PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU INDISIPLINER SISWA DI SMA NEGERI 1 SENTAJO RAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan agam islam dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di SMA Negeri 1 Sentajo Raya. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data Dokumentasi, Wawancara, dan Observasi. Serta Teknik Analisa SWOT dan Teknik yang dikemukakan oleh Miles and Huberman. Setelah dianalisa dapat diambil kesimpulan bahwa Peran guru pendidikan agama islam berperan baik dan memiki porsi yang cukup kuat dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa. Dilihat dari seluruh kegiatan yang di terapkan oleh guru pendidikan agama Islam sudah mencakup empat hal yang ada di peraturan pemerintahan no. 55 tahun 2007 bab I pasal 2 . Mulai dari memberikan pengetahuan, membentuk sikap, kepribadian dan keterampilan. Berdasarkan hasil analisis SWOT juga dapat disimpulkan bahwa, peluang yang dimilki lebih bagus dibandingankan ancaman, dengan begitu tingkat menuju keberhasilan lebih besar sehingga dapat menekan kelemahan dan ancaman yang ada.