SISTEM INFORMASI LAPORAN HARIAN KERJA (LHK) BURUH LAPANGAN BERBASIS WEB UNTUK KEGIATAN BUKU KERJA MANDOR (BKM) PADA PT. DUTA PALMA NUSANTARA SEI KUKO

  • Ristin Nur Azirah
Keywords: Laporan Harian Kerja, Mandor, Buku Kerja Mandor, Kerani

Abstract

Penelitian dilaksanakan di PT. Duta Palma Nusantara Sei Kuko yang bergerak dibidang kelapa sawit yang juga mengelola minyak hasil kelapa sawit,  mulai maret sampai dengan tanggal juli. Mandor yang memiliki tugas memberikan laporan hari kerja karyawan yang dilakukan dengan cara manual atau belum terkomputerisasi. Media penulisan dilakukan di Buku Kerja Mandor (BKM), sehingga menghabiskan banyak kertas dan sering terjadi kehilangan. Selain pencatatan yang masih manual jarak antara lokasi kerja yang cukup jauh mengakibatkan keterlambatan laporan kepada pihak Kerani. Untuk mengatasi masalah tersebut PT. Duta Palma Nusantara  memerlukan suatu sistem informasi baru yang terkomputerisasi yang dapat melakukan pengolahan data yang cepat, tepat dan akurat. Perangkat lunak tersebut merupakan sebuah sistem pelaporan LHK (Laporan Harian Kerja). Fitur yang ada didalam sistem tersebut antara lain Use case, Activity Diagram, Squence Diagram, dan alat perancangan database yang diusulkan. Sistem yang dibangun diharapkan dapat mendukung kegiatan di PT. Duta Palma Nusantara.

References

Indrajani, S. (2018). Database Systems All in One Theory, Practice, and Case Study. Elex Media Komputindo.

Indrajani, W. 2017. Analisis Dan Perancangan Sistem Penjualan Berbasis Web Pada Pt. Sarang Imitasi. Online] Avialable Www. Ipi. Or. Id/Pendukung/Elearning. Doc/Analisadanperancangane-Commerce.

Jogiyanto, H. M. 2017. Analisis Dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis). Penerbit Andi.

Josi, A. 2017. Penerapan Metode Prototiping Dalam Pembangunan Website Desa (Studi Kasus Desa Sugihan Kecamatan Rambang). Jurnal Teknologi Informasi Mura.

Nazilah, S., & Yuliani, Y. 2018. Aplikasi Pengelolaan Surat Izin Gangguan Ho (Hinder Ordonansi) Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu. Media Jurnal Informatika.

Pangkerego, A. T., & Pungus, S. R. (2016). Perancangan Aplikasi Laporan Kegiatan Berbasis Web Pada Bpjn Xi Satker Wilayah Ii Sulawesi Utara. Semnasteknomedia Online.

Putri, F. 2015. Sistem Informasi Perpustakaan Di Smpn 4 Benai. Universitas Islam Kuantan Singingi

Sunyoto, D. 2014. Sistem Informasi Manajemen Perspektif Organisasi. Yogyakarta: Caps.

Syam, E. 2018. Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Data Mahasiswa Dan Dosen Terintegrasi. It Journal Research And Development.
Published
2020-12-29