PERANCANGAN PENGEMBANGAN SISTEM PARIWISTA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI BERBASIS ANDROID

  • Herpan Tryadi
Keywords: Pariwisata, Sistem Informasi, Android

Abstract

Perancangan sistem informasi pariwisata berbasis android ini untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. Sistem informasi pariwisata berbasis android adalah aplikasi yang memiliki teks dan gambar, unsur-unsur tersebut menjadikan aplikasi ini menjadi menarik dan mudah di mengerti. Selain itu sistem informasi pariwisata berbasis android menjadi aplikasi yang memiliki informasi yang cukup lengkap bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Kuantan Singingi. Aplikasi ini tidak terlepas dari desain dan teknologi didalam proses pembuatannya. Seperti aplikasi informasi lainnya, keberhasilan aplikasi juga ditentukan oleh keberhasilan penyampaian pesan dibawanya. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan pengumpulan data melalui studi literatur, wawancara, observasi, serta menganalisa kebutuhan perangkat lunak, membangun database dengan firebase, merancang antar muka menggunakan android studio, pengujian apliaksi sebagai tahap akhir dalam pembuatan sistem informasi pariwisata berbasis android.

References

Anwar, S. N. (2015). Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Mobile Semarang Guidance Pada Android.
Ardhiyani, R. P., & Mulyono, H. (2018). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web Sebagai Media Promosi Pada Kabupaten Tebo. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 952-972.

Ayu, F., & Permatasari, N. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PKL (PRAKTEK KERJA LAPANGAN) DI DEVISI HUMAS PADA PT PEGADAIAN. Jurnal Intra Tech, 2(2), 12-26.

Budihartanti, C., & Wairisal, M. (2014). Perancangan Sistem Informasi Wisata Bersejarah Di Jabodetabek Berbasis Android. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 1.

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2), 107-116.

Hendrianto, D. E. (2013). Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 4(3).

Hernandhi, D. T., Astuti, E. S., & Priambada, S. (2018). Desain Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Website Untuk Promosi (Studi Kasus pada Kedai Ayam Geprak & Sambal Bawang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 55(1), 1-10.

Maiyana, E. (2018). Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa. Jurnal Sains dan Informatika: Research of Science and Informatic, 4(1), 54-65.

Muslihudin, M., & Setiawan, Y. (2019). Sistem Informasi Dinas Perikanan Kabupaten Tanggamus Berbasis Web Mobile. Jurnal Teknologi Komputer dan Sistem Informasi, 2(1), 21-26.

Palit, R. V., Rindengan, Y. D., & Lumenta, A. S. (2015). Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web Di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 4(7), 1-7.

Palabiran, M., Cahyadi, D., & Arifin, Z. (2016). Sistem Informasi Geografis Kuliner, Seni dan Budaya Kota Balikpapan Berbasis Android. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 10(1), 54-57.

Putra, A. (2019). Sistem Perancangan Pemetaan Lokasi Wisata Daerah Istimewa Yogyakarta Berbasis Android Menggunakan Metode Haversine (Doctoral dissertation, University of Technology Yogyakarta).

Tim Panduan Skripsi Prodi Teknik Informatika-UNIKS. (2019). Buku Panduan Skripsi. Telukkuantan: Program Studi Teknik Informatika UNIKS.
Published
2020-12-29