PEMBERDAYAAN DI PANTI ASUHAN AL HASANAH MELALUI E - COMMERCE DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN

  • Herman Herman Universitas Islam Riau
  • Indra Safri Universitas Islam Riau
  • Syapril Abdullah Universitas Islam Riau
  • Yolanda Velinsca Universitas Islam Riau
  • Waddha Waddha Universitas Islam Riau
Keywords: Pemberdayaan, Pantiasuhan, E-Commerce

Abstract

Panti Asuhan merupakan organisasi nonprofit yang berfungsi sebagai tempat tinggal bagi anak yatim dan atau piatu. Mereka didanai secara sukarela oleh masyarakat, sehingga tingkat kesejahteraannya tidak terjamin. Terdapat banyak hal atau kegiatan yang dapat dilakukan oleh Civitas Akademik atau Perguruan tinggi, mulai dari peningkatan sumber daya manusia pada panti asuhan, hingga kegiatan lainnya, yang salah satunya adalah melakukan pemberdayaan terhadap pengelola panti asuhan serta anak asuh yang ada pada panti asuhan. Pemberdayaan sebagai suatu cara di mana orang, organisasi dan masyarakat diarahkan untuk mampu menguasai kehidupannya. Pemberdayaan berasal dari kata “empowerment” yang mengandung arti kekuatan atau memberikan daya. Salah satu pemberdayaan tersebut adalah dengan melakukan pelatihan e-commerce di Panti Asuhan Alhasanah dalam rangka meningkatkan kemandirian. Kedepannya diharapkan agar pengelola panti asuhan dan anak asuh mampu memanfaatkan e-commerce untuk memasarkan prduk-produk yang dihasilan pada panti asuhan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Indra Safri, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fisipol Universitas Islam Riau

Syapril Abdullah, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Publik, Fisipol Universitas Islam Riau

Yolanda Velinsca, Universitas Islam Riau

Program Studi Administasi Publik, Fisipol Universitas Islam Riau

Waddha Waddha, Universitas Islam Riau

Program Studi Administasi Publik, Fisipol Universitas Islam Riau

References

Herman;, Rosmita;, and I. Ridho, “Pemberdayaan Masyarakat Suku Talang Mamak Dalam Budidaya Madu Kelulut Di Kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Indragiri Hulu,” Asketik, vol. 6, no. 1, pp. 85–101, 2022.

H. Herman, I. Susilowati, R. S. Astuti, and H. Warsono, “Constraints to community empowerment: A study of communities around forests in Pelalawan Regency, Riau Province,” Publisia J. Ilmu Adm. Publik, vol. 8, no. 2, pp. 160–170, 2023, doi: 10.26905/pjiap.v8i2.9560.

M. S. Hotana, “Industri E-Commerce Dalam Menciptakan Pasar Yang Kompetitif Berdasarkan Hukum Persaingan Usaha,” J. Huk. Bisnis Bonum Commune, vol. 1, no. 1, p. 28, 2018, doi: 10.30996/jhbbc.v0i0.1754.

R. A. Bahtiar, “Potensi, Peran Pemerintah, dan Tantangan dalam Pengembangan E-Commerce di Indonesia [Potency, Government Role, and Challenges of E-Commerce Development in Indonesia],” J. Ekon. dan Kebijak. Publik, vol. 11, no. 1, pp. 13–25, 2020, doi: 10.22212/jekp.v11i1.1485.

L. Puspitawati, SISTEM INFORMASI AKUNTANSI Kualitas dan Faktor Lingkungan Organisasi yang Mempengaruhi, vol. I, no. 3. 2021.

D. Atna, S. Rumondor, J. S. Akbar, and D. H. Octorina, “Pelatihan Pembuatan Aplikasi Berbasis Android Terintegrasi Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Pada Guru Di SMAN 1 Manado,” BHAKTI NAGORI, vol. 4, pp. 107–112, 2024.

M. Z. F. Adima, “Sosialisasi Kebijakan Pendidikan,” Muntazam J. Manaj. Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 43–46, 2021.

R. Rosmita, L. Suriani, E. Handrian, H. Herman, and ..., “Pengembangan Ekonomi Kreatif pada Ibu PKK Melalui Penerapan Digital,” … Berdaya dan Inov., vol. 5, no. 1, pp. 41–47, 2024, [Online]. Available: https://www.mayadani.org/index.php/MAYADANI/article/view/162%0Ahttps://www.mayadani.org/index.php/MAYADANI/article/download/162/146.

A. F. Mustoffa and I. F. Ulfah, “Pendampingan Penyusunan Administrasi dan Laporan Keuangan Pada Amal Usaha Muhammadiyah Wilayah Kabupaten Madiun dan Magetan,” J. Pengabdi. Masy. Manag., vol. 6, no. 1, pp. 119–136, 2025.

I. Ma’rifah, “Program Pendampingan PPG di UIN Sunan Kalijaga: Langkah Menuju Guru Profesional,” PaKMas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 138–150, 2024, doi: 10.54259/pakmas.v4i1.2686.

M. Sari, A. Endang, S. Muwarni, and D. Putra, “Perencanaan Komunikasi Event Ruang Visi Nusantara Bengkulu ( Studi Pada Event ‘ Linimasa Masanya Segala Lini ’),” vol. 4, no. 1, pp. 147–152, 2025.

Published
2025-06-03
How to Cite
Herman, H., Safri, I., Abdullah, S., Velinsca, Y., & Waddha, W. (2025). PEMBERDAYAAN DI PANTI ASUHAN AL HASANAH MELALUI E - COMMERCE DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN . BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 124 - 130. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i1.4238
Abstract viewed = 17 times
PDF downloaded = 7 times