IMPLEMENTASI PERMAINAN JUMBLE WORDS UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah salah satu bentuk Tridharma Perguruan Tinggi. PKM ini bersifat sosialisasi dan edukasi di salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kota Padang, SDN 02 Lubuk Buaya Kota Padang yang berlokasi di Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Kegiatan ini diusulkan untuk mengedukasikan dan meningkatkan kosakata Bahasa inggris siswa. Dalam kegiatan ini, fokus pada sosialisasi dan edukasi untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar,karena kebanyakan siswa berasumsi bahwa bahasa inggris adalah pelajaran yang sulit. Sehingga mereka mempunyai kemampuan dan jumlah kosakata Bahasa inggris yang sedikit. Dengan sedikitnya kosakata yang mereka miliki membuat mereka susah menguasai semua keahlian Bahasa inggris. Seperti keahlian atau kemampuan dalam berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis dalam Bahasa inggris.Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini dirancang untuk membantu siswa sekolah dasar memahami bahwa bahasa Inggris tidaklah sesulit yang mereka bayangkan. Melalui pendekatan interaktif dan menyenangkan, sehingga memberikan dampak positif terhadap persepsi dan kemampuan bahasa Inggris siswa. Upaya ini diharapkan tidak hanya dapat meningkatkan jumlah kosakata mereka, tetapi juga membangun kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa Inggris sehari-hari. Dengan demikian, siswa di SDN 02 Lubuk Buaya dapat lebih siap menghadapi tantangan dalam belajar bahasa Inggris dan mengembangkan keterampilan bahasa mereka secara lebih baik.
Downloads
References
Alfiani, R., Nemi, N., & Wahdah, N. 2023, Upaya Memperkenalkan Kosa Kata Bahasa Inggris di SDN Sakakajang, Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, https://doi.org/10.47647/alghafur.v2i2.965
Al-Mahrooqi, R., Roscoe, R., & Al-Balushi, S. 2020, The Impact of Game-Based Learning on Improving Vocabulary Acquisition. International Journal of Instruction, 13(1), 245-264. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13116a
Antiyanni, & Widyantoro, A. (2024). Improving Students Interest in Learning Simple Present Tense By Using Jumble Words Media At The Eight Graders Of MTs Ar Risalah Kepil Wonosobo. ARSEN : Jurnal Penelitian Pendidikan.
https://doi.org/10.30822/arsen.v2i1.3495
Fadli, M.R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21, 33-54. 10.21831/hum.v21i1.38075
Hasnani, S., & Uleng, B.P. 2022, Pendampingan Siswa Dalam Melatih Kemampuan Bahasa Inggris Berbasis Language Focused Learning Di SMA Negeri 13 Makassar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri,
https://doi.org/10.35326/pkm.v6i1.2109
Rahman, M. M., Rahman, M. A., & Rahman, M. S. 2021, The Role of Game-Based Learning in Vocabulary Development: A Study on Primary School Students. Journal of Language Teaching and Research, 12(2), 318-325, https://doi.org/10.17507/jltr.1202.12
Sari, G.N., & Fadli, M. (2019). Teaching Reading by Using Jumble Summary Strategy. Vivid: Journal of Language and Literature.https://doi.org/10.25077/vj.8.2.38-42.2019
Copyright (c) 2024 Rasmita Rasmita, Desi Andriani, Rosi Kumala Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.