PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIR LCD PROYEKTO DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII1 DI SMP MUHAMMADIYAH 1 TELUK KUANTAN

  • Prigus Pendra
  • Ikrima Mailani
  • Alhairi Alhairi
Keywords: Media LCD Proyektor, Motivasi belajar

Abstract

Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana Penggunaan Media Pembelajaran Berbasir LCD Proyektor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII1 Di SMP Muhammadiyah 1 Teluk Kuantan. Untuk Kemudiaan yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasir LCD Proyektor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII1 Di SMP Muhammadiyah 1 Teluk Kuantan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja di munculkan oleh guru di dalam kelasnya sendiri. Adapun tujuan pelaksanaan PTK ini untuk memperbaiki proses dan meningkatkan kualitas pembelajaran. PTK dapat digunakan untuk menulis bahan ajar yang berkualitas dan mencari alat bantu mengajar yang paling tepat. Ada 4 (empat) tahap penting dalam PTK yaitu: a). Perencanaan/persiapan tindakan. b). Pelaksanaan Tindakan. c). Observasi atau pengumpulan data. d). Refleksi. Berdasarkan penelitian di atas dapat di simpulkan dari Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis LCD Proyektor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII1 Di SMP Muhammadiyah 1 Teluk Kuantan, dapat disimpulkan pra siklus mencapai rata-rata 69,68%, dan siklus I 75,31%, berarti pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan 5,63 % Siklus II mencapai persentase 82,81 %, dapat disimpulkan bahwa setiap siklus itu mengalami peningkatan, siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan yang lebih bagus yaitu mencapai persenatse 7,5% peningkatannya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-07
Abstract viewed = 165 times
PDF downloaded = 42 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>