PELATIHAN PEMBUATAN APLIKASI BERBASIS ANDROID TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA GURU DI SMAN 1 MANADO
Abstract
Pelatihan pembuatan aplikasi berbasis Android yang terintegrasi dengan model pembelajaran berbasis inkuiri di SMAN 1 Manado merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung pembelajaran abad ke-21. Pelatihan ini mencakup pengenalan teori pengembangan aplikasi Android, prinsip-prinsip pembelajaran berbasis inkuiri, serta strategi integrasi keduanya dalam pembelajaran. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta, yaitu guru-guru di SMAN 1 Manado, mampu memahami teori dan merancang aplikasi sederhana yang relevan dengan kebutuhan pembelajaran. Integrasi antara teknologi Android dan model pembelajaran berbasis inkuiri terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, menarik, dan bermakna. Refleksi peserta mengungkapkan apresiasi terhadap pelatihan ini, yang dinilai memberikan wawasan baru serta keterampilan yang aplikatif. Dengan pendampingan berkelanjutan, pelatihan ini diharapkan menjadi langkah awal dalam mendorong inovasi pembelajaran berbasis teknologi di sekolah, sekaligus menjadi model bagi pengembangan pendidikan di era digital.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Pongpalilu et al, (2023). Perkembangan Peserta Didik: Teori & Konsep Perkembangan Peserta Didik Era Society 5.0. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ramli, Akhmad, Rahmadani Putri, Eliza Trimadona, Ayuliamita Abadi, Yolla Ramadani, Andi Muh Akbar Saputra, Pebrina Pirmani, Nurhasanah Nurhasanah, Iin Nirwana, and Khotimah Mahmudah. (2023). Landasan Pendidikan: Teori Dan Konsep Dasar Landasan Pendidikan Era Industri 4.0 Dan Society 5.0 Di Indonesia. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., ... & Hamsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Valtonen, T., Sointu, E., Kukkonen, J., Kontkanen, S., Lambert, M. C., & Mäkitalo-Siegl, K. (2017).TPACK updated to measure pre-service teachers’ twenty-first century skills,” Australasian Journal of Educational Technology, vol. 33, no. 3, pp. 15–31.
Rosenberg, J. M., & Koehler, M. J. (2015) . Context and Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): A Systematic Review. Journal of Research on Technology in Education, vol. 47, no. 3, pp. 186–210.
Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, vol. 9, pp. 60–70.
Huddin, M. W. H., & Lutfi, A. (2020). Permainan Hydrocarbon Adventures Sebagai Media Pembelajaran Senyawa Hidrokarbon. UNESA Journal of Chemical Education , vol. 9, no. 1, pp. 43–52.
Smith, S. J., Clark, J. M., & DeSimone, J. M. (2019). The Effectiveness Of Media-Based Learning: A Meta-Analysis. Review of Educational Research, vol. 89, no. 4, pp. 771–816.
Khoironi, R., Priatmoko, S., & Prasetya, A. T. (2023). The Effectiveness of Android-Based Media in Chemistry Learning to Improve Chemistry Literacy and Learning Motivation. International Journal of Active Learning, vol. 8, no. 1, pp. 10–20.
Aminatun, T., Subali, B., Prihartina, I., Masing, F. A., Dwiyani, A., Nindiasari, T.,Sidiq, A., & Luthfi, M. (2016). Pengembangan E-Module Berbasis Android Mobile Materi Ekosistem Lokal Nusa Tenggara untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa SMA. Snps 2016, 223–230.
Akbar, J. S., & Djakariah, D. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Pendekatan Inkuiri Untuk Menguatkan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Calon Guru. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, vol. 5, no. 1, pp. 46–53.
Kurniawan et al., (2023). Teknik Penulisan Karya Ilmiah: Cara Membuat Karya Ilmiah Yang Baik Dan Benar. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
Linda, R. (2024). Development of Interactive Multimedia Based on Android Integrated Problem Based Learning (PBL) to Improve Students’s Mastery of Concepts. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, vol. 8, no.1, pp. 79-91.
Andi, H. J., Masluhah, L. D., Suprianto, S., & Umamah, C. (2023). Effectiveness Of Android-Based Learning Media With Guided Inquiry Learning Models On Science Process Skills. Jurnal Eduscience, 10(2), 595-605.
Muzayyanna Zatulifa, M. Z., Riswandi, R., Fitriawan, H., & Akla, A. (2018). Application Based Android as A Development Of English Learning Media. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), vol.8, no.4, pp. 66-72.
Copyright (c) 2024 Desire Atna Sridanty Rumondor, Jakub Saddam akbar, Dian Herlinda Octorina Howan, Chaleb Paul Maanari, Djakariah Djakariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.