APLIKASI PEMESANAN MAKANAN BERBASIS WEB DI CATERING CINDELARAS PEKANBARU

  • Yuda Irawan STMIK Hang Tuah Pekanbaru
  • Herianto - STMIK Hang Tuah Pekanbaru
  • Refni Wahyuni STMIK Hang Tuah Pekanbaru
Keywords: Aplikasi, Data, Laporan Pemesanan Makanan, UML, Waterfall

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pembuatan Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Web di Catering Cindelaras Pekanbaru. Sistem pemesanan makanan yang ada pada Catering Cindelaras masih mengunakan cara hal yang biasa yaitu untuk memesan makanan pelanggan atau konsumen harus datang langsung ke Catering Cindelaras dan pelayan pada Catering Cindelaras masih mencatat pesanan pelanggan secara manual pada kertas. Aplikasi ini berisikan tentang mengolah data menu Makanan serta Pemesanan dari Pelanggan. Aplikasi ini didesain menggunakan model Unifield Modeling Language (UML). Metode yang digunakan yaitu metode waterfall. Alasan menggunakan metode ini adalah karena metode waterfall melakukan pendekatan secara sistematis dan berurutan dalam membangun suatu sistem. Proses metode waterfall yaitu pada pengerjaan dari suatu sistem dilakukan secara berurutan. Sistem yang dihasilkan akan berkualitas baik, dikarenakan pelaksanaannya secara bertahap sehingga tidak terfokus pada tahapan tertentu. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, bisa memudahkan administrasi untuk mengolah data pemesanan makanan di Catering Cindelaras.

References

Abdul Kadir, 2008, Tuntunan Praktis Belajar Database Menggunakan Mysql, C.V. Andi Offset. Yogyakarta

Al Fatta, 2007, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta

Iswanto. 2007. Membangun Aplikasi Berbasis Php Dan Firebird. Yogyakarta: Andi

Janner Simarmata, 2007. Perancangan Basis Data. Yogyakarta: Cv.Andi

Y. Irawan, “Perencanaan Strategis Si / Ti Dengan Menggunakan Framework Ward And Peppard Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ( Stikes ),” J. Ilmu Komput., Vol. 6, No. 1, Pp. 25–32, 2017.

Irawan, Y. Sistem Informasi Pemasaran Busana Syar’i Dengan Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Berbasis Web Syar'i Fashion Marketing Information System Using Web-Based Customer Relationship Management (Crm).

Prahasta. 2014. Sistem Informasi Geografis Konsep-Konsep Dasar.(Perspektif Geodesi & Geomatika). Informatika. Bandung

Irawan, Y. (2018). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Daerah Rawan Begal Berbasis Web Di Kota Pekanbaru. Riau Journal Of Computer Science, 5(1), 58-64.

Hussein, S.O.K., Refni,W., Yuda, I., dan Harun,M. 2018. Sistem informasi deteksi kehadiran dan media penyampaian pengumuman dosen dengan menggunakan teknik pengenalan QR code. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab. 3 (2) : 89-99

Irawan, Y. (2019). Aplikasi E-Commerce Untuk Pemasaran Kerajinan Tangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Riau Menggunakan Teknik Dropshipping. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 7(1).

Published
2019-11-16