Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Al- Qur’an Terhadap Siswa Siswi SMP N 7 Singingi

  • Okta Viana Mahmuda Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Andrizal Andrizal Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Sarmidin Sarmidin Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Kesulitan, Membaca, al-Qur’an.

Abstract

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), 2023. al-Quran merupakan wahyu yang diturunkan Allah SWT sebagai petunjuk bagi manusia dalam menjalankan kehidupan dimuka bumi, yang dengannya manusia dapat membedakan kebaikan dan keburukan, kebenaran dan kedzaliman, agar manusia tidak tersesat pada kehidupan yang merugikan manusia itu sendiri oleh karenanya wajib dipelajari. Pembelajaran membaca al-Quran merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi SMP N 7 Singingi yaitu mewujudkan generasi mandiri dan berakhlak mulia. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan siswa dalam membaca al-Quran pada siswa kelas SMP N 7 Singingi, serta mencari solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif Penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Pendekatan kualitatif dipilih, dikarenakan obyek yang akan diteliti berlangsung dalam latar yang wajar dan bertujuan untuk mengetahui, memahami, dan menghayati dengan seksama dan secara lebih mendalam tentang kesulitan membaca al-Qur’an di SMP N 7 Singingi.

Published
2024-02-07