memperoleh dukungan orang tua dalam menerapkan pendidikan seksualitas sebagai prevensi KSA, meningkatkan keterampilan pemanfaatan IPTEKS dalam kurikulum anti kekerasan seksual (KAKS) melalui penerapan Seri Animasi Miko Mila dan Buku Komik Berseri tentang Organ Reproduksi, dan mendampingi guru dalam menyusun kurikulum KAKS. PKM menggunakan pendekatan pembangunan komunitas berfokus pada pengembangan komunitas. PKM melibatkan HIMPAUDI Kota Semarang sebagai subjek dan obyek melibatkan partisipan dalam kegiatan PKM untuk meningkatkan perannya dalam pengembangan kelompok. PKM dilaksanakan 6 bulan. Tim PKM memberikan materi pendidikan seksual berupa pencegahan KSA di sekolah, penanganan KSA di sekolah dan masyarakat, serta pelaporan pengaduan KSA di sekolah dan masyarakat. Hasil PKM diperoleh bahwa terdapat 7-8 partisipan guru memilih netral dan satu partisipan tidak setuju dengan indikator pendampingan KAKS. Keempat indikator tersebut memerlukan perhatian lebih dari tim pendamping KAKS. Misalnya, guru memerlukan peningkatan pengetahuan tentang evaluasi dan cara melakukan evaluasi KAKS. Pada indikator elaborasi materi KAKS, terdapat satu partisipan (TA) yang belum mengetahui dan mampu mempraktikan cara elaborasi materi. Maka, perlu perbaikan dalam pendampingan KAKS terutama evaluasi, elaborasi materi, dan tindak lanjut dari KAKS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.J. Pauweni, A., Loni, A., & R. Yakob, R. (2022a). Peran Orang Tua Dalam Pengenalan Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.37411/jecej.v4i2.1241

A.J. Pauweni, A., Loni, A., & R. Yakob, R. (2022b). Peran Orang Tua Dalam Pengenalan Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 4(2), 157–171. https://doi.org/10.37411/jecej.v4i2.1241

Dewanto, F. M., Maulia, D., & Rakhmawati, D. (2022). Developing a Prototype of Mobile-Based Miko and Mila Animation Series Application Using the ADDIE Method. KnE Social Sciences, 162–170. https://doi.org/10.18502/kss.v7i14.11964

Fitriana, S., Rakhmawati, E., & Kusdaryani, W. (2024a). Persepsi Guru Muslim dan Materi Pendidikan Seksual di Raudhatul Athfal. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 12(1), 45–54. https://doi.org/10.29210/199400

Fitriana, S., Rakhmawati, E., & Kusdaryani, W. (2024b). Teachers’ Perception: Self-Protection in Children as a Prevention Against Sexual Violence. KnE Social Sciences, 2024(April 2023), 667–681. https://doi.org/10.18502/kss.v9i6.15320

Handayani, A., Widodo, S., & Maulia, D. (2017). Mapping the Susceptible Areas from Violence Against Women and Children. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 23(9), 12. https://doi.org/10.7748/nm.23.9.12.s14

Maulia, D., Rakhmawati, D., & Dewanto, F. M. (2021). Kontribusi Guru Pada Pendidikan Seksualitas Anak Usia Dini. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 13(2), 235–246. https://doi.org/10.15294/intuisi.v13i2.31846

Maulia, D., Rakhmawati, D., & Murti Dewanto, F. (2020). Sexuality Education in Early Childhood Through Animation. Proceedings of the the 3rd International Conference on Education & Social Science Research (ICESRE) 2020, November, 1–17. https://doi.org/10.2139/ssrn.3865839

Maulia, D., Rakhmawati, D., & Yuliejatiningsih, Y. (2018). Counselor Challenges on the Prevention of Early Childhood Sexual Violence. International Seminar Guidance and Counseling, 1(1), 1–10. https://eprints.upgris.ac.id/173/

Nurnaningsih. (2020). Patriarchal Culture, Sexual Violence, and Legal Protection for Women in Indonesia. Veteran Law Review, 6(1), 74–88. https://doi.org/10.35586/velrev.v6iSpecialIssues.5758

Putri, A. (2016). Understanding Child Sexual Abuse in the Religious Contexts in Indonesia through a Lived Experience. Salasika (Indonesian Journal of Gender, Women, Child, and Social Inclusion’s Studies), 5(1), 1–23. https://doi.org/10.36625/sj.v5i1.88

Rakhmawati, D., Maulia, D., Widiharto, C. A., & Widodo, S. (2019). The Effect of Sexual Violence on Children. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 462(5), 311–314. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200814.069

Rakhmawati, D., Maulia, D., & Yuliejatiningsih, Y. (2020). Upaya Mencegah Kekerasan Seksual Melalui Pendidikan Keluarga Pada Program Bina Keluarga Balita. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 4(1), 103–118. https://doi.org/10.30598/jbkt.v4i1.699

Rakhmawati, D., Yuliejatiningsih, Y., & Maulia, D. (2017). Pengetahuan dan Sikap Ibu Terhadap Kekerasan Seksual Pada Anak. Empati: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 71–77. https://doi.org/10.26877/empati.v4i2.2054

Rakhmawati, E. (2023). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini (M. P. Dr. Muhammad Prayito (ed.); Issue september 2016). Potlot Publisher. https://terbitan.potlot.id/index.php/buku/article/view/42

Rakhmawati, E., Fitriana, S., & Kusdaryani, W. (2024). Importance of Lift-the-Flap Book Development as a Learning Medium for Culture-Based Self-Protection. Hong Kong Journal of Social Sciences, 62, 545–556. https://doi.org/10.55463/hkjss.issn.1021-3619.62.51

Rakhmawati, E., Yuliejatiningsih, Y., & Rakhmawati, D. (2024a). Sexual Psychoeducation of Pre-School Children: Teachers’ Strategies and Barriers in Teaching Self-Protection. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 6(1). https://doi.org/10.51214/00202406839000

Rakhmawati, E., Yuliejatiningsih, Y., & Rakhmawati, D. (2024b). Sexual Psychoeducation of Pre-School Children: Teachers’ Strategies and Barriers in Teaching Self-Protection. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.51214/00202406839000

Rudolph, J., & Zimmer-Gembeck, M. J. (2018). Parents as Protectors: A Qualitative Study of Parents’ Views on Child Sexual Abuse Prevention. Child Abuse and Neglect, 85(Nov), 28–38. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2018.08.016

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suwarni, L. (2020). Influential Factors in The Law Enforcement Process of Sexual Violence Cases in Children in The City of Semarang. Soepra Jurnal Hukum Kesehatan, 6(2), 220–231. https://doi.org/10.24167/shk.v6i2.2912

Ulina Fatmawati, D., Syamsulhuda, & Kusumawati, A. (2018). Persepsi Kerentanan dan Hambatan Ibu terhadap Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini (4-6 tahun). Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(4).

Yuliejantiningsih, Y., Rakhmawati, D., & Maulia, D. (2019). The Optimalization of Toddler Family Guidance (BKB) in Preventing Child Sexual Abuse. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 49–56. https://doi.org/10.24127/gdn.v9i2.1609

Published
2024-12-01
How to Cite
Rakhmawati, E., Maulia, D., Rakhmawati, D., & Yuliejantiningsih, Y. (2024). PENDAMPINGAN GURU MENGENAI KURIKULUM ANTI KEKERASAN SEKSUAL ANAK DI KOTA SEMARANG. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 57 - 66. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3879
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times