SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN LOKASI ARENA PACU JALUR DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Ridwan Roofi
Keywords: Sistem, Informasi, Geografis, Pacu Jalur, SIG

Abstract

Budaya pacu jalur di Kabupaten Kuantan Singingi adalah suatu tradisi budaya yang telah berlangsung dari zaman penjajahan hingga sekarang. Pacu jalur ini diadakan setiap tahun dalam rangka memperingati hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang biasanya dilaksanakan pada bulan Agustus setiap tahunnya. Tradisi pacu jalur tidak hanya masuk dalam agenda wisata budaya Provinsi Riau tapi sudah masuk dalam agenda wisata budaya Nasional. Keberadaan arena pacu jalur yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada  Kabupaten Kuantan Singingi membuat masyarakat kesulitan dalam mencari lokasi pacu jalur. Belum lagi masyarkat di luar Kabupaten Kuantan Singingi yang tidak mengenal daerah Kabupaten Kuantan Singingi akan kesulitan dalam mencari Arena pacu jalur. Masalah lain yang timbul yaitu mengenai keberadaan parkir liar yang marak terjadi ketika event pacu jalur berlangsung. Masyarakat tidak bisa membedakan area parkir mana saja yang berada di bawah naungan dinas perhubungan dan hal itu membuat masyarakat resah mengenai keamanan kendaraan mereka. Dari permasalahan tersebut penulis membuat suatu Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Arena Pacu Jalur Kabupaten Kuantan Singingi. Sistem informasi ini di buat untuk mempermudah masyarakat dalam mencari arena pacu jalur dan area parkir di Kabupaten Kuantan Singingi.

References

Al-Hafiz, N. W., & Haswan, F. (2018). Sistem Informasi Monografi Kecamatan Singingi. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), 3(1), 1-10.

Annugerah, A., Astuti, I. F., & Kridalaksana, A. H. (2016). Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Pemetaan Lokasi Oleh-oleh Khas Samarinda.

Dianty, A. (2016). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi penggajian berbasis komputer pada PT Ladang Makmur (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Dyah, N. R., & Arsandy, E. R. (2016). Sistem Informasi Geografis Tempat Praktek Dokter Spesialis Di Provinsi DI Yogyakarta Berbasis Web. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 10(1), 65-72.

Hendini, A (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2).

Irwansyah, E. (2013). Sistem Informasi Geografis:Prinsip Dasar Dan Pengembangan Aplikasi. DigiBook Yogyakarta.

Loveri, T, Kom, S.,& Kom, M. (2018). Perancangan Sistem Informasi Delivery Order Pupuk Merk Trubus Berbasis Web Pada CV. Prabu Siliwangi Padang. Jurnal J-Click, 5(1), 98-106.

Nazli, R. (2018). Pemodelan Aplikasi Mobile Modul Perkuliahan Berbasis Client Server. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(1), 25-32.
Published
2020-12-29