ANALISA PROPORSI SEPEDA MOTOR TERHADAP KECEPATAN DAN DERAJAT KEJENUHAN JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN , TELUK KUANTAN, RIAU

  • Gusmulyani Gusmulyani Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Proporsi sepeda motor, kecepatan, derajat kejenuhan, MKJI

Abstract

Sepeda motor merupakan salah satu moda transportasi yang jumlahnya meningkat dari waktu ke waktu sehingga mempengaruhi komposisi lalulintas dan menyebabkan kesemrawutan terutama pada jam-jam sibuk. Penelitian proporsi sepeda motor terhadap kecepatan dan kinerja jalan tampa median ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh perubahan proporsi sepeda motor terhadap kecepatan kendaraan dan kinerja jalan pada jalan tanpa median. Penelitian dilakukan di jalan Perintis Kemerdekaan Teluk Kuantan. Data primer yang digunakan data kondisi geometrik eksisiting, volume lalu lintas, jumlah sepeda motor dan waktu tempuh kendaraan ringan di kumpulkan dengan cara survey. Data diolah untuk mengetahui proporsi sepeda motor, kecepatan kendaraan ringan dan derajat kejenuhan jalan dengan menggunakan metode MKJI 1997. Dari hasil analisa didapatkan pada saat proporsi sepeda motor terendah 14,32% pada hari Senin jam 15.00-16.00 wib kecepatan kendaraan ringan/penumpang sebesar 56,43 km/jam dan pada saat proporsi sepeda motor tertinggi 70,54% pada hari Minggu kecepatan kendaraan penumpang/pribadi 40,27 km/jam dan pada saat proporsi 50% kecepatan 46,1 km/jam. Kinerja jalan Perintis Kemerdekaan masih stabil (DS = 0,1) walaupun proporsi tertinggi sepeda motor mencapai 70,54%, dimana dari derajat kejenuhan untuk hari Senin DS= 0,03, hari Rabu DS = 0,09 dan hari Minggu DS = 0,04

Published
2021-08-30