OPTIMALISASI PELATIHAN E-COMMERCE PADA MATA KULIAH MANAJEMEN UNTUK MENDUKUNG KOMPETENSI MAHASISWA PRODI AGRIBISNIS
PKM
Abstract
Teknologi telah menjadi pendorong utama perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang perdagangan elektronik (e-commerce). E-commerce, yang mencakup proses pembelian dan penjualan barang atau jasa secara elektronik melalui internet, telah memberikan dampak signifikan terhadap cara bisnis dilakukan di seluruh dunia. Kemajuan teknologi memungkinkan e-commerce untuk terus bertransformasi, menawarkan pengalaman belanja yang lebih nyaman, aman, dan personal, sekaligus memberikan akses ke pasar global. Teknologi digital yang diterapkan dalam e-commerce juga mendorong efisiensi operasional, inovasi berkelanjutan, dan peningkatan pengalaman pelanggan. Melihat pentingnya peran teknologi dalam e-commerce, kegiatan praktikum bertema "Pelatihan E-commerce" pada mata kuliah Informasi Manajemen Program Studi Agribisnis dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis kepada peserta. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung pengembangan bisnis agribisnis secara inovatif dan efisie[1]n. Program ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk memahami peluang dan tantangan e-commerce, sehingga mereka mampu beradaptasi dan berkontribusi secara optimal dalam ekonomi digital
Downloads
References
[2] F. Sudirjo, T. Purwati, W. Widyastuti, Y. U. Budiman, and ..., “Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Industri E-commerce,” J. Pendidik. …, 2023, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/7422
[3] N. Dewi and D. A. D. Nasution, “Pentingnya Penerapan E-Commerce Bagi UMKM Sebagai Salah Satu Bentuk Pemasaran Digital Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0,” J. Pijar, 2023, [Online]. Available: https://e-journal.naureendigition.com/index.php/pmb/article/view/570
[4] L. Sugiyanti, M. Z. Rabbil, K. C. Oktavia, and M. Silvia, “Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM,” Masarin, 2022, [Online]. Available: https://jurnalbima.id/index.php/masarin/article/view/197
[5] H. Ismail, “Strategi Pemasaran Digital Pengaruhnya terhadap Pertumbuhan Bisnis di Era Digital,” J. Ekon. Manaj. Dan Bisnis, 2023.
[6] W. Wahyudi, M. Mukrodi, E. Sugiarti, and ..., “Mengenal pemasaran digital dan market place: Solusi meningkatkan penjualan di masa pandemi covid-19,” J. PKM …, 2022, [Online]. Available: https://ojs.pseb.or.id/index.php/pkm/article/view/237
[7] A. D. Shafwah, A. Fauzi, L. A. Y. Caesar, and ..., “Pengaruh Pemasaran Digital dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare di E-Commerce Shopee (Literature Review …,” J. Ilmu …, 2024, [Online]. Available: https://dinastirev.org/JIMT/article/view/1738
[8] N. I. Lailiyah, “Literature Review: KOL Marketing sebagai Strategi Pemasaran Digital di Era Sosial 5.0,” J. Inform. Ekon. Bisnis, 2023, [Online]. Available: https://www.infeb.org/index.php/infeb/article/view/576
[9] D. N. Fahira, E. Agustina, and M. Qurhtuby, “Digital Marketing Implementation: Implentasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang,” J. Pendidik. Tambusai, 2021, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1958
[10] S. Adithia and M. P. P. Jaya, “Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi,” J. Res. Bus. …, 2021, [Online]. Available: http://journal.lspr.edu/index.php/jrbt/article/view/279
[11] N. S. Sihombing, E. Pardede, A. Sihombing, and N. Dewantara, Pemasaran Digital. books.google.com, 2022. [Online]. Available: https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=o8CAEAAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PP2%5C&dq=pemasaran+digital%5C&ots=dpkX_jaIQ-%5C&sig=fr_VlIInyByMVdXDzeT9GxQ9QTk
[12] M. A. Sifwah, Z. Z. Nikhal, A. P. Dewi, and ..., “Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM,” MANTAP J. …, 2024, [Online]. Available: http://rayyanjurnal.com/index.php/mantap/article/view/1592
[13] P. H. Asis, M. Marjani, and A. A. Ma’ruf, “Penggunaan Pemasaran Digital (Digital Marketing) Sebagai Pendukung Pengembangan Usaha Pada Kelompok Pengrajin Anoa Art,” … J. Pengabdi. Kpd. …, 2020, [Online]. Available: https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/view/344
[14] H. Magdalena and H. Santoso, “Sosialisasi pemasaran digital bagi pelaku industri rumahan di kabupaten bangka tengah,” J. Abdidas, 2021, [Online]. Available: https://mail.abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/429
[15] M. Y. Balaka, J. W. Kuswinardi, I. Wilyadewi, and ..., “Aplikasi Mobile dalam Pemasaran Digital: Analisis Literatur tentang Pengaruhnya terhadap Keuangan dan Strategi Pemasaran Bisnis,” J. Pendidik. …, 2023, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/10002
Copyright (c) 2024 Harianja, Jasri, Elgamar, Nofri Wandi Al-Hafiz, Febri Haswan, Helpi Nopriandi, Erlinda, Aprizal, Sri Chairani, M. Yusfahmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.