APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR TENTANG PENGENALAN TATA SURYA MENGGUNAKANMETODE CAI (COMPUTER ASSITED INSTRUCTION) DI SDN 002 IBUL
Abstract
Proses pembelajaran dikelas diperlukan kemampuan guru dalam menguasai materi dan metode pembelajaran yang tepat sehingga siswa tidak mudah bosan dan jenuh, dalam mengikuti proses belajar mengajar. Untuk itu diperlukan perangkat pembelajaran menggunakan media interaktif, Penelitian yang dilakukan adalah dengan metode pemanfaatan komputer dalam pendidikan yang dikenal dengan pembelajaran dengan bantuan komputer atau lebih dikenal dengan sebutan Computer Assisted Instruction (CAI) yang diharapkan dapat merubah menjadi suasana pembelajaran yang lebih Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan. Pelajaran tentang tata surya adalah pelajaran yang mengajarkan berbagai pengetahuan tentang kumpulan benda-benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Namun pembelajaran yang dilakukan saat ini masih banyak yang menggunakan pembelajaran bersifat manual, Sehingga membuat para siswa kurang berminat untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Untuk itu agar tidak monoton dan tidak membosankan, Maka diperlukan perangkat pembelajaran yang lebih menyenangkan.
Downloads
References
Dedynggego1),mohammad2),moh.Affan3) (2015) “ Perancangan Media Pembelajaran Interaktif 3d Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Sangira” Vol 1 No.2, P. Issn: 2777-888 E. Issn: 2502-2148.
Didik setiyadi, (2016) “ media pembelajaran untuk anak sekolah dasar tentang pengenalan tata surya menggunakan metode computer assisted instruction (CAI)” vol.1, no. 1, E-ISSN: 2548-3331.
Dian Alfina Rahmawati “ Pengembangan Media Cai (Computer Assited Instruction) Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Pada Kelas Viii Smpn 2 Sidoarjo”
Endang retnoningsih, (2016) “Metode pembelajaran pengenalan tata surya pada sekolah dasar berbasis computer Based instruction (CBI) “bina insani ict journal, vol.3, no.1, ISSN: 2355-3421 (print) ISSN: 2527-9777 (online)
Febri Haswan1), Nofri Wandi Al-hafiz2), (2017) “Aplikasi Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam” Vol.3 No1, ISSN : 2460-0679
Nia Saurina, (2017) ” Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Kelas IV SDN Banjarsugihan II Menggunakan Blender 3D” Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Indonesia, Vol. 2, No. 2,
Nofri Wandi Al-hafiz1), Helpi Nopriandi2), (2019) “Desingning Number Lerning Application and Early Childhood Mathematics Calculations” Vol 3, No 2, e-ISSN : 2541-2019, p-ISSN : 2541-044X