APLIKASI E-VOTING PEMILIHAN PRESIDEN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM KUANTAN SINGINGI BERBASIS ANDROID

  • Rahmad Jazuli
Keywords: E-Voting, Aplikasi, Android, Pemilihan

Abstract

Voting telah menjadi salah satu metode untuk mengambil keputusan penting dalam  kehidupan manusia. Proses pergantian Presiden Mahasiswa Universitas dan Fakultas dilakukan dengan cara Pemilu Raya yaitu pemilihan langsung. Kegiatan pemilihan Presiden Mahasiswa Universitas dan Fakultas pelaksanaannya tidak dilakukan secara bersamaan hal  ini dapat menimbulkan beberapa permasalahan diantaranya adalah pembengkaan biaya, lamanya waktu pemilihan, lamanya proses perhitungan, terjadinya kecurangan serta penggalangan masa. Permasalahan-permasalahan tersebut menjadikan hubungan yang tidak harmonis antar mahasiswa serta memungkinkan terjadinya pertengkaran yang menyebabkan kerusuhan didalam maupun diluar kampus. Bidang kemahasiswaan telah memutuskan untuk proses Pemilu Raya tingkat Universitas maupun Fakultas akan dilaksanakan secara bersamaan dan menggunakan teknologi e-voting. Untuk menunjang proses tersebut maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat digunakan untuk pemilihan Presiden Mahasiswa Universitas dan Fakultas secara bersamaan dengan menggunakan teknologi e-voting. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang teknologi e-voting untuk mengakomodasi kebutuhan bidang kemahasiswaan dalam rangka mewujudkan e-voting agar permasalahan yang selama ini terjadi dapat terselesaikan.

References

Ade Hendini. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitorig Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Dostro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa,Vol. 4 No. 2.

Andry. 2011. Android A sampai Z. PCplus, Jakarta.

Anisa, Siti. (2013). Membangun Aplikasi Android. Multimedia Center Publising : Yogyakarta Buku Saku Pramuka. Solo : Sendang llmu.

Febrianto A., 2009, Aplikasi E-Voting Berbasis Client-Server (Contoh Kasus Pemilihan Ketua Umum Di Forum Warga Betawi Ciracas), Skripsi, Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Göth, B. R. (2015). Testing techniques for mobile device applications. Diploma Thesis, Masaryk University, Faculty of Informatics.

Hariyanto, Bambang. 2012. Esensi-Esensi Bahasa Pemograman Java : revisi keempat. Bandung : informatika

Huda, Imamul dkk. 2013. Penggunaan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Perbaikan Sistem Penerangan. Jurnal Jurusan Teknik Mesin. ISSN 2252-6595

Linda Wahyuni Dan Surya Darma, 2014. “Sistem Pakar Metode Certainty Factor : Studi Kasus Kelapa Sawit”,Vol, 1 No.122-127.

Nawinda, Sofwan. Akhmad, 2014, “Analisis Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi E-voting untuk Pemilihan Ketua BEM Pada Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan”, Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Budi Luhur Jakarta: A151–A156

Tim Panduan Skripsi Prodi Teknik Informatika UNIKS. 2018. Buku Panduan Skripsi. Teluk Kuantan: Fakultas Teknik Universitas Islam Kuantan Singingi.
Published
2020-12-29