IMPLEMENTASI PERMAINAN JUMBLE WORDS UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR

  • Rasmita Rasmita Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Desi Andriani Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Rosi Kumala Sari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
Keywords: Bahasa Inggris, Kosakata, Siswa, Media, Game, Jumble Words

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah salah satu bentuk Tridharma Perguruan Tinggi. PKM ini bersifat sosialisasi dan edukasi di salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kota Padang, SDN 02 Lubuk Buaya Kota Padang yang berlokasi di Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Kegiatan ini diusulkan untuk mengedukasikan dan meningkatkan kosakata Bahasa inggris siswa. Dalam kegiatan ini, fokus pada sosialisasi dan edukasi untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar,karena kebanyakan siswa berasumsi bahwa bahasa inggris adalah pelajaran yang sulit. Sehingga mereka mempunyai kemampuan dan jumlah kosakata Bahasa inggris yang sedikit. Dengan sedikitnya kosakata yang mereka miliki membuat mereka susah menguasai semua keahlian Bahasa inggris. Seperti keahlian atau kemampuan dalam berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis dalam Bahasa inggris.Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini dirancang untuk membantu siswa  sekolah dasar memahami bahwa bahasa Inggris tidaklah sesulit yang mereka bayangkan. Melalui pendekatan interaktif dan menyenangkan, sehingga memberikan dampak positif terhadap persepsi dan kemampuan bahasa Inggris siswa. Upaya ini diharapkan tidak hanya dapat meningkatkan jumlah kosakata mereka, tetapi juga membangun kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa Inggris sehari-hari. Dengan demikian, siswa di SDN 02 Lubuk Buaya dapat lebih siap menghadapi tantangan dalam belajar bahasa Inggris dan mengembangkan keterampilan bahasa mereka secara lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiani, R., Nemi, N., & Wahdah, N. 2023, Upaya Memperkenalkan Kosa Kata Bahasa Inggris di SDN Sakakajang, Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, https://doi.org/10.47647/alghafur.v2i2.965

Al-Mahrooqi, R., Roscoe, R., & Al-Balushi, S. 2020, The Impact of Game-Based Learning on Improving Vocabulary Acquisition. International Journal of Instruction, 13(1), 245-264. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13116a

Antiyanni, & Widyantoro, A. (2024). Improving Students Interest in Learning Simple Present Tense By Using Jumble Words Media At The Eight Graders Of MTs Ar Risalah Kepil Wonosobo. ARSEN : Jurnal Penelitian Pendidikan.

https://doi.org/10.30822/arsen.v2i1.3495

Fadli, M.R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21, 33-54. 10.21831/hum.v21i1.38075

Hasnani, S., & Uleng, B.P. 2022, Pendampingan Siswa Dalam Melatih Kemampuan Bahasa Inggris Berbasis Language Focused Learning Di SMA Negeri 13 Makassar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri,

https://doi.org/10.35326/pkm.v6i1.2109

Rahman, M. M., Rahman, M. A., & Rahman, M. S. 2021, The Role of Game-Based Learning in Vocabulary Development: A Study on Primary School Students. Journal of Language Teaching and Research, 12(2), 318-325, https://doi.org/10.17507/jltr.1202.12

Sari, G.N., & Fadli, M. (2019). Teaching Reading by Using Jumble Summary Strategy. Vivid: Journal of Language and Literature.https://doi.org/10.25077/vj.8.2.38-42.2019

Published
2024-12-18
How to Cite
Rasmita, R., Desi Andriani, & Rosi Kumala Sari. (2024). IMPLEMENTASI PERMAINAN JUMBLE WORDS UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 194 - 199. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3925
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times