Sales System in the Endocell Mobile Phone Business Using the CRM (Customer Relationship Management) Method) in Kompe Berangin Village, Cerenti District

  • Ari AP Putra Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Erlinda Erlinda Universitas Islam Kuantan Singingi
  • M Yusfahmi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Sistem Informasi, Kinerja, PHP, MySQL, Website

Abstract

In order to increase sales and customer service at the Endocell Store in Kompe Berangin Village, this study intends to create a web-based application using a Customer Relationship Management (CRM) methodology. With the use of this application, customers can order products more conveniently, obtain comprehensive product information, and offer feedback and recommendations. The findings of this study produce integrated sales apps that boost client connections, promotions, and operational effectiveness, giving businesses a competitive edge in a crowded market. Customer satisfaction, operational efficiency, and sales performance have all increased with the adoption of web-based apps combined with a CRM strategy. Similar businesses can try to improve their business success by using this solution as a guid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, M. M., Purnama, B. E., & Nugroho, G. K. (2013). Pembangunan Media Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan Kelas X Semster Ganjil Pada Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bangsa Pati Berbasis Multimedia Interaktif. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 4(3).

Simalango, U., Huda, A., & Dwiyani, N. (2018). RANCANG BANGUN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF MOBILE LEARNING. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 6(2), 44-50.

Haryati, Titik. 2012. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajran Kewarganegaraan (Project Citizen).” Dalam jurnal ilmiah Civis, Volume II, No 2, Juli 2012

Marlina. 2004. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PPKn Siswa Di Sman 5 Bandar Lampung. Lampung

Hayati, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook fisika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 4(2): 49-5.

Sanaky, AH, “Media Pembelajaran Interaktif Inovatif,” Bandung : Kaukaba Dipantara 2013.

Rahmat, R., & Irfan, D. (2019). RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMK. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(1), 48-53.

Hermansyah, H., & Dwiyani, N. (2019). RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(1), 87-92.

B`Far, R., 2005. Mobile Computing Principle.

Ramadhan, T. and Utomo, V.G., 2014. Rancang Bangun Aplikasi Mobile Untuk Notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android (Studi Kasus : STMIK PROVISI Semarang). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(2), pp.47-55.

Asmiyunda, dkk. (2018). Pengembangan E-Modul Keseimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). Vol. 2 (2):155-161.

Gusti Ayu Dessy. (2018). Pengembangan Modul Matematika Diskrit Berbentuk Digital Dengan Pola Pendistribusian Asynchronous Menggunakan Teknologi Open Source. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. 7(1)

I Komang, dkk. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 14 (1), 40. 58-

Hamid, A., & Alberida, H. (2021). Pentingnya Mengembangkan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook di Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 911–918.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11

Ismael. (2017). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENYALURAN SEMEN PADANG UNTUK DAERAH BENGKULU SELATAN DI CV. MUTIA BERSAUDARA. Jurnal EdikInformatika : Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika V3.i2(147-156)

Nasution, Noehi, dkk., Evaluasi Pembelajaran Matematika, Jakarta: Universitas

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165.

Riduwan (2008). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis . Bandung: Alfabeta.

Rogozin. (2012). Physics Learning Instruments of XXI Century. Proceedings of The World Conference on Physics Education 2012.

Setyosari, H Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Prenada Media.

Song, L & Hill, J. R. (2007). A Conceptual Model for Understanding Self-Directed Learning in Online Environments. Journal of Interactive Online Learning, 6(1): 27-42

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha, 1-17.

Sukmono, N. D. (2015). Metode Pembelajaran Self Directed Learning Berbasis ICT dengan Pemanfaatan Game Android Berkarakter Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan indonesia 2015,245–254.

Sukmono, N. D. (2015). Metode Pembelajaran Self Directed Learning Berbasis ICT dengan Pemanfaatan Game Android Berkarakter Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia. Seminar NasionalPendidikanBahasaIndonesia2015,245–254.

Published
2024-11-14
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times