SISTEM INFORMASI PENENTUAN JUMLAH POKOK KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY STUKAMOTO ( STUDI KASUS : KEBUN KUD PRIMA SEHATI LUBUK RAMO, ESTATE SEI. KUNYIT, KEC. KUANTAN MUDIK, KAB. KUANTAN SINGINGI RIAU)

  • Liliana Liliana
Keywords: Sistem Pakar, Penentuan Jumlah Pokok Kelapa Sawit, Fuzzy Stukamoto

Abstract

Sistem informasi penentuan jumlah pokok kelapa sawit menggunakan metode logika fuzzy stukamoto dan pembuatan aplikasi ini nantinya digunakan untuk perkebunan kud prima sehati lubuk ramo dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada. Pembuatan aplikasi penentuan jumlah pokok kelapa sawit ini dengan menggunakan pemrograman java. Pengembangan aplikasi ini menggunakan model waterfall. Aplikasi ini menampilkan cara penentuan jumlah pokok kelapa sawit yang ada pada kebun kud prima sehati yang akan dibagi ke dalam 2 kategori yaitu: cara perhitungan menggunakan pelepah panjang dan perhitungan menggunakan pelepah pendek. Dimana aplikasi ini disajikan secara mudah digunakan oleh karani afdeling atau operator yang ada dilapangan.

References

Andri Kristanto. 2014. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Gava Media, 171 halaman.

Arahmi, Muhammad. 2014. Konsep Dasar Sistem Pakar: Andi, Yogyakarta, 199 halaman.

Daryanto. Pembelajaran Pemrograman Java, Bandung: CV Yrama Widya, 2015

Derman. Model Kuantitatif Pengambilan Keputusan Perencanaan Strategis, Bandung: Alfabeta, 2015

Jasri. M.Kom. 2017. “Fuzzy Logic Tsukamoto untuk Menentukan Jenis Penyakit Hipertensi dengan Golongan Obat Yang Sesuai,” Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Islam Kuantan Singingi Jl. Gatot Subroto KM.7 Teluk Kuantan.

Kusumadewi, Sri & Hari Purnomo (2014). Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Mendukung Keputusan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Ludwig. 2015. “Sistem Pakar Penentuan Kesesuaian Lahan Berdasarkan Faktor Penghambat Terbesar ( Maximum Limitation Factor ) Untuk Tanaman Pangan,” Jurnal Informatika, vol. 10, no. 1, pp. 23–31, 2009. ia

Nofri Wandi Al-Hafiz. M.Kom. 2015. “Fuzzy Logic untuk Menghitung Tingkat Kesuburan Tanah Terhadap Tanaman Cabe,” Santikom UNIKS.

Oetomo Budi Sutejo Dharma, S.Kom, MM, Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta, 2014.
Published
2020-12-29