EDUKASI KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN POSTER DI SDN KOMODO INERIE LASIANA
Abstract
Edukasi kebersihan pada siswa merupakan aspek penting dalam menciptakan generasi yang sehat dan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Edukasi kebersihan pada siswa harus dilakukan secara komprehensif dan berkelanjutan, dengan melibatkan berbagai metode dan media untuk mencapai hasil yang optimal. Edukasi kebersihan melalui media poster merupakan salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya lingkungan yang bersih. Edukasi kebersihan lingkungan dapat dilakukan sejak jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) untukm membentuk karakter siswa. Selain itu, tujuan edukasi kebersihan lingkungan untuk membentuk kesadaran terhadap kepedulian lingkungan sekitar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada 20 Novemnber 2024 di SD Negeri Inerie, Kecamatan Lasiana, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan edukasi kebersihan lingkungan dilakukan melalui poster dengan metode ceramah dan tanya jawab dengan peserta didik.
Downloads
References
Arini, D., Ernawati, D., Hayudanti, D., Alristina, AD., 2022. Impact of Socioeconomic Change and Hygiene Sanitation During Pandemic COVID-19 Towards Stunting. International Journal of Public Health Science (IJPHS). 11(4): 1382-1390. DOI: 10.11591/ijphs.v11i4.21602/.
Asokan, A. (2023). Improving Form One Student’s Listening Skill Using Edgar Dale’s Cone of Experience. Journal of Valartamil, 4(2), 1-5.
Federova, SL., Fahrizal, MA., Mustika, SA., Aziz, MRA., Firdaus, VT., Herlambang, DR., Sales, M., Azizah, NN., Salsabila, IR., Purbianita, S., Amaliyah. 2023. Indonesia Berdaya. 4 (3): 837-848.
Ikasari, FS. dan Angganam R. 2020. Pengetahuan Anak Usia Sekolah Tentang Cuci Tangan yang Benar di Kecamatan Martapura. Jurnal Perawat Indonesia. 4 (1): 75-86.
Sani, R.A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sari dan Anggoro. 2020. Edukasi Dampak Pengelolaan Sampah Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Jurnal Peduli Masyarakat. 2 (2): 41-48. http://dx.doi.org/10.37287/jpm.v2i2.91
Sumianto, S., Admoko, A., & Dewi, R. S. I. (2024). Pembelajaran Sosial-Kognitif di Sekolah Dasar: Implementasi Teori Albert Bandura. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 102-109.
Zaenuri, Sudarmin, Utomo, Y. dan Juul, E. 2017. Habituation Model of Implementing Environmental Education in Elementary School. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 6 (2): 206-212.
Copyright (c) 2024 Sukmawati, Erry Ersani, Dewi Elfrida Sihombing, I Kadek Yoga Kertiyasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.