PENDAMPINGAN UMKM DALAM PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING BERBASIS SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) DI DESA KEMIRI KABUPATEN PASURUAN

  • Muhammad Haqqi Andika Syari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Salsabila Arysca Dara Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sri Tjondro Winarno Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Digital marketing, SEO, Pengabdian masyarakat

Abstract

Pemanfaatan media internet atau digital yang berkembang pesat saat ini terutama dalam segi memasarkan suatu produk atau jasa dinamakan sebagai digital marketing. Para pelaku UMKM di Desa Kemiri menghadapi masalah terbatasnya akses ke pasar. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan pengabdian mengenai strategi digital marketing maka dapat memberikan peluang terhadap bagi pelaku UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode dengan melakukan survei secara langsung dan diskusi pada pelaku UMKM, lalu metode pemecahan masalah yang dilakukan yaitu sosialisasi mengenai digital marketing, praktik secara langsung, dan kegiatan pendampingan pelaku UMKM. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menghasilkan pemahaman yang lebih baik bagi pelaku UMKM tentang digital marketing dan kemampuan untuk menerapkan teknik SEO, menggunakan aplikasi Google Keyword Planner dan Google My Business, sehingga mereka dapat memperluas pasar dan meningkatkan daya saing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djakasaputra, A., Pramezwary, A., & Hutahaean, J. (2020). Marketing Strategy in Digital Era. Penerbit NEM

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76

Jatmoko, D., Basuki, B., Purwanto, J., Hidayati, N., Isbakhi, A. F., & Primartadi, A. (2023). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Di Desa Kemiri Kidul. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(4), 175–183

Lestari, P., & Wahyudin, A. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Digitalisasi Penyiaran Di LPP TVRI Stasiun Jakarta. Jurnal Heritage, 7(2), 80–101

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53

Putri, S. E., & Prabowo, B. (2023). Penerapan Search Engine Optimization (SEO) Pada Strategi Digital Marketing UMKM. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 123–131

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2021). Penggunaan Digital Marketing Untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47

Tande, D. (2018). Digital Marketing. UNITOMO PRES

Published
2024-12-13
How to Cite
Andika Syari, M. H., Dara, S. A., & Winarno, S. T. (2024). PENDAMPINGAN UMKM DALAM PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING BERBASIS SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) DI DESA KEMIRI KABUPATEN PASURUAN . BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 145 - 152. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3919
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times