PENDAMPINGAN UMKM DALAM PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING BERBASIS SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) DI DESA KEMIRI KABUPATEN PASURUAN
Abstract
Pemanfaatan media internet atau digital yang berkembang pesat saat ini terutama dalam segi memasarkan suatu produk atau jasa dinamakan sebagai digital marketing. Para pelaku UMKM di Desa Kemiri menghadapi masalah terbatasnya akses ke pasar. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan pengabdian mengenai strategi digital marketing maka dapat memberikan peluang terhadap bagi pelaku UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode dengan melakukan survei secara langsung dan diskusi pada pelaku UMKM, lalu metode pemecahan masalah yang dilakukan yaitu sosialisasi mengenai digital marketing, praktik secara langsung, dan kegiatan pendampingan pelaku UMKM. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menghasilkan pemahaman yang lebih baik bagi pelaku UMKM tentang digital marketing dan kemampuan untuk menerapkan teknik SEO, menggunakan aplikasi Google Keyword Planner dan Google My Business, sehingga mereka dapat memperluas pasar dan meningkatkan daya saing.
Downloads
References
Djakasaputra, A., Pramezwary, A., & Hutahaean, J. (2020). Marketing Strategy in Digital Era. Penerbit NEM
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76
Jatmoko, D., Basuki, B., Purwanto, J., Hidayati, N., Isbakhi, A. F., & Primartadi, A. (2023). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Di Desa Kemiri Kidul. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(4), 175–183
Lestari, P., & Wahyudin, A. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Digitalisasi Penyiaran Di LPP TVRI Stasiun Jakarta. Jurnal Heritage, 7(2), 80–101
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53
Putri, S. E., & Prabowo, B. (2023). Penerapan Search Engine Optimization (SEO) Pada Strategi Digital Marketing UMKM. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 123–131
Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2021). Penggunaan Digital Marketing Untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47
Tande, D. (2018). Digital Marketing. UNITOMO PRES
Copyright (c) 2024 Muhammad Haqqi Andika Syari, Salsabila Arysca Dara, Sri Tjondro Winarno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.