ANALISA PERANCANGAN JARINGAN LOCAL AREA NETWORK DAN GATEWAY INTERNET PADA MTs N SENTAJO RAYA MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER

  • Andika Putra
Keywords: Cisco, Desain jaringan LAN, Gateway Internet

Abstract

Jaringan komputer di Gedung MTs N Sentajo raya terkendala dengan pembagian bandwidtch yang tidak merata dan jaringan internet belum terjangkau semua ruangan. Perancangan desain jaringan Local area Network (LAN) dan Gateway Internet pada Gedung MTs N Sentajo Raya ini bertujuan meminimalisir kerusakan perangkat keras apabila terjadi kesalahan dalam pengujian jaringan. Untuk menghindari kerusakan-kerusakan yang terjadi pada hardware apabila terjadi kesalahan dalam pengujian secara langsung maka konsep ini akan disimulasikan  pada aplikasi simulasi jaringan Cisco Packet Tracer. Simulasi ini sangat membantu dalam mengidentifikasi masalah yang timbul lebih awal, mempermudah administrator jaringan dalam pemeliharaan jaringan agar terhindar kesalahan rancangan jaringan komputer dari masalah yang lebih kompleks.Cisco

References

Ariawal, Dian. (2016). Simulasi Jaringan Komputer dengan Cisco Packet Tracer. Jakarta : Elek Media Komputindo.

Choirul Muallifah, Lies Yulianto. (2013) Pembuatan Jaringan Local Area Network Pada Laboratorium MA Pembangunan Kikil Arjosari.

Fx Ferry Hendra Seyawan. (2011) Analisa Perancangan dan Simulasi Virtual Local Area Network dengan Packet Tracer 5.3.

Hidayat, Nuzulil. (2016). Perancangan Dan Implementasi Jaringan Hostpot Untuk Akses Internet Di SMK Asta Mitra Purwodadi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Julianti, Rifka. (2016) Analisa Laporan Keuangan. Konsep dan Aplikasi. Edisi Kedua. UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Junior, Dkk, Perancangan Intrusion Dtection System pada Jaringan Nirkabel BINUS Universitas, Jakarta, 2009

Komaruddin. 2015) Memahami Bahasa Agama, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

L. Putri, “Implementasi Intrusion Detection System (IDS) menggunakan Snort pada jaringan Wireles”, Skripsi Program S1 Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Jakarta, 2011.

Masfadli, Analisa Perancangan DNS Server untuk Website, 2018

Mulyadi. (2014). Merancang Bangun dan Konfigurasi Jaringan WAN dengan Packet Tracer. Yogyakarta : Andi.

Nata, Abudin, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Pendidikan Islam di Indonesia 2017

O’Brien, James A, dan Marakas, George M.(2010). Management Information Systems, 10th Edition, New York: McGraw-Hill/Irwan.

Rahayu, Minto, Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, Politeknik Negeri Jakarta 2016

Sofana, Iwan. (2010). CISCO CCNA & Jaringan Komputer. Badung : Informatika.

Sopandi, Dede (2008). Instalasi dan Konfigurasi Jaringan Komputer. Bandung : Informatika.

Sukamaaji, Anjik dan Riant, Konsep Dasar Pengembangan Jaringan dan Keamanan Jaringan, Andi Yogyakarta, Yogyakarta, 2008.

Yuliani, Nina, Analisa Jaringan Bisnis Yang Dapat Membantu Profesional, Universitas Pembangun Nasional Veteran Yogyakarta 2013

Yunus Irwan, Abdillah Baraja. (2012) Analisa dan Perancangan Jaringan Komputer Sekolah Dasar Islam Sains dan Teknologi IBNU QOYYIM Surakarta.
Published
2020-12-29