PENGARUH GAYA BELAJAR KINESTETIK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI DI SMK NEGERI 1 BENAI KECAMATAN BENAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Delviana Agusti Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Sarmidin Sarmidin Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Alhairi Alhairi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Gaya Belajar Kinestetik, Keaktifan Belajar

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi leh pentingnya gaya belajar dalam kegiatan belajar mengajar. Gaya belajar pada umumnya dibagi menjadi tiga yaitu, gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik. Namun, dari ketiga gaya belajar tersebut hanya satu gaya belajar yang mendominasi pada setiap individu. Pada penelitian ini berfokus pada gaya belajar kinestetik yaitu gaya belajar yang berorientasi pada fisik dan banyak bergerak, gaya belajar tersebut mempunyai peranan penting dan bisa dikatakan sebagai faktor penentu dalam keberhasilan proses belajar mengajar. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap keaktian belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas XI di SMK Negeri 1 Benai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap keaktifan belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Negeri 1 Benai yang berjumlah 232 orang, yang dipilih dengan metode random sampling, yaitu 10% dari jumlah keseluruhan siswa, sehingga total sampelnya sebanyak 25 orang siswa ditambah 1 orang guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data primer yang digunakan yaitu angket dan untuk pengumpulan data sekunder yang di gunakan yaitu wawancara,observasi, serta dokumentasi. Kesimpulan/hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar kinestetik berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI SMK Negeri Benai dengan nilai signifikansi(Sig.) 0,000 lebih kecil dari probalitas 0,05 atau 0,000< 0,05. Demikianlah dengan nilai t hitung 6,969 lebih besar dari nilai t tabel 0,5324. Maka terdapat pengaruh gayabelajar kinestetik terhadap keaktifan belajar siswa.

Published
2024-02-07