RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI RUMAH KOST DAN KONTRAKAN TELUK KUANTAN

  • Elgamar Syam Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Sistem Informasi, Kos Online, Bisnis Digital

Abstract

Pemanfaatan Teknologi dan Informasi dalam pengembangan suatu bisnis sangat diperlukan pada zaman milenial sekarang ini, dengan adanya sentuhan teknologi maka bisnis atau usaha dapat bertahan dan berkembang menjadi lebih baik. Sementara mereka yang tetap bertahan menggunakan cara tradisional, maka akan tergerus oleh kemajuan teknologi itu sendiri. Salah satu contoh pengembangan bisnis digital adalah pemanfaatan sistem informasi digital dalam promosi rumah kost dan kontrakan yang ada di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi (Teluk Kuantan) Riau. Sehingga dengan adanya sistem ini para pemilik rumah kost dan kontrakan dapat mempromosikan huniannya melalui sistem informasi yang dibangun. Sistem ini menawarkan kemudahan bagi sipencari rumah kost dan kontrakan untuk melakukan penyewaan. Begitu juga dengan pemilik kost, maka dengan mudah menawarkan rumah kost dan kontrakan yang dimiliki agar dapat disewa dan dihuni oleh sipencari rumah kost, tentunya pembuat sistem juga akan mendapatkan keuntungan dari setiap transaksi yang dilakukan. Sistem informasi ini, memberikan gambaran jelas kepada si pencari rumah kost dan kontrakan dalam memilih hunian yang mereka lihat di halaman sistem informasi ini sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka masing-masing.

References

Didit Gunawan, Robby Racmatullah, (2016). “Sistem Informasi Sewa Rumah Kost Dan Rumah Kontrakan Berbasis Web Di Surakarta”. Jurnal Ilmiah Go Infotech, Volume 22, No. 1.

Dadi Rosadi, Feby Oktarista Andriawan, (2016). “Aplikasi Sistem Informasi Pencarian Tempat Kos Di Kota Bandung Berbasis Android”. Jurnal Computech & Bisnis, Volume 10, No. 1, Juni 2016, 50-58, ISSN 2442-4923.

Harri Singgih Pratikto, Suraya, Edhy Sutanta, (2014). “Sistem Pencarian Dan Pemesanan Rumah Kos Menggunakan Sistem Informasi Geografi (SIG)”. Jurnal Script Vol. 1, No. 2 Januari 2014 ISSN:2338-6304.

Euis Mustika P, Sukarti, (2017). “Sistem Informasi Pencarian Tempat Kos Berbasis Geografis Di Bandar Lampung”. Jurnal Cendikia Vol. 14 No. 1, Oktober 2017. ISSN: 0216-9436

Published
2018-06-30