KAMPUS MENGAJAR 2024: MEMBUDAYAKAN LITERASI, NUMERASI, DAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Program Kampus Mengajar Angkatan 7 merupakan bagian dari inisiatif Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dirancang untuk menyelesaikan berbagai permasalahan pendidikan di Indonesia, khususnya terkait rendahnya kemampuan literasi, numerasi, penguasaan teknologi. Topik ini dipilih karena tantangan pendidikan di Indonesia, terutama di tingkat sekolah dasar, membutuhkan intervensi nyata untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendukung pengembangan sumber daya manusia. Program ini melibatkan mahasiswa sebagai mitra guru yang bertugas untuk membantu proses pembelajaran di sekolah penugasan dengan fokus pada literasi, numerasi, adaptasi teknologi.
Metode pengabdian yang digunakan adalah kolaborasi langsung antara mahasiswa dan guru di berbagai sekolah dasar di seluruh Indonesia. Mahasiswa merancang dan melaksanakan program kerja yang inovatif untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, membantu sekolah mengadopsi teknologi.
Hasil dari program ini menunjukkan dampak positif yang signifikan, baik bagi siswa maupun sekolah. Kemampuan literasi dan numerasi siswa meningkat melalui pendekatan kreatif yang diterapkan mahasiswa. Selain itu, sekolah merasakan manfaat dari pengelolaan administrasi dan adaptasi teknologi yang lebih baik. Program ini juga memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa, meningkatkan keterampilan kepemimpinan, karakter, dan kemampuan interpersonal mereka.
Downloads
References
Andini, I. A. P., & Laili, M. (2024). Dinamika Pembelajaran Digital di SD Negeri Bluru Kidul 2: Kontribusi Program Kampus Mengajar. Merdeka Belajar Kampus Merdeka, 1(1). https://doi.org/10.55732/mbkm.v1i1.1156
Anjelika, R., Wulandari, T., Kholilah, S., & Tri Dharma, A. (2024). PERAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR VI TERHADAP PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SMK MANDIRI PALEMBANG. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v3i1.3616
Daliani, H. R., Putri, Y. M., Trinanda, L., & Tasti, Z. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 6 PADA PENINGKATAN LITERASI NUMERASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI SMP NEGERI 3 PRABUMULIH. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v3i1.3635
Kurniasari, S., Taib, R. H., Anggo, N. S., Hasani, S. N., Mursalin, M., Setiawan, D. G. E., & Habibi, M. A. A. (2024). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Upaya Meningkatkan Administrasi dan Adaptasi Teknologi. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1155
Mujahidah, N. C., Maryam, M., & Mukramin, S. (2024). Optimalisasi Peningkatan Literasi: Pemberdayaan Mahasiswa Kampus Mengajar sebagai Fasilitator Pengajaran di SMPN 42 Satap Kab. Maros. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i1.21915
Prayudi, A., Rianingsih, E., Wati, E. D. S., Juhaerini, J., Marlina, L., & Jumrianti, J. (2024). Program Kampus Mengajar Angkatan 6 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SDN Sarita Kabupaten Bima. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(3). https://doi.org/10.59837/g662tx25
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041
Sumani, S., Kadafi, A., Purnomosasi, L. K. D., & Prasasti, P. A. T. (2022). The Impact of “Kampus Mengajar MBKM Program” on Students’ Social Skills. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(3). https://doi.org/10.47750/pegegog.12.03.23
Widyasanti, A., Hamidah, H., Fadila, C., Ramadhanita, E. D., & Aryadila, F. (2024). Peningkatan Program Literasi dan Numerasi di SMP Plus Baiturahman Dalam Rangka Implementasi Program Kampus Mengajar MBKM. KAIBON ABHINAYA : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(1). https://doi.org/10.30656/ka.v6i1.6744
Copyright (c) 2024 Arief Rahman Yusuf, Angga Prasetyo, Akbar Junio Pranata Akbar Junio Pranata, Diva Sari Eka Putri, Zaidatul Chusnul Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.