APLIKASI LBS (LOCATION BASED SERVICE) PADA PUSKESMAS DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI GPS BERBASIS ANDROID

  • Aldi Ariansyah
Keywords: Location Based Service, Global Positioning System, Puskesmas

Abstract

Dari hasil analisa yang diperoleh terdapat kebutuhan akan ketersediaannya suatu media yang cukup efektif dalam mengenalkan obyek-obyek puskesmas yang ada di kabupaten kuantan singingi. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menghasilkan suatu aplikasi mobile yang dapat mempermudah masyarakat atau wisatawan dalam mencari sebuah informasi tentang lokasi puskesmas di kabupaten kuantan singingi. Aplikasi ini merupakan aplikasi mobile dengan teknologi Location-Based Service (LBS) yang dibangun di atas platform Android. Aplikasi ini memanfaatkan Global Positioning System (GPS) dalam pencarian posisi pengguna. Fasilitas utama yang terdapat dalam aplikasi ini adalah adanya fitur Map dan Rute jalan yang dapat mempermudah pengguna dalam menemukan lokasi yang dituju.  Metodologi yang dipakai untuk membangun aplikasi tersebut adalah menganalisa kasus tersebut lalu mendesain aplikasi, membuat aplikasi, dan yang terakhir menguji aplikasi yang telah dibuat. Aplikasi yang dihasilkan dalam pembuatan program ini adalah Aplikasi Location-Based Service Pada Puskesmas di Kabupaten Kuantan Singingi Dengan Menggunakan Teknologi Global Positioning System Berbasis Android.

References

Astrid A. A. Makiolor, Alicia A. E. Sinsuw & Xaverius B. N. Najoan. 2017. Rancang Bangun Pencarian Rumah Sakit, Puskesmas dan Dokter Praktek Terdekat di Wilayah Manado Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Vol.10,No.1.

Badrul Anwar, Hendra Jaya dan Putra Indra Kusuma. 2014. Implementasi Location Based Servive Berbasis Android Untuk Mengetahui User.Jurnal Saintikom Vol.13, No.2.

Berbudhi Rachman Hidayat & Herny Februariyanti. 2013. Aplikasi Location Based Service Pencarian Lokasi Taxi Pada Android Di Kota Semarang. Vol.5,No.1.

Ebranda A.W, Mardiani, S.Si, M.T.I., Tinaliah, S.Kom. 2013. Penerapan Metode Naïve Bayes Untuk Sistem Klafikasi SMS Pada Smartphone Android.

Gellysa Urva & Helmi Fauzi Siregar. 2015. Pemodelan UML E-Marketing Minya Goreng, Jurnal Teknologi dan Infromasi. Vol.1,No.2.

Henny Destian & Fandy Fajrin. 2014. Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT.Catur Daya Persada Jakart. Jurnal Paradigma Vol.XVI, No.2.

M. Abdurrozzaq Almuzakki. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Location-Based Service Pencarian Lokasi Wisata Di Kota Semarang Berbasis Android.

Nofri Wandi Al-Hafiz. 2015. Pemetaan Daerah Endemik Filariaris Di Kabupaten Kuantan Singingi, Jurnal Saintikom Uniks.

Nazli, R. (2018). Pemodelan Aplikasi Mobile Modul Perkuliahan Berbasis Client Server. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(1), 25-32.
Published
2020-12-29