MODEL SISTEM INFORMASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PEMESANAN BARANG DAN JASA FOTOGRAFI PADA ARD PICTURE

  • Diki Candra
Keywords: ARD Picture, Fotografi, Barang, Promosi, Penjualan

Abstract

ARD Picture dalam bidang mempromosikan fotografi masih mengunakan akun media sosial seperti Facebook dan Instagram sehingga masih belum bisa digunakan untuk media pemesanan barang dan jasa fotografi. ARD Picture juga mempromosikan melalui rekan – rekan dekat dan pada saat mengikuti suatu event yang dilaksanakan dengan memberikan kartu nama dan brosur. Media promosi brosur dan kartu nama memiliki keunggulan dapat langsung disentuh dan informasi yang cepat diterima, tetapi brosur dan kartu nama memiliki keterbatasan dalam informasi yang dapat dimuat, karena brosur dan kartu nama ARD Picture menampilkan beberapa foto sebagai background yang dilengkapi dengan informasi alamat dan jasa ARD Picture. Sehingga mengharuskan pelanggan untuk mendatangi ARD Picture untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci agar bisa mengetahui paket-paket fotografi yang ada pada ARD Picture. Sehingga dengan media dan cara mempromosikan suatu kegiatan bisnis dengan cara seperti ini masih belum bisa dikatakan efektif. Jadi lama kelamaan akan mengalami ketertinggalan dari bisnis fotografi lainnya.  Belum adanya media tersendiri untuk mempromosikan jasa fotografi dan menjual barang yang ada pada ARD Picture Pasar Benai. Dalam pemesanan jasa fotografi dan pembelian barang oleh pelanggan, pelanggan diharuskan datang secara lansung ke ARD Picture Pasar Benai. Menghabiskan banyak biaya untuk mencetak brosur dan kartu nama sebagai media untuk mempromosikan kegiatan bisnis ARD Picture. Menghasilkan sistem yang dapat memberikan promosi kepada pelanggan dengan menampilkan koleksi yang sudah pernah memesan fotografi pada ARD Picture Pasar Benai. Memberikan kemudahan kepada pelanggan tanpa harus datang lansung ke toko ARD Picture Pasar Benai sudah bisa melakukan transaksi pemesanan barang dan jasa fotografi pada ARD Picture Pasar Benai. Menghasilkan sistem dengan media promosi, pemesanan barang dan jasa fotografi pada ARD Picture Pasar Benai yang lebih efektif dalam mengolah data transaksi dan pelaporan data yang dibutuhkan.

References

Aisyah, D. A., & Falgenti, K. (2017). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Kinerja pada Proyek Apartemen Mega City Bekasi. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 3(3), 343-352.

Abadi, G. G. A. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMASARAN (Studi Kasus Pada Concept Photography Serang) (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Publikasi, N., & Atmoko, J. H. PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA STUDIO FOTO PUJI PHOTO DI KALIBENING BANJARNEGARA.

Riyan Utama, M. (2016). Sistem Informasi Pemesanan Jasa Fotografi Pada Goplus Berbasis Web.

Septiandaru, D. R., Isnanto, R., & Rochim, A. F. (2012). SISTEM INFORMASI JASA FOTOGRAFI PADA “SAUJANA VISUAL ART” BERBASIS WEB. TRANSIENT, 1(3), 58-62.

Daud, D. (2013). Promosi dan kualitas layanan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa pembiayaan pada PT. Bess Finance Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Akil, I. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Dengan Model Unified Process Studi Kasus: Sistem Informasi Journal. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(1), 1-11.

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa

Saputra, R., Budiman, E., & Hasudungan, R. (2018). Sistem Informasi Pemesanan Paket Foto Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI, 2(1), 17-26.

Nugroho, R. A. (2015). Sistem Informasi Pemesanan Jasa Fotografi Berbasis Web Pada Karma Kreatif Semarang. Semarang: Informatika.

Jasri, (2014). Perancangan sistem aplikasi laporan pembelian dan hasil pengukuran kualitas karet dari masyarakat pada p.t andalas agrolrstari kuantan singingi. Jurnal uniks.(Universitas Islam Kuantan Singingi)
Published
2020-12-29