PENGABDIAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS SARANA DAN PRASARANA TAMAN PENDIDIKAN QURAN DESA PANGKALAN BATANG KABUPATEN BENGKALIS
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Desa Pangkalan Batang, Kabupaten Bengkalis. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan bahwa TPQ masih mengalami keterbatasan dalam ketersediaan teknologi serta minimnya sarana pendidikan, khususnya meja belajar. Kondisi ini menjadi kendala dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan efektif bagi para santri. Sebagai upaya solusi, tim pengabdian memberikan bantuan berupa 40 meja belajar siswa. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan efektivitas pembelajaran, sehingga para santri dapat mengikuti kegiatan belajar dengan lebih baik. Dengan adanya sarana yang memadai, proses pembelajaran di TPQ dapat berjalan lebih optimal, meningkatkan motivasi santri, serta mendukung pencapaian hasil belajar yang lebih baik. Ke depannya, diperlukan upaya berkelanjutan dalam peningkatan fasilitas, termasuk penyediaan teknologi pendidikan yang dapat menunjang metode pembelajaran yang lebih interaktif. Selain itu, kerja sama dengan pihak terkait, seperti pemerintah daerah dan donatur, sangat diperlukan guna mendukung pengembangan sarana dan prasarana TPQ secara lebih komprehensif.
Downloads
References
Rosniati Hakim. Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al- Quran. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. 5, No. 2 (2014) PP. 123-136 DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2788
Endin Mujahidin, Ahmad Daudin, Imam Ikhsan Nurkholis, Wahyudin Ismail. Tahsin Al- Qur’an Untuk Orang Dewasa dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol. 14, No. 1 (2020) PP. 26-31 DOI: http://dx.doi.org/10.32832/jpls.v14i1.3216.
Asti Inawati. Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Al- Athfal Jurnal Pendidikan Anak. Vol.3 No.1 (2017) PP. 51-64
Supandi. Peranan Pendidikan Orang Tua Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Anak Di Madarasah Tsanawiyah Nasyrul Ulum Pamekasan. Jurnal Al-Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke- Islaman. Vol. 6 No. 1 (2019) PP. 60-71 DOI: https://doi.org/10.31102/alulum.6.1.2019.60-71.
Sintia Dewi Wulanningrum. Perbaikan Sarana dan Prasarana TPQ Al Munawwaroh. Seri Seminar Nasional ke IV Universitas Tarumanegara (2022).
Nindia Oktaviana, Nurul Hidayah, M. Hamzah Harianto, Rifky Dzikrillah W. Taman Pendidikan Al-Qur’an Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Religius Pada Anak di Kelurahan Sedayu. NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3, No. 2 (2023): 62-73.
Harianja, Jasri, Elgamar, Al-Hafiz, N. W., Haswan, F., Nopriandi, H., Erlinda, Aprizal, Chairani, S., & M. Yusfahmi. (2024). OPTIMALISASI PELATIHAN E-COMMERCE PADA MATA KULIAH MANAJEMEN UNTUK MENDUKUNG KOMPETENSI MAHASISWA PRODI AGRIBISNIS: PKM. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 153 - 159. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3946
Desta Andriani, Seprido, Elfi Indrawanis, Tri Nopsagiarti, Chairil Ezward, A. Haitami, Wahyudi, & Gusti Marlina. (2024). PELATIHAN DAN PENYULUHAN TEKNIK PENGENDALIAN GULMA PADA PERKEBUNAN SAWIT RAKYAT DESA SIBEROBAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 212 - 219. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3955
Iryanti, I., Aprinelita, A., Iqbal, M., Rizhan, A., Shilvirichiyanti, S., Rismahayani, R., & Asmara, H. (2024). PENYULUHAN HUKUM PENCEGAHAN PELECEHAN SEKSUAL TERHADAP REMAJA DI SMK N 3 TELUK KUANTAN: PKM. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 246 - 255. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3911
Copyright (c) 2025 Raden Imam Al Hafis, Yudi Krismen, Nurman Nurman, Sen Aly, Fatma Dwi Yeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.