SISTEM INFORMASI PENGADUAN TENAGA KERJA DI DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DAN TENAGA KERJA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Adis Putra Jatim
Keywords: Sistem, Informasi, Pengaduan, Komputerisasi

Abstract

Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja merupakan salah satu Instansi Pemerintah yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. Salah satu bidang yang terdapat didalamnya yaitu bagian tenaga kerja dimana didalam nya terdapat bagian pengaduan. Bagian pengaduan pada dinas ini berfungsi untuk menerima aduan dari para tenaga kerja yang memiliki masalah dalam bekerja. Sistem informasi pengaduan tenaga kerja ini dirancang untuk karyawan atau pelapor dalam melakukan pengaduan. Sistem informasi ini dapat membantu dan mempermudah karyawan/ pelapor dalam melakukan pengaduan terhadap masalah yang dihadapi dalam pekerjaannya. sistem informasi pengaduan ini menghasilkan tempat bagi karyawan atau pelapor untuk melakukan pengaduan memalui sistem komputerisasi. Sistem informasi pengaduan tenaga kerja ini juga dapat mempermudah pegawai atau staf dalam melakukan pengelolaan data pengaduan dan proses pelaporan data pengaduan.

References

Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2).

Lagarinda, H. F. (2017). Perancangan dan Implementasi Aplikasi Pengaduan, Kritik, dan Saran Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana.

Mallu, S. (2015). Sistem pendukung keputusan penentuan karyawan kontrak menjadi karyawan tetap menggunakan metode topsis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(2).

Nofyat, N., Ibrahim, A., & Ambarita, A. Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada PDAM Kota Ternate. Indonesian Journal on Information Systems, 3(1).

Pramono, A. (2014). Sistem Pelayanan Pengaduan Online Berbasis Web pada PT. Fira Informatika untuk Meningkatkan Layanan Konsumen. Universitas Dian Nuswantoro.

Pratama, A. Y., Prabowo, I. A., & Normassari, A. (2017). (ALPUKAT) APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT UNTUK MELAPORKAN KEJADIAN PUNGUTAN LIAR DI KABUPATEN KUDUS BERBASIS ANDROID. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(2), 399-404.

Rabowo, S. (2017). Perancangan dan Implementasi Sistem Pengaduan Masyarakat Berbasis WEB pada Dinas Perhubungan Kota Salatiga Menggunakan Framework Codeigniter. Universitas Kristen Satya Wacana.

Rahman, A. A., Widians, J. A., & Hairah, U. (2017, September). SISTEM INFORMASI PENJADWALAN SIDANG DI PENGADILAN NEGERI SAMARINDA BERBASIS WEB. In Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi) (Vol. 2, No. 2, pp. 180-185).

Setyawan, R. A., Suyono, H., & Purnomo, M. F. E. (2018). Pengembangan Sistem Komunikasi Antar Stakeholder Sekolah Menggunakan Sistem ComGate. Jurnal EECCIS, 11(2), 77-81.
Published
2020-12-29