SISTEM INFORMASI PENDETEKSI KEMIRIPAN ISI TEKS DOKUMEN SEBAGAI ACUAN PENENTUAN KELAYAKAN JUDUL SKRIPSI MENGGUNAKAN METODE LEVENSHTEIN DISTANCE

  • M. Julianda
Keywords: Sistem Informasi, Plagiarisme, Skripsi

Abstract

Teknologi informasi yang berkembang pesat membawa dampak positif dan negatif bagi kehidupan Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan adalah plagiarisme. Plagiarisme adalah tindakan menjiplak karya orang lain dan mengakui sebagai hasil karya pribadinya. Oleh karena itu pendeteksian plagiarisme perlu dilakukan untuk mengurangi penjiplakan terhadap hasil karya orang lain. Saat ini dalam melakukan penyeleksian proposal judul skripsi yang diajukan oleh mahasiswa biasanya tim dosen masih melakukannya secara manual. tentunya hal ini akan dapat menimbulkan permasalahan khususnya bagi tim dosen yang melakukan penyeleksian prosposal judul skripsi yang diajukan oleh mahasiswa, dimana tim dosen dituntut untuk melakukan penyeksian dengan ketelitian yang lebih, dan semakin tinggi tingkat ketelitian yang dibutuhkan maka otomatis akan semakin tinggi pula waktu yang dibutuhkan. Melihat dari permasalahan tersebut penulis tertarik untuk menciptakan sebuah solusi dengan membuat sebuah perancangan sistem untuk mendeteksi kemiripan suatu dokumen teks, dimana dalam prosesnya sistem ini dapat mendeteksi perbandingan dua buah dokumen dalam jumlah yang sangat banyak dengan efektif dan efesien.

References

Ade Hendini, 2016., “Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus : Distro Zhezha Pontianak)”. Jurnal Khatulistiwa Informatika. 4. 107-116.

Andriyani, NM., 2010, Implementasi Algoritma Levenshtein Distance dan Metode Empiris untuk menampilkan saran perbaikan kesalahan pengetikan dokumen berbahasa Indonesia, skripsi, Teknik Informatika, Universitas Udayana, Bali.

Hamming, R.W., 1950. Error detecting and error correcting codes. Bell System Technical Journal, XXIX(2), pp.147-60.

NA’FIRUL HASNA ARIYANI. 2016. Skripsi: Aplikasi Pendeteksi Kemiripan Isi Teks Dokumen Menggunakan Metode Levenshtein Distance.

Nafik, MZ, 2013, Sistem Otomatis Jawaban Esai Menggunakan Algoritma Levenshtein Distance, Skripsi, Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya, Malang.

Pressman, R.S. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi

Soelistyo, Henry. 2011. Plagiarisme: Pelanggaran Hak Cipta dan Etika. Yogyakarta: Kanisius.

Sora, 2014, Mengetahui Pengertian Dokumen dan Dokumentasi, http://www.pengertianku.net/2014/09/mengetahui-pengertian- dokumen-dan dokumentasi.html, Diakses pada 20 Mei 2019.

Sutisna, U. & Adisantoso, J., 2010. Koreksi Ejaan Query Bahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Damerau Levenshtein. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, XV(2), pp.25-29.

Tim Panduan Skripsi Prodi Teknik Informatika-UNIKS,2019. Buku Panduan Skripsi. Program Studi Teknik Informatika-UNIKS.

Tristianto, C. (2018, July). Penggunaan metode waterfall untuk pengembangan sistem monitoring dan evaluasi pembangunan pedesaan. In ESIT (Vol. 12, No. 1, pp. 8-22).
Published
2020-12-29