RANCANG BANGUN PENGEMBANGAN APLIKASI PEMILIHAN PRESIDEN MAHASISWA MELALUI SMS GATEWAY

  • M. Hasim Siregar Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: SMS Gatway, SMS, e-votting, Presma, BEM

Abstract

Dalam era perkembangan Industri 4.o kita diharapkan mampu menerapkan proses-proses yang menggunakan teknologi digital dan transparansi, dalam era ini yang disebut era kaum milenial, system informasi bukan lagi sebuah kebutuhan pelengkap tapi kebutuhan yang utama yang hampir digunakan setiap hari dan setiap saat, kita selalu menggunakan handphone dimanapun kita berada. Penggunaan layanan SMS pada Handphone memudahkan kita sebagai penggunanya untuk memberi dan bertukar informasi secara realtime kapanpu, dimanapun dan tepat sasaran bagi penggunanya. Seiring perkembangannya teknologi sms munculah teknologi baru yang kini banyak digunakan untuk promosi, memberikan informasi secara masal bahkan melakukan polling atau votting berupa teks  yang di sebut teknologi SMS Gateway. Dengan adanya teknologi SMS Gateway kita dapat memanfaatkannya dalam melakukan proses pemilihan Presiden Mahasiswa. Rancang Bangun Pengembangan Aplikasi Pemilihan Presiden Mahasiswa Melalui SMS Gatway ini adalah untuk memudahkan Mahasiswa dalam memilih Presiden Mahasiswa atau Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) untuk menggunakan Hak suaranya sehingga peran partisipasi aktif mahasiswa semakin meningkat, mengingat tempat pemungutan suara dapat dilakukan dimana saja tanpa mahasiswa hadir dikampus dalam melaksanakan Pemungutan Suara serta memudahkan dan menghemat biaya dan waktu dalam pengelolaan data pemungutan suara pemilihan presiden mahasiswa sehingga lebih efektif dan efisien.

References

Muslih Taufiq M, Purnama Eka B. 2013. Pengembangan Aplikasi SMS Gateway Untuk Informasi Pendaftaran Peserta Didik Baru Di SMAN 1 Jepara. IJNS, Vol. 2, No. 1, Juli 2013.

Sasmito Wiro G. 2017. Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika, Vol. 2, No. 1, Januari 2017. Politeknik Harapan Bersama.

. Kurniadi Dede. 2014. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pemilihan Kepala Desa yang Terintegrasi dengan SMS Gateway. Jurnal Wawasan Ilmiah Manajemen dan Teknik Informatika, Vol. 6, No. 11, September 2014. Teknik Informatika AMIK Garut.

. Rahardjo Dani, Warkim. Prototipe Sistem Informasi Geografis Fasilitas Kesehatan di Kota Cirebon Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Vol. 1, No. 3, Desember 2015.

. S, Rosa A. dan M. Shalahudin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung.

. Siahaan Daniel. Analisa Kebutuhan Dalam Rekayasa Perangkat Lunak. 2012. Andi Yogyakarta.

. Taufik M, Darwiyanto Eko, dkk. Analisis dan Impementasi Perancangan Metode Rational Unified Process pada layanan SDB dan Metode Pengujian Product Metric pada Bank Mandiri Cabang Palu Sam Ratulangi. e-Proceeding of Engineering : Vol.2, No.3 Desember 2015. SSN : 2355-9365. Program Studi S1 Teknik Informatika, School of Computing, Telkom University

. Sriyanto, Ni Putu S. Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Berbasis SMS Gateway Untuk Memperbaiki Informasi Persediaan (Studi Kasus : PT Indotirta Jaya Abadi Semarang). Jurnal SIMETRIS, Vol 5 No 2 Nopember 2014 ISSN: 2252-49. Universitas Dipenogoro.

. Priyono Edi, Nurdiana Fereshti D. E-Voting: Urgensi Trasnparansi dan AKuntabilitas. Seminar Nasional Informatika 2010 (semnasIF 2010). ISSN: 1979-2328. UPN ”Veteran” Yogyakarta.

. Ristanto Slamet. Aplikasi Pemungutan Suara Elektronik/E-Votting menggunakan Teknologi Short Message Service dan AT Command. Jurnal Teknik Informatika Vol.10 No.1,2017. ISSN 1979 – 1960. Universitas Sangga Buana YPKP Bandung.

Published
2019-06-30