PERANCANGAN APLIKASI SMS GATEWAY PENDISTRIBUSIAN INFORMASI PEMADAMAN LISTRIK PLN

  • Riki Tianto
Keywords: Informasi Pemadaman Listrik, Gammu, SMS Gateway

Abstract

Listrik merupakan salah satu kebutuhan vital bagi masyarakat luas, kebanyakan peralatan yang digunakan membutuhkan daya listrik dari yang bersumber dari PLN (Perusahaan Listrik Negara), Pengumuman jadwal pemadaman listrik dimuat di koran, sosial media ataupun di Website PLN, masalahnya tidak semua masyarakat akan melihat informasi tersebut. Jika pemadaman karena ada kendala teknis, maka listrik PLN akan padam tanpa ada informasi sebelumnya. Sistem yang dibangun memanfaatkan SMS Gateway sebagai media pendistribususian informasi mengenai pemadaman listrik. Sistem dibangun dengan menggunakan Gammu sebagai aplikasi SMS gatewaynya dan PHP. Dengan adanya system ini maka informasi mengenai pemadaman listrik PLN akan mudah didistribusikan, tepat sasaran dan dapat diterima oleh masyarakat pelanggan PLN.

References

Alfathin, A. H., Hanafi, M., & Agung, N. (2018). Perancangan Sms Gateway Sebagai Reminder Pembayaran Tagihan Layanan Internet Di Muna Net Media. Jurnal Komtika, 2(1), 1-9.

Albert, F. T., & Burham, R. I. F. (2013). Aplikasi Layanan Pelanggan Jasa Dalam Bidang Kelistrikan Berbasis SMS Gateway Pada PT.PLN Persero Pangkalpinang. Jurnal Sisfokom: Sistem Informasi dan Komputer, 2(2), 36-39.

Aryani, D., Setiadi, A., & Alfiah, F. (2015). Aplikasi Web Pengiriman Dan Penerimaan SMS Dengan GAMMU SMS Engine Berbasis PHP. CCIT Journal, 8(3), 174-190.

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2).

Kristiyanto, W. (2014). Implementasi SMS Gateway Untuk Informasi Tagihan Pada Lembaga Kursus I-Robo Semarang. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Luqman. (2012). Design Aplikasi Pengirim Pesan (SMS Broadcast) Sebagai Alat Penyampai Informasi Berbasis Web Untuk STT-PLN. Jurnal PETIR: Pengkajian Dan Penerapan Teknik Informatika.

Novaliah., Rahmi, R., & Ariannor, A. (2019). Aplikasi Sistem Notifikasi TV Kabel PadaPT Amaco Media Nusantara Menggunakan Sms Gateway. JUTISI:Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(1), 33-44.

Risqiyah, R. (2017). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen PT. PLN (Persero) Banyuwangi Dalam Kasus Pemadaman Listik Tinjauan Undang – Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dan Maslahah Mursalah. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2017.

Setyawan, R. A., Suyono, H., & Purnomo, M. F. E. (2018). Pengembangan Sistem Komunikasi Antar Stakeholder Sekolah Menggunakan Sistem ComGate. Jurnal EECCIS, 11(2), 77-81.
Published
2020-12-29