PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN (Fiqih Di Sdit Darul Ilmi Singingi Desa Logas Hilir Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi orang tua yang memiliki tingkat pendidikan tinggi tentunya akan memberikan motivasi yang baik kepada anaknya untuk selalu rajin belajar supaya tujuan pendidikan yang diharapkan dapat tercapai. Di SDIT Darul Ilmi Singingi memiliki siswa yang lahir dari orang tua dengan tingkat pendidikan yang berbeda-beda, ada yang tinggi ada juga yang rendah. Tapi disisi lain tingkat pendidikan orang tua yang rendah itu, menjadikan pengetahuan dan wawasan orang tua menjadi kurang optimal dan maksimal sehingga menjadikan permasalahan dalam motivasi belajar siswa. Bedasarkan latar belakang dan fenomena diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih SDIT Darul Ilmi Singingi Desa Logas Hilir Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang datanya berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik. Yang dilaksanakan di SDIT Darul Ilmi Singingi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan instrumen berupa angket, wawancara , observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana yang diolah menggunakan software SPSS 17,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SDIT Darul Ilmi Singingi Desa Logas Hilir Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi, dengan nilai thitung 0,185 lebih kecil < dari nilai ttabel 2,010.