PERANCANGAN APLIKASI PRESENSI PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE GEOFENCING DAN PERHITUNGAN JARAK PADA PUSKESMAS INUMAN

  • Mulyanti Mulyanti
Keywords: Sistem, Informasi, Puskesmas, Presensi

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia semakin pesat, kebutuhan informasi yang cepat sangat dibutuhkan oleh masyarakat bahkan kebutuhan komunikasi yang cepat dan akurat juga sangat diperlukan untuk memberikan suatu data yang asli (real) khususnya dalam sebuah instansi. Akses yang cepat dan akurat itu dapat kita dapatkan dalam teknologi mobile yang saat ini sudah terkoneksi dengan internet. Saat ini di puskesmas inuman sudah memiliki sistem presensi, namun sistem tersebut masih dijalankan secara manual dimana setiap pegawai puskesmas yang hadir akan melakukan presensi kehadiran dengan memparaf di buku presensi yang sudah disediakan, hal ini dirasa kurang efektif lagi digunakan mengingat resiko yang ditimbulkan seperti rusaknya buku ataupun hilangnya buku absen yang seyogyanya akan digunakan sebagai laporan absen bulanan. Selain itu pula disaat melakukan absensi pegawai puskesmas seringkali terlambat dikarenakan kurangnya aturan yang mengikat tentang kehadiran yang tepat waktu, kemudian sering nya pegawai puskesmas inuman melakukan tugas luar seperti melakukan penyuluhan ke daerah daerah terpencil dan jauh dari lingkungan puskesmas membuat pegawai puskesmas terkadang enggan untuk melakukan absensi dan sehingga hal ini membuat seolah proses absensi tidaklagi menjadi hal yang penting. Berdasarkan latar belakang diatas penulis berkeinginan untuk membuat sebuah solusi dengan membuat sebuah preancangan sistem yang akan dituangkan dalam sebuah tulisan karyailmiah yang akan diberi judul dengan “Perancangan Aplikasi Presensi Pegawai Menggunakan Metode Geofencing Dan Perhitungan Jarak Pada Puskesmas Inuman”. Dimana nantinya  sistem ini diharapkan dapat memudahkan pegawai puskesmas inuman dalam proses absensi kehadiran, dan yang terpenting adalah pegawai puskesmas akan selalu tepat waktu dalam melakukan proses absensi dan dengan demikian otomatis pegawai puskesmas inuman tidak ada lagi yang datang terlambat.

References

Ahmasetyosari, A. S., & Fatimah, T. (2018). Aplikasi presensi siswa pada pt. Samudera anugerah menggunakan metode geofencing dan perhitungan jarak menggunakan algoritma euclidean distance berbasis android. Skanika, 1(2), 481-485.

Al Husain, Abdul Haqy Aji Prastian, Andre Ramadhan. Perancangan sistem absensi online menggunakan android guna mempercepat proses kehadiran karyawan Pada PT. Sintech berkah abadi. Technomedia Journal (TMJ) Vol.2 No.1 Edisi Agustus 2017 E-ISSN: 2528 – 6544 P-ISSN: 2620 – 3383.

Astuti, P. D. (2013). Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Jati Farma Arjosari. Speed-Indonesian Journal on Computer Science, 10(1).

Budiawan, T., Santoso, I., & Zahra, A. A. (2011). Mobile Tracking GPS (Global Positioning System) Melalui Media SMS (Short Message Service) (Doctoral dissertation, University Diponegoro).

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2).

Kartikasari, A. D. (2014). Pembuatan Aplikasi Informasi Tagihan Listrik Berbasis Android. Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer.

Muhammad Yasin Simargolang, Wiyoga Agung Warsito. Analisis Sistem Pengolahan Absensi Karyawan Pada PT. Bakrie sumatera plantations tbk bunut. Jurnal Teknologi Informasi Vol.1, No.2. Desember 2017 E-ISSN 2615-2738.

Rozikin, K., & Purwantini, K. (2014). Pengaruh Sistem Presensi dengan Deteksi Sidik Jari dan SMS Gateway Terhadap Tingkat Membolos Siswa. Semantik, 4(1).

Susanto, R., & Andriana, A. D. (2016). Perbandingan Model Waterfall dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Majalah Ilmiah UNIKOM, 14(1).
Published
2020-12-29