KAMPUS MENGAJAR 2024: MEMBUDAYAKAN LITERASI, NUMERASI, DAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI SEKOLAH DASAR

  • Arief Rahman Yusuf Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Angga Prasetyo Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Akbar Junio Pranata Akbar Junio Pranata Universitas PGRI Madiun
  • Diva Sari Eka Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Zaidatul Chusnul Rahayu Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Literasi, Numerasi, Teknologi, Kolaborasi

Abstract

Program Kampus Mengajar Angkatan 7 merupakan bagian dari inisiatif Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dirancang untuk menyelesaikan berbagai permasalahan pendidikan di Indonesia, khususnya terkait rendahnya kemampuan literasi, numerasi, penguasaan teknologi. Topik ini dipilih karena tantangan pendidikan di Indonesia, terutama di tingkat sekolah dasar, membutuhkan intervensi nyata untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendukung pengembangan sumber daya manusia. Program ini melibatkan mahasiswa sebagai mitra guru yang bertugas untuk membantu proses pembelajaran di sekolah penugasan dengan fokus pada literasi, numerasi, adaptasi teknologi.

Metode pengabdian yang digunakan adalah kolaborasi langsung antara mahasiswa dan guru di berbagai sekolah dasar di seluruh Indonesia. Mahasiswa merancang dan melaksanakan program kerja yang inovatif untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, membantu sekolah mengadopsi teknologi.

Hasil dari program ini menunjukkan dampak positif yang signifikan, baik bagi siswa maupun sekolah. Kemampuan literasi dan numerasi siswa meningkat melalui pendekatan kreatif yang diterapkan mahasiswa. Selain itu, sekolah merasakan manfaat dari pengelolaan administrasi dan adaptasi teknologi yang lebih baik. Program ini juga memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa, meningkatkan keterampilan kepemimpinan, karakter, dan kemampuan interpersonal mereka. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, I. A. P., & Laili, M. (2024). Dinamika Pembelajaran Digital di SD Negeri Bluru Kidul 2: Kontribusi Program Kampus Mengajar. Merdeka Belajar Kampus Merdeka, 1(1). https://doi.org/10.55732/mbkm.v1i1.1156

Anjelika, R., Wulandari, T., Kholilah, S., & Tri Dharma, A. (2024). PERAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR VI TERHADAP PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SMK MANDIRI PALEMBANG. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v3i1.3616

Daliani, H. R., Putri, Y. M., Trinanda, L., & Tasti, Z. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 6 PADA PENINGKATAN LITERASI NUMERASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI SMP NEGERI 3 PRABUMULIH. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v3i1.3635

Kurniasari, S., Taib, R. H., Anggo, N. S., Hasani, S. N., Mursalin, M., Setiawan, D. G. E., & Habibi, M. A. A. (2024). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Upaya Meningkatkan Administrasi dan Adaptasi Teknologi. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1155

Mujahidah, N. C., Maryam, M., & Mukramin, S. (2024). Optimalisasi Peningkatan Literasi: Pemberdayaan Mahasiswa Kampus Mengajar sebagai Fasilitator Pengajaran di SMPN 42 Satap Kab. Maros. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i1.21915

Prayudi, A., Rianingsih, E., Wati, E. D. S., Juhaerini, J., Marlina, L., & Jumrianti, J. (2024). Program Kampus Mengajar Angkatan 6 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SDN Sarita Kabupaten Bima. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(3). https://doi.org/10.59837/g662tx25

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Sumani, S., Kadafi, A., Purnomosasi, L. K. D., & Prasasti, P. A. T. (2022). The Impact of “Kampus Mengajar MBKM Program” on Students’ Social Skills. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(3). https://doi.org/10.47750/pegegog.12.03.23

Widyasanti, A., Hamidah, H., Fadila, C., Ramadhanita, E. D., & Aryadila, F. (2024). Peningkatan Program Literasi dan Numerasi di SMP Plus Baiturahman Dalam Rangka Implementasi Program Kampus Mengajar MBKM. KAIBON ABHINAYA : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(1). https://doi.org/10.30656/ka.v6i1.6744

Published
2024-12-19
How to Cite
Yusuf, A. R., Angga Prasetyo, Akbar Junio Pranata, A. J. P., Diva Sari Eka Putri, & Zaidatul Chusnul Rahayu. (2024). KAMPUS MENGAJAR 2024: MEMBUDAYAKAN LITERASI, NUMERASI, DAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI SEKOLAH DASAR. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 206 - 211. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3926
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times