SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DISTRIBUSI PRAKTEK KERJA NYATA MAHASISWA BERBASIS WEB (STUDI KASUS PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS ISLAM KUANTAN SINGINGI)

  • Cyndi Claudia Geraldin
Keywords: Sistem Informasi Geografis, PKN, Web

Abstract

Praktek Kerja Nyata (PKN) adalah salah satu  mata kuliah dan kurikulum wajib yang diberikan pada tiap mahasiswa sebagai prasyarat kelulusan program sarjana. Praktek Kerja Nyata dilaksanakan oleh mahasiswa secara mandiri di institusi yang menerima mahasiswa magang, jadi mahasiswa mencari tempat Praktek Kerja Nyata sendiri dan kemudian mengajukan tempat pelaksanaan Praktek Kerja Nyata ke Universitasnya. Dalam pengajuan Praktek Kerja Nyata saat ini masih secara manual dan membutuhkan proses yang lama dan alamat yang tertera tidak menunjukkan lokasi spesifik tempat Praktek Kerja Nyata. Dari permasalahan tersebut penulis membuat suatu Sistem Informasi Distribusi Praktek Kerja Nyata Mahasiswa Berbasis Web (Studi Kasus Prodi Teknik Informatika Universitas Islam Kuantan Singingi). Sistem informasi ini dibuat untuk mempermudah mahasiswa dalam mengajukan tempat Praktek Kerja Nyata, mempermudah dosen dalam mempublikasikan tempat Praktek Kerja Nyata yang telah diterima serta mempermudah dalam pencarian lokasi Praktek Kerja Nyata ketika dilakukan kunjungan.

References

Al-Hafiz, N. W., & Haswan, F. (2018). Sistem Informasi Monografi Kecamatan Singingi. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), 3(1), 1-10.

Anjani, V. F., Janah, N. Z., & Sartikha, S. (2015). Pemetaan Sebaran Mahasiswa Politeknik Negeri Batam Berdasarkan Asal Sekolah Menggunakan WebGIS. Jurnal Integrasi, 7(1), 71-76.

A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung

Dharwiyanti, S., & Wahono, R. S. (2003). Pengantar Unified Modeling Language (UML). Ilmu Komputer, 1-13.

Eddis Syahputra Pane, Harianja, & Muhammad Sadar. (2016). The Geographical Information System (GIS) a Residency Students Smart Fast Education in The City of Pekanbaru with Web-Based. State University of Padang. Agustus 2016. ISBN : 978-602-74864-1-6.

Gusti, Ngurah Suryantara. (2017). Merancang Aplikasi dengan Metodologi Extreme Programmings. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Haviluddin. (2011). Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). SamariJnda: Jurnal Informatika Mulawarman Vol. 6 No. 1, Februari 2011.

Hermawan, Ading, dan Yuniar Supardi. (2019). Semua Bisa Menjadi Programmer Codeigniter Basic. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Muslihudin Muhamad., dan Oktavianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sukamto, & Shalahuddin. (2013). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.
Published
2020-12-29