SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN KAKAO MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS ANDROID

  • Lasmiati Lasmiati
Keywords: Sistem Pakar, Forward Chaining, Penyakit Tanaman Kakao

Abstract

Kakao (Coklat atau Theobroma Cacao) merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan Indonesia yang memiliki potensi cukup besar dengan areal perkebunan dan produksinya cenderung terus meningkat setiap tahunnya. Sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Tanaman Kakao merupakan salah satu tanaman di sektor perkebunan di Indonesia kususnya di area kuansing. Dengan minimnya pengetahuan di masyarakat tentang penyakit tanaman kakao, maka saya mengambil judul Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Kakao Menggunakan Metode Forward Chaining. Sistem ini untuk membantu petani dalam mengatasi berbagai masalah penyakit tanaman kakao dan memberikan informasi kepada masyarakat umum tentang jenis-jenis penyakit yang terdapat pada tanaman kakao. Sistem pakar ini juga dibuat berdasarkan peninjauan wawancara langsung dengan seorang pakar dimana bentuk dari aplikasi ini seorang user memilih gejala-gejala yang terjadi pada tanaman kakao dan kemudian akan diproses dan akan menghasilkan kesimpulan berupa penyakit yang menyerang tumbuhan kakao tersebut.

References

Afifah Qowwamina Qisty. 2108. Sistem Pakar Identifikasi Hama Dan Penyakit Tanaman Kakao Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Dan Certainty Factor. Bandar Lampung :Program Studi Ilmu KomputerFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung.

Agtian Muhamad Ricky Tanshidiq, Anggit Dwi Hartanto, Donni Prabowo. 2016. Penerapan Metode Forward Chaining Pada Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Bunga Kamboja (Adenium). Vol. 18 No.2.

Anderson Matitaputty, Handry R.D. Amanupunyo, dan Wilhelmina Rumah lewang.2014 .Kerusakan Tanaman Kakao (Theobroma Cacao L.)Akibat Penyakit Penting Di Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat.Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Pattimura.Vol 10. No 1.

Andi Tenri Sumpala dan Muhammad Nurtanzis Sutoyo.2018.Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Hama dan Penyakit Tanaman Kakao Menggunakan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor. Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi. UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Asep Saepulloh dan Dini Destiani Siti Fatimah. 2016. Pengembangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Dan Hama Pada Tanaman Padi Varietas Sarinah Berbasis Android.Sekolah Tinggi Teknologi Garut Jl. Mayor Syamsu No. 1 Jayaraga Garut 44151 Indonesia, Vol. 13 No. 1.

Enterprise Jubile. 2017. Mengenal Pemograman Komputer dan Android Untuk Pemula. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

FadlilAbdul . 2013. “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Hama Dan Penyakit Tanaman Bawang Merah Menggunakan Certainty Factor” :Program Studi Teknik Informatika. Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164.

Febri Haswan. 2016. Sistem Pakar Dalam Menganalisa Penyakit Pada Ikan Lele. Teluk Kuantan : Fakultas Teknik UNIKS.

Novi Yona Sidratul Munti, Ferri Achmad Effindri. 2017. “ Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginekologi Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web Mobile ”. Program Studi Teknik Informatika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Vol. 13 No. 2.

Nurlaeli. 2016. “ Implementasi Metode Forward Chaining Dalam Sistem Diagnosa (Penyakit Dan Hama Tanaman Jagung) ”. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

M. Ichwan, Fifin Hakiky. 2011.Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (Api) Pada Aplikasi Mobile Android (Studi Kasus Untuk Pencarian Data Buku). Jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Bandung. No.2 , Vol. 2.

Pipit Ria Nita. 2011. Sistem Pakar Diagnosa Dini Penyakit Pada Sapi Menggunakan Metode Dempstershafer. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Widianto, Arifandi Wahyu. 2018. “Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Tanaman Kacang Tanah Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani Berbasis Android”. Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer., Universitas Brawijaya.

Rizki Aptriani. 2017. Aplikasi Sistem Pakar Identifikasi Hama Dan Penyakit Serta Cara Pengendaliannya Pada Tanaman Kakao Berbasis Android. Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Lampung.
Published
2020-12-29